Sabtu, 04 Maret 2017

Cara Jitu Dan Alami Mengatasi Darah Tinggi

Cara Jitu Dan Alami Mengatasi Darah Tinggi
Cara Jitu Dan Alami Mengatasi Darah Tinggi
Cara mengatasi darah tinggi sebenarnya sangat mudah selama dijalankan dengan telaten dan teratur. Meski pengelolaan kesehatannya harus terus berproses namun bukan berarti pengobatan darah tinggi identik biaya yang mahal. Malah dengan cara dan kiat yang jitu, pengobatan alami bisa ampuh untuk menurunkan dan menetralkan tekanan darah yang meningkat.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa pengobatan non alami lebih banyak dipilih orang karena jaminan dari biayanya yang mahal. Baik dengan menggunakan obat buatan atau ramuan herbal, orang-orang merasa cara tersebut lebih efektif ketimbang pengobatan alami.

Namun yang harus dimengerti adalah penyakit darah tinggi bukanlah tipe penyakit instan yang langsung selesai setelah satu pengobatan. Yang terjadi adalah harus adanya penanganan secara terus menerus agar darah tinggi ini tidak terus terjadi dan meningkat. Untuk itulah proses pengobatan alami bisa jadi rekomendasi terbaik.

Namun apakah berarti pengobatan alami itu menyusahkan dan sulit dilakukan? Tidak juga melainkan sebaliknya. Pengobatan yang satu ini bisa dilakukan dengan mudah dan tidak memerlukan usaha yang keras.

Cara-cara dan tipsnya pun menyenangkan dan bisa dilakukan setiap hari tanpa menggangu aktivitas kerja atau membuat penderita merasa kesulitan. Bagaimana tips dan cara alaminya? Simak tulisan di bawah ini.

Tips dan Cara Alami Mengatasi Penyakit Darah Tinggi

Inilah beberapa tips dan cara alami mengatasi penyakit darah tinggi yang bisa diaplikasikan. Tidak hanya efisien dan tanpa biaya mahal namun aktivitas atau pengobatan alaminya mudah dilakukan.
  • Pertama, tips yang paling dasar dan paling mudah yaitu dengan menjauhkan stres dari beban pikiran. Seseorang dengan tekanan darah tinggi bisa disebabkan oleh faktor stres dan pikiran yang kurang rileks, jadi atur dulu agar anda merasa lebih tenang dan tentram. Biasanya pikiran yang tenang akan membuat kita jauh dari kondisi stres, tertekan, pikiran negatif dan kecenderungan emosional yang bisa mengakibatkan darah tinggi. Bila tidak bisa mendapat pikiran yang tenang dan rileks, lakukan hal yang bisa memicu pikiran positif dan hati senang seperti berjalan-jalan di luar rumah, bertemu teman atau menghabiskan waktu bersama keluarga. Pijat refleksi, latihan pernafasan dan yoga juga bisa menjadi tips jitu untuk membentuk pemikiran tenang jauh dari emosi.
  • Bila pikiran sudah tenang, mari menjalankan aktivitas gerak fisik untuk menjauhkan risiko berat pada tekanan darah. Olahraga bukan hanya baik untuk memicu keringat tubuh namun juga membuat badan lebih rileks dan mendukung kesehatan secara menyeluruh. Selain itu, biasanya olahraga juga mendukung tekanan darah menjadi lebih terkontrol apalagi bila dilakukan secara rutin. Tidak perlu olahraga terlampau berat namun olahraga ringan seperti lari di pagi hari, aerobik atau push-up selama 30 menit sampai satu jam.
  • Bila sudah mengelola kesehatan jasmani dan rohani, sekarang saatnya memilih makanan yang baik dan terjamin. Makanan yang baik dan terjamin bukan hanya berarti bebas lemak, gula, garam dan pengawet namun juga memiliki serat dan kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Jauhi makanan yang memicu darah tinggi seperti makanan cepat saji, makanan kaleng, makanan yang mengandung banyak lemak, garam dan pengawet, minuman berkafein dan bersoda juga alkohol. Disebutkan oleh banyak pakar kesehatan bahwa alkohol merupakan salah satu faktor penyakit darah tinggi. Ganti makanan-makanan tersebut dengan buah dan sayuran alami juga kandungan karbohidrat yang seimbang. Untuk minuman, air putih adalah yang terbaik untuk meneutralisir pencernaan tanpa memberi pengaruh buruk pada tubuh.
  • Selain makanan yang harus dijauhi, rokok atau tembakau juga harusnya dihindari. Ini karena nikotin dalam rokok bukan hanya dapat memicu penyakit kanker dan risiko jantung lainnya namun sangat buruk untuk keseimbangan tekanan darah. Tercatat bahwa nikotin mampu meningkatkan tekanan darah sehingga kemungkinan pengobatan malah akan gagal.
  • Terakhir, jangan lupa untuk selalu mengontrol tekanan darah untuk memastikan keadaan baik-baik saja. Kontrol yang rutin bukan saja untuk mengantisipasi risiko namun untuk memonitor keadaan darah agar terus seimbang dan terjaga sepenuhnya.

Makanan dan Buah Membantu Untuk Menurunkan Tekanan Darah

Sekarang mari kita ketahui apa saja jenis makanan dan buah yang harus dikonsumsi karena membantu untuk menurunkan tekanan darah. Simak daftar berikut agar tahu apa asupan baru untuk gaya hidup lebih sehat!

  • Untuk buah-buahan, ada banyak nama buah yang bisa dikonsumsi sebagai rekomendasi. Dari mulai yang paling sering dilahap banyak orang sebagai makanan kala senggang atau buah pencuci mulut yaitu jeruk, tomat, semangka dan pisang. Ya, buah-buah tersebut terbukti ampuh untuk menurunkan tekanan darah. Misalnya saja tomat dan semangka yang mengandung lycopene dan mineral, sangat baik untuk keseimbangan darah dalam tubuh. Sementara jeruk dan pisang mengandung potassium yang bukan hanya alami untuk memberi energi pada tubuh namun untuk memastikan tekanan darah tetap terjaga dan bukannya meningkat. Bila bosan mengonsumsinya sebagai buah bisa mengolahnya menjadi jus atau dikombinasikan satu sama lain. Selain buah di atas, buah naga, kiwi, mengkudu, ketimun dan alpukat bisa menjadi alternatif lain bila ingin lebih beragam.
  • Bagaimana dengan makanan utama? Seperti yang banyak orang ketahui gandum cocok sebagai rekomendasi makanan utama para penderita penyakit darah tinggi. Selain kadar gulanya rendah, gandum jauh lebih menyehatkan ketimbang nasi. Bisa mengonsumsinya sebagai menu makan pagi, dijadikan oatmeal atau digabungkan dengan variasi makanan lain. Gandum seringkali disebut di daftar teratas makanan untuk para penderita darah tinggi dan jantung.
  • Sayuran hijau juga tentu tak terelakkan dari daftar menu untuk para penderita tekanan darah tinggi. Sayuran seperti sawi, kangkung, seledri dan bayam bukan hanya memiliki banyak manfaat yaitu menetralkan toksin di dalam darah namun juga dapat menjaga keseimbangan darah itu sendiri. Selain kaya serat dan kalsium, sayur-sayur tersebut alami dan mengandung nutrisi yang terjamin. Untuk cara masak yang sehat, kukus beberapa menit saja ketimbang dimasak sampai matang agar kandungan nutrisi didalam sayuran tidak hilang.
  • Bolehkah seorang penderita penyakit darah tinggi mengonsumsi susu? Jawabannya boleh asalkan yang dikonsumsi adalah susu rendah lemak atau kalau bisa sama sekali tidak mengandung lemak dan gula buatan. Susu kesehatan seperti itu tentu tersedia dan bisa dijadikan rekomendasi bila ingin memiliki nutrisi di dalam kandungan susu. Susu rendah lemak dan tanpa tambahan gula menjaga tekanan darah dan bukannya malah menyebabkan manfaat buruk.
Pada akhirnya semua tergantung pada sang penderita penyakit darah tinggi tersebut karena proses pengobatan alami sebenarnya sangat mudah dilakukan. Yang diperlukan hanyalah rajin dan telatennya untuk melaksanakan asupan makanan dan buah seperti yang tertera di atas. Dengan pola yang sehat dan teratur tentu masalah tekanan darah tinggi akan berangsur menurun dan menunjukkan hasil sesuai dengan harapan. Semoga banyak terbantu oleh artikel cara mengatasi darah tinggi!
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)