Rabu, 07 Juni 2017

Teh Hijau Untuk Diet

Dalam progam-progam penurunan berat badan, teh hijau cukup populer sebagai salah satu minuman yang dapat membantu proses pembakaran lemak dan kalori. Yakin, Anda pun sudah tak asing lagi dengan hal tersebut. Tak heran, sekarang ini banyak sekali makanan atau minuman berbahan teh hijau yang dijual di pasaran yang diklaim dapat membantu progam penurunan berat badan.

Manfaat atau khasiat teh hijau ternyata bukan hanya untuk proses penurunan berat badan saja. Sejak berabad-abad yang lalu teh hijau dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa bedanya teh hijau dengan teh biasa pada umumnya? Sebenarnya, teh hijau dan teh biasa berasal dari sebuah pohon yang sama yakni camellia sinensis. Hanya saja kemudian teh hijau mengalami proses yang disebut proses fermentasi atau pemanasan lebih dulu untuk mencegah terjadinya oksidasi.

Manfaat teh hijau untuk progam penurunan berat badan bukanlah sekedar omong kosong, tapi sudah dibuktikan melalui beberapa penelitian ilmiah. Sebenarnya bagaimana teh hijau dapat mendukung progam penurunan berat badan? 

Berikut peran teh hijau untuk progam diet yang Anda lakukan:
  • Membantu meningkatkan metabolisme tubuh
Beberapa riset ilmiah tentang teh hijau menyatakan bahwa ekstrak atau sari teh hijau dapat meningkatkan energi di dalam tubuh kita. Dan setelah 24 jam, teh hijau akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh termasuk pembakaran kalori dan lemak hingga 4 persen. Ini terjadi karena tingginya kandungan antioksidan dan katekin polifenol dalam teh hijau. Kandungan itulah yang memungkinkan termogenesis (kemampuan tubuh membakar kalori) dan oksidasi lemak oleh tubuh meningkat.
  • Membantu sirkulasi glukosa dan mengurangi proses penyerapan lemak oleh tubuh
Kandungan katekin polifenol dalam teh hijau akan mencegah perubahan dan pemecahan glukosa menjadi lemak. Selain itu, teh hijau juga akan memperlambat peningkatan gula darah setelah kita menikmati makanan dan mencegah peningkatan insulin yang dapat membuat tubuh menimbun lemak dari glukosa.
  • Membantu mengurangi nafsu makan
Riset yang dilakukan oleh universitas Chicago menyebutkan bahwa tikus yang disuntikkan ekstrak teh hijau kehilangan nafsu makannya hingga 60 persen. Ekstrak teh hijau itu disuntikan setiap hari selama satu minggu penuh. Nafsu makan berkurang disebabkan karena gula darah bereaksi terhadap ekstrak teh hijau.
  • Menyimpan kalori untuk energi ekstra
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, sari teh hijau mampu meningkatkan energi tubuh dengan menyimpan sedikit kalori. Jadi bila Anda ingin mempunyai sumber energi untuk beraktivitas sepanjang hari, cobalah mengganti menu kopi pada padgi hari dengan teh hijau.

Fakta dan data dari hasil penelitian teh hijau memang menunjukkan khasiatnya untuk membantu mengurangi berat badan kita. Namun, ada baiknya, Anda menyimak fakta tentang berikut ini agar lebih bijak dalam mengonsumsi teh hijau.
  • Bukan obat ajaib
Sekalipun memiliki kandungan yang dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh kita, tapi tak serta merta mengonsumsi teh hijau dapat membuat Anda langsing dalam seketika. Konsumsi teh hijau agar efektif menurunkn berat badan harus diimbangi dengn pola makan yang sehat dan olahraga. Jadi, dengan begitu pembakaran lemak dan kalori pun akan berlangsung lebih maksimal.
  • Mengandung kafein
Ada kandungan selain katekin dan antioksidan dalam teh hijau yakni kafein. Kandungan kafein ini berbahaya jika dikonsumsi oleh orang dengan penyakit tekanan darah tinggi ataupun penyakit jantung. Jadi, sebaiknya bila Anda ingin mengonsumsi teh hijau untuk progam penurunan berat badan, konsultasikanlah dengan dokter terlbih dahulu apalagi bila Anda memiliki riwayat kedua penyakit tersebut.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!