Sabtu, 14 Oktober 2017

5 Manfaat Air Selama Kehamilan

5 Manfaat Air Selama Kehamilan
5 Manfaat Air Selama Kehamilan
Banyak pasangan yang sudah menikah mempertanyakan tentang rencana kehamilan. Mengapa hal tersebut diperlukan? Apakah Anda juga memiliki pertanyaan yang sama? Menjadi hamil dan memiliki momongan merupakan impian bagi setiap pasangan.

Akan tetapi, diperlukan persiapan yang menyeluruh untuk menyambut kehadiran buah hati. Tidak hanya mental dan fisik saja, namun juga finansial. Selain itu, ibu hamil juga harus sangat memperhatikan kehamilannya dengan melakukan perawatan agar ibu dan bayi selalu sehat.

Perawatan kehamilan merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh ibu hamil selama mengandung. Ada banyak metodenya, baik yang dilakukan secara medis dengan biaya yang tidak sedikit, maupun jenis perawatan lain yang tidak memerlukan dana.

Beberapa contoh cara menjaga dan merawat kehamilan yang murah meriah adalah jalan santai, senam kehamilan dan menggunakan air atau berenang.

Mengapa air? Air merupakan kekayaan alam yang bisa diperoleh dengan mudah dan murah, bahkan gratis. Selain itu, bagi ibu hamil, ternyata air memiliki banyak manfaat, di antaranya:
  • Membantu ibu hamil merasa rileks. Latihan relaksasi merupakan salah satu upaya untuk mengurangi rasa cemas dan stres. Saat mengandung, ibu hamil rentan mengalami hal-hal tersebut. Sehingga, sangat penting untuk ia melakukan relaksasi. Cara termudah yang bisa diupayakan adalah dengan berendam di air.

    Para kehamilan dengan resiko kecil, Anda bisa berenang yang tentunya sudah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Latihan renang tidak hanya membantu Anda merasa rileks namun juga mengatasi berat badan selama mengandung karena air dapat membantu Anda bergerak dengan lebih bebas.
     
  • Membantu memposisikan janin pada posisi optimal. Gaya dada merupakan gaya terbaik yang bisa dilakukan saat berenang, dimana dapat membantu membuat janin berada di posisi optimal. Posisi ini sangat baik untuknya berkembang. Gerakan kaki katak juga bermanfaat untuk mendorok panggul agar membuka sehingga bayi mendapatkan posisi terbaik karena ada lebih banyak ruangan.
     
  • Melakukan olahraga di dalam air juga merupakan latihan kehamilan yang menyenangkan dan menenangkan. Itu karena olahraga ini melatih sistem kardio-vaskular tanpa menimbulkan tekanan pada sendi. Aerobik dalam air tidak hanya baik untuk kebugaran dan memberikan kenyamanan pada otot, tetapi juga bermanfaat untuk persiapan pesalinan.
     
  • Bentuk tubuh yang tidak lagi ideal adalah keluhan umum yang dimiliki ibu hamil. Hal ini sangat wajar. Apabila Anda merasa kurang percaya diri dengan bentuk tubuh yang semakin lama semakin besar dan membuat Anda merasa berat, berada di dalam air bisa sangat membantu karena tubuh Anda akan terasa lebih ringan dan dapat bergerak bebas selama melakukan latihan. Air juga memberikan kurva dan berat badan yang lebih sehingga akan membantu pertumbuhan bayi di dalam kandungan.
     
  • Apakah Anda ingin melahirkan bayi Anda nanti dengan metode waterbirth? Di banding cara yang biasa, proser pesalinan di dalam air menjadi pilihan favorit bagi banyak ibu hamil. Namun, sebelum saat itu datang, ada baiknya Anda mulai dengan berlatih sendiri untuk menemukan posisi yang paling nyaman dan mendukung persalinan.
Anda bisa melakukannya di kolam renang dengan latihan relaksasi dan pernafasan untuk mendapatkan pikiran yang tenang saat berada di dalam air.

Selain melakukan beberapa latihan dasar selama mengandung di dalam air, ibu hamil juga tidak boleh lupa untuk mengkonsumsi air 8 gelas perhari.

Hal itu untuk mencegah infeksi saluran kemih, memfasilitasi aliran nutrisi melalui darah ke bayi, menjaga kestabilan pada tubuh, mengisi cairan ketuban yang hilang dan mencegah timbulnya penyakit-penyakit seperti hipertensi dan kardiovaskular serta mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir. Minum air secara teratur setelah bangun tidur juga membantu mengurangi keluhan morning sickness.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!