Jumat, 21 Juli 2017

Penyakit Sakit Kepala

Penyakit Sakit Kepala
Penyakit Sakit Kepala
Sakit kepala merupakan jenis penyakit yang sering dikeluhkan banyak orang, datang secara tiba-tiba, terjadi hanya dalam beberapa jam namun ada juga yang sampai berhari-hari. Saat ini faktor pemicu sakit kepala semakin tinggi seperti orang yang bekerja keras seharian, depresi serta mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Hampir semua pasien sakit kepala yang berkonsultasi kedokter mengalami sakit kepala jenis migren atau istilah lainnya sakit kepala sebelah.

Untuk mengetahui jenis lain dari sakit kepala berikut  jenis-jenis sakit kepala yang harus anda ketahui:
1.Sakit kepala karena ketegangan

Sakit atau pusing kepala  yang satu ini cukup umum di alami masyarakat, rasa nyeri dikepala berasal dari bagian belakang secara perlahan bergerak kedepan kepala. Tempat rasa nyeri terdapat dibagian leher, belakang kepala dan kepala itu sendiri.

2. Sakiat kepala campuran

Pengertian sakit kepala jenis ini kombinasi dari sakit kepala sebelah (migren) dengan sakit kepala akibat ketegangan. Faktor pemicunya perubahan hormon, stress, lingkungan dan makanan yang dikonsumsi.

3. Sakit kepala sebelah (migren)

Penyebab pasti migren belum diketahui tapi diperkirakan akibat aktivitas otak tidak normal mengakibatkan perubahan pada pembuluh darah khususnya yang menuju ke otak.

4. Cluster

Penderita sakit kepala cluster akan mengalami rasa sakit yang sangat hebat karena terasa seperti ditusuk-tusuk dan terbakar disekitar kepala, terjadi 2 sampai 3 kali sehari dan bisa bertahan hingga 2 minggu

5. Sinus

Penyakit sinusitis termasuk kedalam golongan penyakit pusing kepala, terjadi rasa sakit pada tulang pipi, hidung dan sekitar dahi. Biasanya sinus disertai kemunculan rasa sakit di hidung, pembengkakan wajah, demam dan rasa penuh ditelinga.

Faktor paling dominan untuk memicu terjadinya sakit kepala adalah asupan makanan yang kurang sehat, berikut makanan yang diperkirakan dapat memicu timbulnya sakit kepala:
  • Makanan yang mengandung tyramin yaitu senyawa kimia yang memicu pembuluh darah untuk menyempit dan melebar sehingga menimbulkan rasa sakit. Contohnya makanan yang telah lama namun belum masuk kadaluarsa seperti keju, buah kering dan daging olahan.
  • Pemanis buatan seperti aspartman. Contohnya minuman bersoda dan sari buah kemasan.
  • Makanan yang mengandung bahan penyedap seperti monosodium glutamate dan MSG karena bahan ini dapat memicu perubahan pada pembuluh darah vaskuler.
  • Minuman beralkohol karena terdapat kandungan tyramin, asam sulfat, nitrat dan bahan pengawet. Contoh Anggur dan Bir.

Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!