Selasa, 04 Juli 2017

Tips Memilih Makanan Masa Nifas

Seperti yang telah kita ketahui bahwa proses persalinan adalah sebuah proses melelahkan dan sangat menguras tenaga si ibu hamil. Maka tidak heran apabila pasca melahirkan seorang ibu harus menjalani istirahat total setidaknya beberapa hari setelah melahirkan bayinya.

Dalam agama Islam masa istirahat seorang wanita setelah melahirkan disebut dengan masa nifas yaitu 40 hari setelah melahirkan. Selama masa nifas tersebut seorang wanita harus menjaga kesehatan tubuh dan menjaga asupan makanan yang bergizi agar proses pemulihan bisa berjalan dengan cepat dan tubuh si ibu bisa kembali sehat dan normal.

Menjaga kesehatan setelah melahirkan juga sangat penting sebab pasca melahirkan si ibu juga tidak bisa bersantai karena sudah ada buah hati kecil yang sudah menunggu untuk diurus. Kondisi hormonal yang belum stabil ditambah dengan kondisi fisik yang belum sehat namun harus mengurus bayi yang membutuhkan perhatian ekstra kadang membuat si ibu hamil mengalami depresi pasca melahirkan.

Depresi terjadi tatkala si ibu hamil tidak menjaga kesehatan tubuhnya sehingga mudah lelah namun dirinya masih harus merawat bayi yang baru saja lahir. Untuk menghindari stress dan depresi pasca melahirkan, asupan makanan pasca melahirkan harus selalu dijaga agar kondisi kesehatan bisa membaik dengan cepat dan anda tidak akan merasa cepat lelah dan capek selama mengurus buah hati anda.

Ada beberapa jenis makanan yang harus dikonsumsi untuk pemulihan pasca melahirkan. Makanan – makanan ini dianjurkan oleh banyak dokter dan ahli kandungan sebab kandungan nutrisinya sangat dibutuhkan untuk pemulihan pasca melahirkan. Beberapa makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu setelah melahirkan adalah:

1. Buah jeruk dan buah – buahan lain yang mengandung Vitamin C akan sangat membantu anda dalam menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah sakit. Wanita yang baru melahirkan akan membutuhkan Vitamin C lebih banyak dibandingkan orang normal.

2. Vitamin C juga bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau selain mengandung Vitamin C yang tinggi juga mengandung berbagai macam mineral, zat besi, antioksidan alami, dan serat yang berguna bagi kesehatan.

3. Untuk memulihkan energy setelah lelah mengurus anak, anda bisa mengkonsumsi sereal gandum. Gandum lebih lama dicerna sehingga andabisa merasa kenyang lebih lama dan memberi energi yang cukup untuk beberapa jam kedepan.

4. Coklat hitam yang mengandung 70% kokoa asli sangat penting untuk menambah mood dan membuat anda bisa bahagia sehingga terhindar dari stress dan depresi.

5. Konsumsi kopi biasanya dilakukan ketika anda harus berjaga di malam hari. Namun sebaiknya batasi konsumsi kafein hanya pada waktu pagi hari saja dan usahakan hanya minum 1 hingga 2 cangkir saja dalam satu hari.

6. Asupan air yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan. Oleh karena itu usahakan untuk mengkonsumsi setidaknya 8 gelas air dalam satu hari atau sekitar 2 liter setiap hari.

7. Penuhi asupan protein dengan mengkonsumsi susu, ikan, kedelai, dan daging. Protein bersifat membangun sehingga bisa membantu proses penyembuhan anda dan memberikan efek tenang pada otak sehingga resiko depresi bisa ditekan.

8. Omega 3 yang terkandung dalam beberapa jenis ikan juga harus anda konsumsi. Selain didapatkan dari ikan laut atau ikan air tawar, konsumsi saja minyak ikan atau minyak biji ami. Omega 3 merupakan lemak baik yang bisa membantu menghindari depresi, serta bisa meningkatkan fungsi pada otak manusia.

9. Susu yang mengandung banyak nutrisi berguna sebaiknya juga tidak ketinggalan untuk dikonsumsi.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!