Rabu, 31 Mei 2017

Tips Mengatasi Mual saat Mengkonsumsi Susu Khusus Ibu Hamil

Memperhatikan asupan nutrisi bagi ibu hamil haruslah diperhatikan keseimbangannya, baik itu dari jumlahnya maupun kandungannya. Kebutuhan dari asupan nutrisi ini merupakan kebutuhan yang berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.

Kondisi ibu yang berbeda, menyebabkan pada kondisi tertentu ibu akan diharuskan mengkonsumsi tambahan bahan makanan tertentu untuk mendapatkan tambahan zat yang perlu dipenuhi. Misalnya saja untuk vitamin maupun mineral. Susu khusus ibu hamil merupakan salah atau konsumsi yang disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari tubuh ibu serta bayi tersebut.

Tidak semua ibu hamil dapat menyukai susu khusus ibu hamil tersebut, beberapa diantaranya tidak menyukainya dan malah mual jika meminumnya. Padahal, dalam susu khusus ibu hamil tersebut terkandung berbagai kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan baik ibu maupun bayi. Konsumsinya pun disarankan dari semenjak bulan awal terjadinya kehamilan.

Bahkan, sebelum masa kehamilan pun, beberapa ibu ada yang telah mengkonsumsinya. Jumlah yang disarankan bagi konsumsi susu khusus ibu hamil ini adalah dua gelas setiap harinya. Susu khusus ibu hamil merupakan susu dengan kandungan yang dimilikinya sangat lengkap.

Kandungan tinggi dari kalsium akan berguna bagi pertumbuhan otak dan tulang pada bayi dalam kandungan. Kebutuhan harian ibu pun akan terlengkapi. Beberapa kandungan lain dari susu khusus ibu hamil ini yaitu Kalsium ekstra, vitamin C, B1 dan B6, asam folat, yodium, serta AA dan DHA.

Dalam segelas susu khusus ibu hamil, kandungannya tersebut akan menjaga kesehatan ibu di masa kehamilannya. Protein yang menjadi kandungan dari susu khusus ibu hamil adalah yang membangun jaringan dari tubuh bayi, pembentukan darah dan antibody pun akan terbantu.

Kalsium yang terkandung akan membantu proses pembentukan tulang bayi dan menjaga ibu agar tidak osteoporosis serta ASI juga terbentuk dalam persiapannya. Vitami D yang terkandung akan membantu kalisum menyerap. Vitamin A selain sebagai penjaga daya tahan tubuh, juga akan membantu proses pembentukan berbagai jaringan seperti rambut, penglihatan, gigi, dan kuku bayi.

Bagi ibu hamil yang mual ketika mengkonsumsi susu khusus ibu hamil ini, harus berusaha mengatasinya. Mengingat pentingnya konsumsi akan susu khusus ibu hamil di pagi dan malam hari. Berikut cara mengatasinya:
  1. Tentukan pilihan rasa dari susu ibu khusus ibu hamil yang hendak dikonsumsi. Saat ini susu khusus ibu hamil tersedia dalam berbagai pilihan rasa. Sehingga ibu bisa menyesuaikan dengan rasa yang diinginkannya. Pilihan rasa pun akan membuat ibu tidak bosan karena ibu bisa memilih rasa sesuai yang diinginkannya termasuk mengganti pilihan rasa setiap waktu.
  2. Atur takaran dari susu yang dikonsumsi. Perbandingan takan susu dan air akan membantu ibu menyesuaikan lidah dalam mengkonsumsinya. Mulai dahulu dengan takaran yang paling rendah dengan perbandingan untuk airnya juga sedikit. Seiring bertambahnya waktu takarannya bertambah dan airnya pun menjadi satu gelas.

    Waktunya sendiri bisa diawali dengan hanya malam hari dan lama-lama ditambah menjadi pagi atau bis juga siang. Cara seperti ini akan membuat ibu akhirnya bisa terbiasa dengan dua gelas susu per harinya.
     
  3. Meminum susu khusus ibu hamil setelah makan. Untuk pagi hari konsumsi dilakukan setelah sarapan. Bau amis yang biasa dirasakan adalah respon tubuh yang awalnya belum terbiasa. Sehingga dengan mulai membiasakannya, bau amis tersebut perlahan akan mulai menghilang dan tidak dirasakan. Konsumsi susu ini pun tidak akan terhambat rasa mual lagi.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!