Jumat, 20 Oktober 2017

Normalkah Air Liur Berlebih Saat Hamil

Normalkah Air Liur Berlebih Saat Hamil
Normalkah Air Liur Berlebih Saat Hamil
Ketika ibu hamil mengalami morning sickness di tri semester awal kehamilannya, beberapa dari mereka, selain muntah-muntah pasti merasakan bahwa air liurnya juga banyak. Semakin banyaknya air liur terasa ketika ibu hamil lebih sering merasakan ingin meludah terus dari pada menelannya.

Keadaan ini akan terjadi seiring dengan bayi dalam rahim yang terus berkembang dan hormon tubuh pada ibu hamil yang berubah. Untuk itu, tidak pelu cemas jika mengalami hal ini, karena ini merupakan situasi yang normal pada beberapa ibu hamil.

Morning sickness yang parah adalah salah satu yang berakibat terjadinya pytlism atau sialorrhea ini. Pytalism atau sialorrhea adalah keadaan dimana produksi air liur berlebihan. Normalnya, mulut memproduksi air liur per harinya yaitu hanya mencapai satu liter saja.

Air liur tersebut juga tanpa disadari akan ditelan. Karena morning sickness yang dialami ibu hamil, maka rasa mual akan dirasa dan menelan air liur pun jarang. Jarangnya air liur ditelan menyebabkan produksi air liur tanpa disadari akan berlebih dan membuat ibu hamil sering meludah.

Penyebab lain dari berlebihnya air liur pada ibu hamil adalah adanya rasa sakit atau perih pada ulu hati yang disebut heartburn. Heartburn merupakan keadaan yang juga sering dialami oleh ibu hamil.

Gejalanya sendiri ditunjukan dengan kerongkongan yang terasa panas, kerongkongan ini salurannya sendiri tehubung langsung dengan lambung yang mengeluarkan cairan lambung yang bersifat asam sehingga terasa panas pada kerongkongan. Air liur ibu hamil berlebih ketika cairan lambung naik. Sifat asam cairan lambung ini merupakan sensor yang dapat memicu berlebihnya produksi air liur.

Selain membasahi dinding pada kerongkongan yang kemudian akan menetralisir rasa asam pada lambung. Merokok dan mengkonsumsi obat yang memang dapat menimbulkan suatu reaksi, juga merupakan salah satu penyebab dari diproduksinya air liur berlebih.

Untuk mengurangi berlebihnya air liur pada ibu hamil ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Sehingga, ibu hamil yang merasa sangat terganggu bisa mencoba melakukannya.
  1. Apabila menelan air liur membuat ibu hamil merakan mual, maka sediakanlah tisu untuk membuangnya.
  2. Kebersihan mulut merupakan salah satu kuncinya. Untuk itu, setiap harinya sangat disarankan untuk menyikat gigi sesering mungkin serta berkumur-kumur.
  3. Mengurangi air liur dapat dibantu dengan mengkonsumsi permen. Permen bisa merupakan jenis permen karet ataupun permen hisap biasa. Permen akan membantu ibu hamil agar dapat menelan air liurnya. Namun, permen yang dikonsumsi harus diperhatikan kandungan gulanya, yaitu yang rendah.
  4. Pola mengkonsumsi makanan sebagai cara mengurangi produksi air liur adalah dengan tidak makan berlebihan. Makanan dikonsumsi dianjurkan dalam jumlah kecil yaitu secukupnya namun dilakukan sesering mungkin. Salah satu zat makanan yang perlu dhindari adalah zat tepung.
  5. Meminum air mineral setiap hari sebisa mungkin harus terpenuhi dan tidak boleh sampai kekurangan. Air mineral yang memenuhi kebutuhan minimal setiap hari tidak boleh kurang dari 8 gelas.
Ibu hamil diharapkan agar tidak cemas karena kondisi ini merupakan hal yang biasa. Selain itu, berkembangnya kandungan dan bertambah usianya juga akan membuat kondisi ini kembali membaik. Seiring bertambahnya usia kandungan, ibu hamil akan meninggalkan masa-masa mual atau morning sicknessnya. Sehingga, kondisi sering meludah pun akan berkurang karena produksi air liur akan kembali normal. Namun, ketika kondisi ini masih berlanjut walaupun usia kandungan sudah meninggalkan tri semester pertama, juga jangan panik. Beberapa ibu hamil memang ada yang mengalami hal ini sampai di tri semester terakhir usia kehamilannya.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!