Minggu, 26 Maret 2017

Tips Kehamilan Trimester Kedua

Tips Kehamilan Trimester Kedua
Tips Kehamilan Trimester Kedua
Hal-hal yang Sebaiknya Diperhatikan pada Trimester Kedua Kehamilan?

Kehamilan tentu merupakan salah satu hal yang paling dinantikan oleh pasangan yang telah menikah. Tak heran jika para ibu selalu berusaha untuk menjaga kesehatan kehamilan mereka sehingga mereka dapat melahirkan bayi yang sehat pula. Ada banyak hal yang perlu anda perhatikan bila anda ingin menjaga kesehatan tubuh anda serta kesehatan janin anda selama masa kehamilan. Saat ini, anda bisa memperoleh beragam informasi seputar kehamilan dengan mudah di berbagai buku, majalah, atau bahkan dengan menggunakan fasilitas internet. Dengan mendapatkan informasi tentang kehamilan sebanyak mungkin, anda bisa menjaga kesehatan anda dan janin anda secara lebih optimal selama masa kehamilan.

Secara umum, masa kehamilan dapat dibagi ke dalam tiga tahap yang juga dikenal dengan istilah trimester. Sebagai salah satu trimester penting dalam masa kehamilan, trimester kedua memerlukan perhatian khusus dari anda. Perkembangan janin mengalami fase penting pada trimester kedua kehamilan. Perkembangan janin pada trimester kedua juga akan menyebabkan beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh ibu. Pada trimester kedua kehamilan, beberapa bagian tubuh ibu akan mengalami pembengkakan yang diakibatkan oleh terbentuknya timbunan cairan. Selain pembengkakan, hal lain yang dialami oleh ibu pada trimester kedua kehamilan adalah gangguan aliran darah yang dapat menyebabkan terjadinya varises dan wasir. Apabila kondisi-kondisi ini mulai muncul, ibu hamil disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Trimester kedua kehamilan juga ditandai dengan meningkatnya produksi hormon kehamilan. Meningkatnya produksi hormon kehamilan dapat menyebabkan munculnya gangguan pencernaan serta kondisi susah buang air besar pada ibu hamil. Untuk mengatasi kondisi ini, ibu hamil sangat dianjurkan untuk menambah konsumsi sayuran dan buah-buahan. Ibu hamil juga sebaiknya menambah asupan cairan atau air putih untuk mengurangi resiko gangguan pencernaan selama trimester kedua kehamilan. Pola makan serta jenis makanan yang dikonsumsi juga perlu mendapat perhatian selama trimester kedua kehamilan. Ibu hamil sebaiknya menghindari jenis makanan pedas atau makanan yang digoreng. Selain itu, ibu hamil sebaiknya makan dalam porsi kecil namun dengan intenstitas yang lebih tinggi.

Tips lain yang mungkin berguna bagi ibu hamil selama trimester kedua kehamilan adalah membatasi pergerakan serta aktivitas tubuh. Ibu hamil sebaiknya mengurangi aktivitas yang membutuhkan tenaga besar. Ibu hamil juga dianjurkan untuk tidak melakukan gerakan secara tiba-tiba. Selama trimester kedua kehamilan, organ tubuh ibu hamil bekerja lebih keras. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk lebih banyak beristirahat selama masa trimester kedua kehamilan. Hal lain yang perlu dilakukan ibu hamil pada trimester kedua kehamilan adalah merawat payudara dengan cara membersihkan puting susu, memijit-mijit area sekitar payudara, serta memilih bra yang nyaman dikenakan. Ibu hamil juga sebaiknya mandi dengan menggunakan air hangat agar otot-otot menjadi lebih rileks serta memilih posisi tidur yang nyaman agar dapat bersitirahat secara optimal.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)