Minggu, 26 Maret 2017

Faktor Penyebab Munculnya Jerawat di Wajah

Faktor Penyebab Munculnya Jerawat di Wajah
Faktor Penyebab Munculnya Jerawat di Wajah
Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering kita alami. Saking seringnya jerawat muncul, banyak orang yang akhirnya merasa bahwa jerawat memang tak bisa dihindari. Kebanyakan akhirnya pasrah dan memilih tindakan pengobatan agar bekas jerawatnya tidak meninggalkan bekas.

Padahal, bila diminta jujur, pasti semua orang mungkin akan mengatakan bahwa jerawat di wajah sangat mengganggu penampilan mereka dan membuat kepercayaan diri seseorang berkurang. Oleh sebab itu, jerawat di wajah tak boleh dibiarkan terus menerus merusak penampilan Anda dan membuat Anda tak percaya diri. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah jerawat yang sudah muncul adalah dengan merawat dan mengobatinya. Namun sebenarnya jerawat ini bisa dicegah bila kita tahu sebabnya.

Jadi, bila kita selama ini tahu bahwa penyebab jerawat adalah hormon dalam tubuh, program diet yang salah, serta bakteri, itu semua tentu benar. Namun biasanya jerawat baru muncul jika penyebab itu ada dan dipicu oleh beberapa hal. Berikut ini adalah beberapa hal yang kadang tidak Anda duga dapat memicu munculnya jerawat di wajah Anda:

1. Telepon seluler

Telepon seluler kini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Lihat saja, hampir semua orang kini mempunyai telepon genggam pribadi bahkan anak kecil sekalipun. Orang-orang seolah-olah tidak bisa hidup tanpa telepon genggamnya.

Yang mengejutkan, ternyata ponsel bisa memicu timbulnya jerawat lho. Hal itu terjadi ketika seseorang terlalu lama mengobrol melalui hp yang ditempelkan di pipi sehingga pipinya menghasilkan minyak secara berlebihan. Minyak di pipi serta bakteri yang ada di ponsel ini lah yang kemudian membuat kulit bagian pipi meradang dan menimbulkan jerawat. Untuk mencegah jerawat karena hal tersebut, Anda bisa mengelap dengan tisu HP Anda sebelum digunakan atau menelpon menggunakan earphone.

2. Berpergian atau traveling

Perubahan lingkungan di sekitar kita disinyalir dapat memicu timbulnya jerawat. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan kondisi udara, air, iklim dan makanan yang disantap. Apalagi jika Anda sering melakukan berjalanan menggunakan pesawat. Kelembapan dalam pesawat biasanya sangat rendah. Hal itu memicu sekresi minyak tubuh secara berlebihan dan akhirnya akan membuat jerawat timbul karena wajah menjadi lebih berminyak.

3. Produk perawatan rambut

Selain produk perawatan kulit sendiri, yang dapat memicu munculnya jerawat adalah produk perawatan rambut yng mengenai kulit wajah. Produk perawatan rambut akan bereaksi dengan kulit saat malam hari. Jadi agar tidak berjerawat gunakanlah produk alami yang bebas minyak dan bahan beracun dan berbahaya lainnya. potongan rambut berponi juga dapat memicu jerawat di dahi karena potongan rambut berponi akan membuat kontak rambut dengan dahi semakin sering terjadi.

4. Memeluk
Pelukan adalah hal yang paling menyenangkan dan memberikan efek nyaman ketika dilakukan. Namun hal ini ternyata dapat memicu munculnya jerawat tatkala orang yang memeluk kita menggunakan parfum, lotion atau gel rambut. Ketika memeluk secara tak sadar bahan kimia tersebut menempel di wajah kita dan akhirnya menyebabkan munculnya jerawat di wajah kita.

5. Menggosok wajah menggunakan tangan

Secara tidak sadar kita sering melakukan hal ini. Entah hanya untuk menyingkirkan debu, rambut atau bahkan menyeka keringat. padahal, beberapa ahli kecantikan dengan tegas melarang hal ini karena sangat berbahaya untuk kesehatan kulit. pasalnya, tangan kita tidak selalu dalam keadaan bersih. Malah bisa jadi, tangan kita adalah sumber kuman bakteri yang dapat memicu munculnya jerawat atau bahakan membuat infeksi jerawat semakin parah.

6. Air

perhatikanlah benar-benar kebersihan air untuk konsumsi sehari-hari. Tak hanya untuk minum saja tetapi juga untuk kebutuhan mandi dan cuci muka. Air yang kotor bila kita gunakan untuk mandi atau mencuci muka tak hanya dapat menimbulkan jerawat tapi juga dapat memicu timbulnya beberapa penyakit lain seperti gatal-gatal atau alergi di kulit.

Dengan mengetahui pemicu jerawat diatas, Anda bisa menghindarinya sehingga timbulnya jerawat di wah bisa di tekan. Wajah Anda pun akan terbebas dari jerawat dan menjadi lebih bersih.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)