Minggu, 10 September 2017

Tips Mempersiapkan Dana Kehamilan Hingga Pasca Bersalin

Beberapa pasangan suami istri sepakat untuk menunda kehamilan karena merasa belum siap baik secara fisik, mental maupun finansial. Seharusnya, pasangan telah mempertimbangkan pengelolaan keuangan sejak awal pernikahan, misalnya mengenai kehamilan dan persalinan, mulai dari dana untuk pemeriksaan hingga pasca persalinan.

Mempersiapkan dana untuk kehamilan dan pasca persalinan adalah sangat penting. Memprediksi kesehatan ibu dan janin cukup sulit sehingga harus mempersiapkan biaya tak terduga, misalnya ketika anda sudah mempersiapkan biaya untuk persalinan normal tapi tanpa diduga kondisi janin tidak mendukung untuk persalinan normal sehingga harus dilakukan persalinan melalui operasi caesar yang biayanya tidak sedikit.

Bukan hanya masalah persalinan saja, pemeriksaan lanjutan pun seringkali harus dilakukan, terlebih jika anda mengalami masalah pada kehamilan. Dengan mempersiapkan dana tabungan sejak awal, tentunya akan membantu anda dalam pemeriksaan kesehatan.

Di bawah ini beberapa tips untuk mempersiapkan dana kehamilan hingga pasca persalinan yang bisa anda lakukan bersama pasangan:

1. Jika anda baru mengalami kehamilan pertama kali, persiapan baju hamil masuk dalam daftar dana yang harus disediakan. Berikut ini tips membeli baju hamil yang bisa anda lakukan:
  • Pilihlah baju dengan atasan dan bawahan yang terpisah sehingga mudah untuk dipadupadankan.
  • Persiapkan baju yang memiliki standar untuk dipakai dalam berbagai kesempatan.
  • Pilihlah baju hamil yang memiliki ukuran lebih besar sehingga dapat digunakan saat usia kehamilan semakin tua.
  • Siapkan 1-2 buah baju untuk pergi ke pesta.
2. Siapkan dana untuk pemeriksaan rutin ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

3. Persiapkan dana bersalin. Mempersiapkan dana untuk bersalin berkaitan dengan pemilihan tempat bersalin. Carilah informasi mengenai tempat bersalin yang memiliki fasilitas yang dibutuhkan oleh ibu dan bayi.

Selanjutnya anda dapat mengecek perkiraan biaya bersalin apakah mendapat bantuan dari tempat kerja anda atau ditanggung perusahaan seluruhnya. Dengan demikian anda bisa lebih tenang dalam mempersiapkan dana persalinan.

4. Siapkan dana untuk membeli perlengkapan bayi dan kamar bayi. Sebelum membuat daftar belanja untuk perlengkapan bayi, ada baiknya anda mengetahui tentang apa saja yang termasuk kebutuhan bayi sehingga dapat lebih terencana dan hemat serta tak perlu membeli barang yang tidak diperlukan oleh bayi.

5. Persiapkan dana pasca persalinan, seperti kebutuhan pakaian bayi. Sebaiknya anda tidak membeli pakaian bayi terlalu banyak karena bayi akan cepat tumbuh besar. Paling tidak anda dapat mempersiapkan pakaian bayi hingga bulan ketiga kelahirannya saja. Namun demikian hal ini tergantung dari kebutuhan anak yang tentunya berbeda-beda.

6. Persiapkan biaya untuk pemeriksaan ke dokter setelah bayi lahir. Bayi yang baru saja lahir sangat rentan terhadap gangguan lingkungan sehingga anda harus sering-sering memeriksakan kesehatannya dengan berkonsultasi ke dokter. Apalagi di musim hujan seringkali anak-anak akan mengalami flu dan demam.

7. Pemberian susu formula untuk bayi sangat diperhitungkan, mengingat pemberian ASI eksklusif dianjurkan selama enam bulan pertama. Apabila ibu adalah seorang wanita karir, anda dapat mempersiapkan dana untuk keperluan memerah ASI.

8. Persiapkan dana akikah. Bagi seorang muslim, mempersiapkan dana akikah merupakan hal yang harus dianggarkan dengan persiapan yang matang. Biasanya, akikah dan syukuran diadakan pada 40 hari setelah kelahiran sang bayi. Meskipun hal ini disesuaikan dengan dana yang dimiliki keluarga, namun dalam mempersiapkannya membutuhkan persiapan yang matang.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!