Sabtu, 20 Januari 2018

Atasi Kaki Terkilir Dengan RICE

Atasi Kaki Terkilir Dengan RICE
Atasi Kaki Terkilir Dengan RICE
Pergelangan kaki biasanya menjadi salah satu bagian tubuh yang paling mudah terkilir. Sedang berjalan dengan santai pun tiba-tiba pergelangan kaki bisa tertekuk tanpa sebab yang jelas. Setiap kali terkilir, pergelangan kaki akan melemah dan terasa sakit sampai berhari - hari. Karena itu, biasanya kaki yang mengalami terkilir adalah kaki yang itu-itu saja bisa di bilang kaki yang sudah pernah terkilir pasti di kemudian hari akan rentan terkilir lagi. Dan jika itu di biarkan terus menerus, akan semakin berbahaya buat kaki itu sendiri.

Lalu apa yang harus di lakukan ketika pergelangan kaki terkilir ? Biasanya sih kita pergi mencari tukang pijat atau dengan di olesin balsam. Tapi sebenarnya ada cara sederhana yang ampuh untuk mengatasi kaki terkilir yang akan di berikan Dzulfikar.Net. Namanya metode RICE. Bukan beras, melainkan singkatan dari Rest, Ice, Compression, dan Elevation.

1. Rest

Sudah jelas artinya bahwa Anda harus mengistirahatkan kaki yang sedang cedera tersebut. Jangan di pakai berjalan setidaknya 24 jam atau 72 jam jika kalian betah.

2. Ice

Kompres dengan es yang di bungkus kain selama 15 menit setiap 30 menit saja. Jangan sampai lebih lama dari kedua waktu itu karena malah akan membahayakan daerah yang terkilir.

3. Compression

Perlu juga menyediakan perban gulung ( biasanya berwarna cokelat dan terbuat dari kain ) untuk membungkus pergelangan kaki. Gunanya agar tidak semakin bengkak kaki anda.

4. Elevation

Naikkan kaki yang terkilir lebih tinggi daripada jantung. Semakin sering malah semakin bagus. Dengan demikian darah tidak akan terkumpul di kaki.

Biasanya, jika keempat tahapan itu di lakukan, periode penyembuhan kaki yang cedera akan lebih cepat pulih. Agar tidak terkilir lagi, ada baiknya di lakukan tindakan pencegahan sebagai berikut :
  • Melatih pergelangan kaki sehingga akan memperkuat sendi kaki
  • Mengasup makanan kaya kalsium dan protein akan membantu membangun massa tulang dan otot.
  • Jika perlu, pakai penopang pergelangan kaki, terutama semasa penyembuhan. Biasanya penopang pergelangan kaki juga di pakai ketika berolahraga.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!