Selasa, 12 September 2017

Cara Menghadapi Pengaruh Hormon pada Ibu Hamil

Salah satu perubahan yang terjadi pada tubuh wanita yang tengah hamil adalah kadar hormon yang mulai tidak seimbang.

Ketidakseimbangan hormon ini dapat menyebabkan beberapa masalah pada tubuh anda yang walaupun sebagian besar tidak berbahaya, namun sangat menggangu. Berikut ini adalah beberapa masalah pada tubuh ibu hamil yang disebabkan oleh pengaruh hormon:

1. Selama kehamilan, tubuh anda akan mengeluarkan hormon progesterone dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan biasanya. Hormon ini bertanggung jawab terhadap produksi minyak pada kulit terutama kulit wajah. Minyak yang berlebihan pada wajah akan membuat kotoran menjadi mudah menempel pada kulit sehingga wajah anda akan lebih mudah terkena jerawat.

Untuk mengatasi jerawat pada ibu hamil anda bisa menyikapinya dengan menggunakan pembersih muka khusus untuk jerawat, rajin membersihkan kulit wajah dengan sabun pembersih khusus, tidak memencet jerawat, dan mengurangi makanan yang banyak mengandung minyak dan lemak.

2. Meningkatnya kadar hormon estrogen pada ibu hamil akan menyebabkan masalah berupa rambut yang mulai rontok. Rambut rontok tersebut sebenarnya adalah rambut yang menjadi rapuh dan patah pada bagian tengah sedangkan akar rambut tidak tercabut.

Untuk mengatasi rambut patah selama kehamilan anda bisa megkonsumsi banyak sayuran, kacang – kacangan, dan susu untuk memperkuat rambut, menggunakan conditioner untuk melembabkan rambut, menggunakan sampo khusus rambut rusak, dan usahakan untuk tidak terlalu sering menyisir rambut.

3. Salah satu hormon yang banyak diproduksi selama kehamilan adalah jenis hormon yang berguna untuk mempersiapkan ibu hamil menghadapi fase menyusui. Oleh karena itu selama kehamilan wanita biasanya akan merasa bahwa payudara mereka akan bertambah besar dan agak terasa sakit jika dipegang.

Untuk mengurangi rasa sakit yang berlebihan anda bisa menggunakan bra dengan ukuran yang sesuai dan sanggup menyangga payudara anda dengan baik serta nyaman. Selain itu anda bisa mengurangi stimulasi atau goncangan yang berlebihan pada payudara.

4. Hormon progesteron yang meningkat jumlahnya selama kehamilan berfungsi untuk memperkuat rahim agar mampu menyangga janin. Namun efek samping yang akan dirasakan dari pelepasan hormon profesteron dalam jumlah besar adalah gangguan pada gerakan peristaltik atau gerakan mendorong pada usus.

Gangguan ini akan menimbulkan masalah susah buang air besar hingga menimbulkan sembelit. Untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat seperti oatmeal, roti gandum, sayur – sayuran, agar – agar, buah – buahan, yoghurt, atau suplemen serat yang direkomendasikan oleh dokter. Jangan lupa untuk minimal mengkonsumsi air sebanyak 8 gelas setiap hari. Air dapat membantu pencernaan, dibutuhkan oleh ibu hamil serta janin, dan berguna untuk membuang racun dalam tubuh.

5. Salah satu masalah yang sering dijumpai selama hamil adalah mual atau muntah. Rasa mual atau ingin muntah ini diakibatkan oleh meningkatnya hormon Human Chrionic Gonodotrophin atau HCG. Hormon ini akan memicu munculnya asam lambung berlebihan sehingga ibu hamil akan merasa mual hingga muntah – muntah.

Untuk mengatasinya, ibu hamil bisa meminum minuman jahe yang hangat, menyikapi cara makan dengan makan sesering mungkin namun dengan porsi yang sedikit, dan banyak minum air putih untuk menggantikan cairan yag hilang karena muntah – muntah.

6. Masalah yang terakhir adalah rasa pusing. Pusing disebabkan oleh mengendurnya pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi turun dan menyebabkan rasa sering pusing.

Untuk mengatasinya anda bisa memperbanyak minum air putih, bergerak perlahan ketika ingin bangun dari tidur, serta membuat tubuh anda rileks dengan berbaring dan membayangkan suasana tenang sambil mendengarkan musik lembut kesukaan anda.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!