Senin, 20 Maret 2017

Sering Mengalami Kelelahan pada Masa Kehamilan, Amankah?

Rasa lelah merupakan hal normal bagi mereka yang banyak beraktivitas. Termasuk di dalamnya rasa lelah yang dirasakan ini juga akan menghambat beberapa pekerjaan lain. Namun, ketika kondisi rasa lelah ini terjadi pada wanita hamil hal ini juga merupakan kondisi yang umum.

Karena, tubuh wanita hamil melakukan aktivitas yang cukup melelahkan dengan menyesuaikannya tubuh terhadap tumbuh kembang bayi dalam rahim. Aktivitasnya penyesuaian ini terasa melelahkan karena tubuh wanita hamil dalam melakukan berbagai penyesuaiannya memerlukan kerja keras.

Rasa lelah ini umumnya terjadi pada tri semester awal kehamilan. Pada usia kehamilan di bulan pertama ini tubuh ibu hamil akan diminta untuk beradaptasi dengan hormon yang kadarnya dengan cepat terus berubah. Ketika usia kehamilan memasuki usia tri semester kedua, adaptasi pun sudah mulai terjadi.

Sehingga, rasa lelah pada tubuh ibu hamil ini tidak akan seperti rasa lelah di tri semester pertama. Rasa lelahnya mulai berkurang. Tapi, ketika memasuki usia kehamilan tri semester akhir, rasa lelah akan kembali dirasakan karena bobot tubuh serta bayi dalam kandungan akan semakin membesar.

Kelelahan ini walaupun bersifat umum karena merupakan efek dari aktivitas tubuh ibu hamil. Tetap saja ibu hamil sering merasa cemas karena memikirkan efeknya terhadap bayi dalam kandungan. Untuk menghilangkan kecemasan ini salah satu caranya adalah dengan mengurangi rasa lelah berlebih pada ibu hamil.

Cara Mengatasi Rasa Lelah Berlebih Saat Hamil

  • Ibu hamil wajib mengkonsumsi makanan yang sehat. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap aktivitas tubuh tentu saja dipengaruhi oleh konsumsi makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, dalam mengatasi rasa lelah pada ibu hamil diperlukan konsumsi makanan dan minuman yang sehat.

    Beberapa makanan sehat yang dapat mengurangi kelelahan pada ibu hamil diantaranya sayur, buah, berbagai protein seperti dari biji-bijian, dan susu rendah lemak. Air mineral merupakan minuman wajib bagi ibu hamil agar terhindar dari dehidrasi. Tubuh ibu hamil yang aktif akan mengalami rasa pusing dan lelah apabila cairan tubuhnya kurang.
  • Dalam mengkonsumsi makanan sehat, makanan yang tinggi akan zat besi merupakan salah satu yang harus diperbanyak. Makanan dengan kandungan yang kaya akan zat besi akan mencegah anemia atau kurang darah. Kurangnya darah adalah salah satu yang menjadi penyebab kelelahan yang terjadi pada ibu hamil.

    Kekurangan darah atau anemia bisa diatasi dengan cara memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Sumber makanan yang kaya akan zat besi bisa diperoleh dari sayur-sayuran berwarna hijau tua, daging berwarna merah, serta buah jenis berry seperti blackberry.
     
  • Perbaikilah pola kerja selama masa kehamilan. Walaupun dalam kondisi sedang hamil, beberapa wanita masih memilih untuk tetap bekerja. Pekerjaan ini merupakan salah satu pemicu terjadinya kelelahan. Bukan hanya jenis pekerjaannya saja tetapi kelelahan juga didukung oleh tekanan di tempat kerja tersebut seperti udara yang kurang bagus, dan telatnya waktu makan.

    Khususnya bagi pekerja di kantor, pekerjaan ini perlu dipikirkan untuk dirubah pola kerjanya agar kelelahan tidak terjadi berlebih. Untuk ibu hamil yang melakukan pekerjaan rumah tangga, pekerjaan yang berat juga harus dihindari.
     
  • Jagalah gula darah agar tetap stabil. Kadar gula darah perlu diperhatikan untuk mengurangi rasa lelah tubuh. Kadar gula darah harus tetap stabil. Rasa lelah yang terjadi dikarenakan kadar gula darah rendah atau disebut hipoglikemia. Sarapan dengan makanan atau camilan yang sehat rendah lemak adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga agar kadar gula darah tetap stabil. Makanan atau camilan berkadar lemak tinggi adalah salah satu yang dapat menyebabkan kelelahan pada ibu hamil.
     
  • Untuk menenangkan tubuh serta menyamankannya juga bisa dilakukan dengan melakukan latihan olahraga untuk masa kehamilan. Olahraga yang aman serta nyaman untuk ibu hamil adalah dengan yoga atau pilates, serta berenang dan berjalan pun bisa menjadi pilihan. Efek dari Yoga atau pun pilates selain menenangkan, menstabilkan tubuh juga dapat melancarkan proses persalinan nanti.
     
  • Nikmatilah aroma terapi untuk menghilangkan rasa lelah pada masa kehamilan. Menikmati aroma terapi ini dilakukan dengan santai dan nyaman ketika mandi. Aroma dari minyak esensial ini pun bis berupa wangi lavender ataupun jeruk. Untuk jenis Bunga Bach yaitu contohnya berupa minyak zaitun. Wewangian ini sangat menenangkan dan dapat mengatasi rasa lelah selama masa kehamilan. Hanya, perlu diperhatikan penggunaannya, yaitu pada trisemester pertama agar tidak menggunakannya setiap malam dan tidak lebih dari tiga tetes.
     
  • Cara yang terakhir tentu saja dengan meluangkan waktu untuk mengistirahatkan tubuh. Rasa lelah pada ibu hamil yang sering terasa umumnya pada bagian kaki dan pinggang. Sehingga bagian ini perlu mendapatkan rileksasi. Ketika rasa lelah datang maka segeralah beristirahat dengan merilekskan tubuh, dan jika memungkinkan lebih baik menggunakannya juga untuk tidur.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)