Rabu, 31 Mei 2017

Waspadai Zat Berbahaya Dalam Kosmetik Pemutih Kulit

Sekarang ini mencari produk kecantikan yang dapat memutihkan kulit bukanlah perkara yang sulit. Di setiap sudut tempat perbelanjaan, pasti dijual kosmetik-kosmetik semacam itu. Harus diakui bahwa saat ini, banyak perempuan yang ingin memiliki kulit lebih putih. Tak mengherankan bila kemudian para perempuan ini memburu berbagai produk kecantikan yang dapat mewujudkan keinginan mereka untuk bisa terlihat lebih putih.

Para produsen kosmetik tentu saja tak akan melewatkan kesempatan emas seperti itu. Mereka berlomba-lomba memproduksi kosmetik yang diklaim dapat membuat kulit lebih putih dan sehat dalam waktu yang cepat. Yang harus diwaspadai alah orang-orang tak bertanggung jawab yang memanfaatkan kesempatan itu. Banyak yang akhirnya ‘ikut’ memproduksi kosmetik berpemutih dengan bahan-bahan yang dilarang penggunaannya karena terbukti dapat membahayakan kesehatan bila digunakan. Tapi mereka tentu saja tak peduli dengan efek samping. Yang mereka pikirkan tentu saja hanya keuntungan.

Sebenarnya, fenomena beredarnya kosmetik pemutih kulit yang berbahaya bukanlah hal yang asing. Kasus ini banyak diberitakan di berbagai media karena telah banyak menelan korban. Namun, kosmetik berbahaya seperti itu masih saja terus beredar.

Agar tidak menjadi korban kosmetik berbahaya, Anda perlu mengetahui bahan-bahan apa saja yang dilarang digunakan dalam kosmetik pemutih kulit. dengan begitu, sebelum Anda memutuskan membeli, Anda bisa membaca label komposisi dan mencermati bahan-bahan pembuat kosmetik tersebut. Sebaiknya, hindari kosmetik yang menggunakan bahan berbahaya berikut ini:
  • Hidrokinon (Hydroquinone)
Hidrokinon memang terbukti dapat mencerahkan kulit. Cara kerja memutihkan kulitnya adalah dengan memperlambat pembentukan melanin yang memberikan efek gelap pada kulit. Sekalipun bermanfaat mencerahkan kulit, penggunaan hidrokinon dalam jumlah besar dan jangka panjang akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan manusia seperti merusak fungsi ginjal, menyebabkan kelainan hati dan memicu penyakit kanker darah (leukemia). Batas maksimum penggunaan hidrokinon dalam kosmetik adalah 2%. Sekali lagi, sekalipun kurang dari 2%, hidrokinon tetap tidak bisa digunakan secara terus menerus dalam jangka panjang dan sebaiknya penggunaannya diawasi oleh dokter.
  • Merkuri (air raksa)
Merkuri pada dasarnya adalah sebuah logam berat beracun yang bila diaplikasikan dalam kosmetik meskipun jumlahnya sangat kecil akan sangat membahayakan kulit Anda. awalnya, merkuri akan seolah-olah menghilangkan noda atau bintik-bintik hitam di wajah. Padahal merkuri hanya mengerutkan noda hitam tersebut sehingga kulit tampak lebih bersih dan putih. Padahal bila pemakaian dihentikan, bintik-bintik hitam tersebut akan muncul kembali.

Dalam kosmetik, merkuri akan menembus kulit dan masuk ke dalam tubuh kita melalui aliran darah. Ketika menggunakannya dalam jangka pendek, merkuri akan memberikan efek buruk pada tubuh seperti diare, mual dan muntah serta iritasi kulit. sedangkan efek penggunaan dalam jangka panjangnya justru lebih mengerikan lagi. Merkuri dapat menyebabkan gangguan bahkan kerusakan permanen pada ginjal, saraf dan otak manusia. Waspadai penggunaan merkuri dengan nama: Hg, merkuri amonasi, klorida amida dari merkuri, merkuri iodide,cinnabris, air raksa, klorida mercurous, dan hydrargyri oxydum rubrum.
  • Rhodamin B
Bahan kimia ini biasanya digunakan sebagai pewarna tekstil, namun kini banyak pula ditemukan dalam berbagai kosmetik. Rhodamin ini akan memberikan efek merah meron pada wajah. Penggunaan rhodamin ini dapat menyebabkan kerusakan hati, mengiritasi pernafasan dan menyebabkan kanker.
  • Retinoic Acid atau Asam Retinoat atau Tretinoin
Bahan kimia ini bisa ditemukan pada kosmetik pemutih kulit atau kosmetik anti jerawat. Retinoic acid adalah zat kimia berbahaya yang bisa menimbulkan efek panas seperti terbakar pada kulit, kulit kering bahkan untuk ibu hamil bisa menyebabkan janin cacat. Sebaiknya hindari kosmetik dengan kandungan bahan kimia ini.

Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!