Jumat, 24 Maret 2017

Benarkah Mendengkur Ketika Hamil Menghambat Peredaran Darah?

Benarkah Mendengkur Ketika Hamil Menghambat Peredaran Darah?
Benarkah Mendengkur Ketika Hamil Menghambat Peredaran Darah?
Mendengkur merupakan salah satu jenis gangguan yang terjadi pada saat kita tidur. Namun bagaimana dengan gangguan mendengkur pada ibu hamil? Banyak peneliti yang telah melakukan riset mengenai dampak mendengkur bagi ibu hamil.

Hasil penelitian menemukan bahwa mendengkur berhubungan erat dengan resiko buruk pada kehamilan namun biasanya ibu hamil cenderung menganggap biasa saja kebiasaan mendengkur selama kehamilan ini. Resiko semakin besar jika berat badan ibu hamil mengalami peningkatan yang signifikan.

Mendengkur adalah sebuah gejala gangguan tidur yang disebabkan oleh berhentinya nafas untuk sesaat. Gangguan nafas ini disebabkan oleh menyempitnya saluran pernafasan ibu hamil ketika sedang tidur. Terhambatnya aliran oksigen ke dalam tubuh karena penyumbatan ini tentu akan menurunkan asupan oksigen pada ibu hamil sehingga kadar oksigen dalam tubuh bisa berkurang dengan drastis.

Hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh pada kesehatan janin yang sedang dikandung karena oksigen yang dibutuhkan oleh janin sepenuhnya berasal dari oksigen yang dihirup oleh ibu hamil. Mendengkur atau yang disebut juga dengan sleep apnea ini merupakan salah satu penyebab masalah kesehatan serius seperti tekanan darah tinggi dan beberapa gangguan kesehatan pada jantung, diabetes melitus, hingga stroke.

Gangguan lain yang mungkin akan dialami pada ibu hamil yang memiliki gangguan mendengkur adalah masalah kesehatan hipersomnia. Hipersomnia adalah rasa kantuk yang cenderung berlebihan.

Ketika usia kehamilan sudah memasuki fase 20 minggu dan ibu hamil mengalami peningkatan berat badan yang sangat pesat, maka biasanya sleep apnea ini akan mudah sekali terjadi. Meningkatnya berat badan biasanya menjadi indikasi adanya pembengkakan jumlah hormon kehamilan di dalam tubuh.

Hormon – hormon ini merupakan penyebab utama pembengkakan pada saluran pernafasan sehingga menyebabkan ibu hamil menjadi mudah mendengkur sewaktu tidur. Jika dibiarkan begitu saja, gangguan mendengkur atau sleep apnea akan menyebabkan masalah kesehatan yang dinamakan dengan preeclampsia.

Preeklampsia ini merupakan sebuah gangguan kesehatan yang ditandai dengan naiknya tekanan darah serta meningkatnya kadar protein dalam urine ibu hamil. Setiap ibu hamil diperkirakan akan memiliki resiko untuk terserang preeklampsia sebesar 5 sampai 8 persen. Gangguan preeklampsia ini cenderung berbahaya bagi janin yang dikandung karena dapat menyebabkan kematian janin.

Jika anda mengalami masalah dengan dengkuran selama kehamilan, maka cara yang laping tepat untuk mengatasinya adalah dengan berkonsultasi dengan dokter ahli. Kebanyakan ibu hamil akan menganggap remeh gangguan tidur yang satu ini dan kurang waspada dengan akibat yang bisa ditimbulkannya sehingga penanganan yang dilakukan hanya pada saat masalah kesehatan serius sudah muncul.

Waspadalah sejak dini karena kebiasaan mendengkur walaupun kecil tetap akan membawa dampak yang sangat besar bagi janin dalam kandungan anda. Gangguan mendengkur bisa menyebabkan asupan oksigen dan darah pada janin menjadi terhambat dan dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang serius.

Salah satu usaha penanganan yang biasanya akan dilakukan oleh dokter untuk memantau kesehatan janin pada ibu yang memiliki gangguan mendengkur adalah dengan melakukan pemantauan aktivitas janin dengan menggunakan USG. Jika janin di dalam kandungan cenderung aktif bergerak pada saat ibu hamil tidur, maka dokter akan menyimpulkan bahwa kondisi kesehatan janin tersebut sehat.

Penanganan masalah mendengkur biasanya akan diatasi dengan Continuous Positive Airway Syndrome atau CPAP. Proses CPAP ini bertujuan untuk menyehatkan kembali janin dalam kandungan yang selama ini terganggu pertumbuhannya dikarekanan ibu hamil terserang gangguan mendengkur ketika tidur.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)