Sabtu, 04 Maret 2017

Cara Menghitung Kadar Kolesterol yang Tepat


Cara Menghitung Kadar Kolesterol yang Tepat
Cara Menghitung Kadar Kolesterol yang Tepat
Bagaimana cara menghitung kadar kolesterol?

Ada beberapa sumber yg kami jadikan acuan untuk menghitung kadar kolesterol tsb, dengan menghitung jumlah total kadar kolesterol ( LDL HDL + Trigliserida), jika jumlahnya kurang dari 200 mg/dl, berarti normal dan berada pada posisi terbaik. Namun jika jumlahnya 200 – 240 mg/dl, berarti berada dalam posisi mendekati kolesterol tinggi dan menunjukkan resiko terhadap penyakit jantung. Dan jika nilai kadar kolesterol melewati angka 240 mg/dl keatas berarti kadar kolesterolnya sudah tinggi dann resiko penyakit jantung juga semakin besar.

Kadar kolesterol jahat (LDL), untuk posisi normal adalah dibawah 70mg/dl, sedangkan untuk kadar LDL dengan angka 100mg/dl, merupakan kondisi terbaik namun masih ada resiko terkena penyakit jantung. Untuk yg mempunyai kadar kolesterol dengan angka 100 – 130mg/dl, angka tersebut merupakan angka yg mendekati ideal. Batas angka tinggi berada di 130 – 160 mg/dl. Sedangkan untuk yg mempunyai kadar LDL 160 -190 berarti dalam posisi LDL tinggi. Dan jika lebih dari 190 mg/dl, berarti sangat tinggi.

Untuk kadar kolesterol baik (HDL), untuk pria kadar di angka 40 mg/dl adalah dalam posisi buruk, sedangkan untuk wanita jika kadar HDL nya di bawah angka 50 mg/dl. Kadar normal dan baik di angka 50 – 60 mg/dl dan posisi yg terbaik di angka 60 mg/dl keatas.

Untuk kadar Trigliserida, jika angka berada dibawah 150 mg/dl, berarti dalam kondisi terbaik. Untuk batas menuju tinggi, berada di angka 150 – 200 mg/dl. Sedangkan angka 200 – 500 mg/dl menunjukkan bahwa kadarnya dalam posisi tinggi, dan jika diatas 500 mg/dl dalam kondisi yg sangat tinggi.

Jadi agar kita tetap dalam posisi sehat, tentu saja harus menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan Trigliserida, serta menaikkan kadar HDL (kolesterol baik).

Cara yang sering digunakan adalah dengan menambah asupan makanan yg banyak mengandung omega 3, seperti ikan tuna, salmon, serta biji-bijian. Beberapa orang juga mengurangi makanan dengan kadar garam tinggi dan juga mengurangi goreng-gorengan.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)