Selasa, 04 Juli 2017

Cara Cepat Tumbuh Tinggi Pada Pria Usia 15 Tahun

Semua orang pastinya mendambakan bentuk tubuh yang ideal agar terlihat lebih menarik. Tentu saja, tubuh yang ideal adalah tubuh dengan berat dan tinggi yang cukup; tidak berlebih dan tidak juga kurang. Saat seseorang memiliki tinggi badan yang kurang dari rata – rata orang kebanyakan, biasanya kepercayaan dirinya akan berkurang. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengusahakan sebaik mungkin agar bisa tumbuh dengan baik di masa pertumbuhan. Dengan tinggi dan berat badan yang ideal, kamu tentu akan merasa lebih percaya diri nantinya setelah dewasa serta lebih mudah mendapatkan pekerjaan (terutama di bidang yang menuntut kesempurnaan postur tubuh).

Periode Emas Pertumbuhan Manusia  

Setiap manusia pasti mempunyai periode emas pertumbuhan, yaitu masa dimana tubuh berkembang dan tumbuh jauh lebih pesat dibandingkan dengan waktu – waktu lainnya. Meskipun faktor genetik sangat menentukan tinggi atau tidak seeorang pada saat dewasa, pertumbuhan juga dapat dirangsang dengan asupan nutrisi yang seimbang serta olahraga yang cukup dan teratur.

Ada dua periode emas dalam hidup manusia untuk pertumbuhan yang berhubungan dengan tinggi badan. Pertama yaitu pada usia 0 – 24 bulan. Pada awal kehidupan ini, masa emas pertumbuhan manusia tidak hanya berlaku untuk pertumbuhan otak saja, tetapi juga pertumbuhan tinggi badan. Dengan gizi yang baik dan gerak motoriknya yang aktif, seorang anak bisa tumbuh maksimal hingga usia dua tahun. Bahkan ahli gizi menyatakan bahwa pertumbuhan di bawah usia dua tahun akan sangat menentukan tinggi badan si anak saat ia dewasa nanti.

Periode emas pertumbuhan manusia yang ke dua adalah pada masa pubertas. Di usia 15 tahun atau pada saat seorang remaja mengalami pubertas, pertumbuhannya juga akan jauh lebih pesat. Asupan gizi yang baik serta olah raga yang cukup dan tepat merupakan cara cepat tumbuh tinggi pada pria usia 15 tahun. Namun, bukan berarti pertumbuhan akan berhenti di usia setelah pubertas. Seseorang masih bisa terus bertambah tinggi hingga usianya mencapai 20 tahun, tapi tentu saja tidak secepat pada saat periode emas.

Olah Raga yang Tepat untuk Meninggikan Badan       

Agar tubuh menjadi cepat tinggi di usia 15 tahun, olah raga sangat diperlukan untuk menstimulasi hormon pertumbuhan agar bekerja lebih cepat. Ada banyak jenis olah raga yang ada dan sebagian besar olah raga dapat membantu tulang terus tumbuh di usia 15 tahun, seperti bola basket, voli, renang, senam lantai, bulu tangkis, tennis, lompat tali dan sebagainya. Tubuh yang aktif bergerak akan memicu keluarnya hormone pertumbuhan serta membuat postur tubuh menjadi lebih tegap sehingga tulang belakang menjadi lebih lurus. Selain itu, jangan lupa untuk minum air putih untuk mengganti cairan yang keluar selama olah raga karena tubuh yang dehidrasi juga dapat menghambat keluarnya hormone pertumbuhan.

Nutrisi Seimbang Untuk Cepat Tumbuh Tinggi     

Periode emas pertumbuhan akan berlangsung secara optimal apabila didukung oleh pemenuhan nutrisi yang tepat dan seimbang. Di usia 15 tahun atau puncak dari pertumbuhan, tubuh sangat membutuhkan dukungan nutrisi seimbang yang bisa membantu pertumbuhan tubuh agar lebih tinggi dan tidak gemuk. Nutrisi penting untuk pertumbuhan yaitu karbohidrat untuk menghasilkan energi, protein untuk pertumbuhan otot, kalsium sekitar 1300 mg, vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium, berbagai vitamin lainnya, dan juga mineral yang banyak terkandung dalam sayur, buah, kacang – kacangan, dan susu. Hindari makanan cepat saji dan softdrink yang berkalori tinggi tapi kurang bernutrisi.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!