Kamis, 17 Agustus 2017

Bagaimana Menghilangkan Rasa Takut Menjelang Persalinan

Bagaimana Menghilangkan Rasa Takut Menjelang Persalinan
Bagaimana Menghilangkan Rasa Takut Menjelang Persalinan
Ketakutan menjelang persalinan merupakan hal yang banyak terjadi pada ibu, terutama ibu yang baru pertama kali mengandung. Perjalanan selama 9 bulan mengandung merupakan suatu perjuangan yang begitu menguras tenaga dan pikiran ibu sehingga bisa membuat emosi menjadi tidak stabil. Saat waktu kelahiran semakin mendekat, emosi sang ibu bisa menjadi lebih tidak stabil. Mendekati kelahiran, ada rasa bahagia karena berarti waktunya tinggal sedikit lagi untuk bisa menimang bayi dan lelah saat mengandung akan terhenti. Namun, ibu juga merasa begitu takut dengan proses persalinan yang menurut banyak cerita begitu menyakitkan dan menyeramkan. Rasa takut tidak boleh dibiarkan begitu saja karena justru bisa mengganggu proses kelahiran. Berikut ini adalah beberapa rasa takut yang biasa dirasakan ibu yang akan melahirkan dan beberapa cara untuk meredam rasa takut tersebut.

1. Rasa Takut akan Kesakitan

Proses persalinan tidak bisa dipisahkan dari rasa sakit yang luar biasa. Hal tersebut adalah sesuatu yang alami akibat kontrasi rahim. Namun, rasa sakit pada persalinan tidaklah sama antara satu orang dengan yang lainnya. Kondisi tubuh sang ibu, respon sang ibu terhadap sakit yang dirasakan, kemampuan ibu untuk bisa menahan rasa sakit, dan waktu kemajuan persalinan sangat mempengaruhi seberapa besar rasa sakit tersebut dirasakan oleh ibu. Obat-obatan dapat membantu mengurangi rasa sakit tersebut. Ibu bisa berkonsultasi dengan dokter tentang penggunaan obat-obatan tersebut. Namun, tentunya ada untung dan rugi dari penggunaan obat. Jadi pertimbangkan dengan baik-baik. Ibu harus harus yakin bahwa tubuh telah diciptakan sempurna untuk mampu menahan rasa sakit saat persalinan.

2. Rasa Takut tidak bisa melewati saat-saat melahirkan dan meninggal dunia

Proses persalinan memang merupakan saat-saat yang membahayakan diantara hidup dan mati. Cukup banyak ibu yang tidak mampu bertahan saat melahirkan. Jika hal tersebut menghantui anda, harus ada keyakinan dalam diri bahwa Tuhan telah menciptakan wanita secara sempurna dengan kemampuan tubuh untuk melahirkan secara alami. Selain itu, anda juga harus yakin bahwa ilmu dan teknologi medis telah berkembang dengan sangat baik sehingga komplikasi saat melahirkan bisa dicegah dan diatasi oleh dokter dengan alat-alat modern.

3. Rasa Takut Jika Terjadi Sesuatu Maka akan Disalahkan

Beberapa ibu mengalami rasa takut bahwa mereka akan disalahkan jika melakukan sesuatu yang bisa mengganggu orang lain seperti berteriak, panik, muntah, atau buang air besar yang tidak bisa ditahan. Anda tidak perlu takut akan hal tersebut karena semua itu adalah hal yang wajar menjelang persalinan. Para dokter dan perawat, bahkan orang-orang disekitar anda akan memahami hal tersebut dan tidak akan marah. Yakinlah bahwa mereka akan tetap melakukan yang terbaik untuk menolong anda.

Jika anda merasa begitu ketakutan menjelang saat-saat kelahiran buah hati anda, ada beberapa saran lain untuk mengatasi rasa takut yang datang yaitu:
  • Pelajarilah proses yang akan terjadi saat persalinan
Rasa takut biasa terjadi akibat kita tidak memiliki cukup pengetahuan tentang sesuatu yang belum pernah dihadapi sebelumnya. Agar rasa takut menjelang persalinan berkurang, anda sebaiknya mempelajari proses-proses yang akan terjadi saat persalinan dengan membaca dari buku maupun berkonsultasi dengan dokter dan ibu-ibu lain yang telah berpengalaman.
  • Berbagi dengan orang lain tentang ketakutan yang dirasakan
Beberapa ibu mencoba untuk memendam dan mengalihkan ketakutan mereka dengan melakukan hal-hal lain yang mereka anggap bisa menghapus rasa takut seperti belanja atau bekerja. Mereka juga melakukan hal-hal tersebut karena malu atau takut jika orang lain mengetahui rasa takut mereka. Ketakutan menjelang persalinan dianggap sebagai suatu kelemahan yang bisa merusak nama baik. Namun, ketakutan sebaiknya tidak disembunyikan karena justru bisa menumpuk dan akhirnya meledak. Sebaiknya rasa takut tersebut dibagi dengan orang lain sehingga bebannya bisa berkurang. Namun, tentunya anda harus berbagi dengan orang yang tepat seperti pasangan atau teman-teman yang pernah mengalami persalinan dan masalah yang sama dengan anda. Masukan-masukan yang diberikan oleh orang-orang tersebut bisa membantu anda untuk mengurangi rasa takut dan membuat anda bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk melahirkan buah hati anda.
  • Tingkatkan kepercayaan diri
Tidak adanya pengalaman memang bisa meruntuhkan rasa percaya diri pada ibu yang akan melahirkan untuk pertama kalinya. Namun, anda tidak bisa memundurkan waktu dan persalinan harus dilewati. Untuk meningkatkan rasa percaya diri, anda harus mempersiapkan diri dengan baik sehingga yakin anda mampu melakukannya dengan baik. Membaca buku dan artikel tentang persiapan persalinan akan sangat membantu.
Previous Post
Next Post

2 komentar:

  1. Buat anda yang sedang mempersiapkan kelahiran si buah hati silahkan simak produk ayunan bayi atau temoat tidur bayi dan anak hanya di toko kami di JUALAYUNAN.COM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cakep nih buat calon ibu baru yang mau mengoleksi ayunan bayi kayaknya rekomendasi deh buat agan di atas ini ... :D #siapa-tau-dapat-komisi

      Hapus

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!