Sabtu, 01 Juli 2017

Tanda-Tanda Gerakan Janin Menjelang Persalinan

Pada umumnya, kelahiran terjadi di antara minggu ke 39 sampai minggu ke 41 kehamilan.Namun, kondisi masing-masing ibu tentunya berbeda sehingga waktu kelahiran pun akan sangat berbeda antara satu ibu dengan ibu lainnya. Kelainan yang terjadi pada ibu hamil atau pada janin adalah faktor yang bisa membuat perbedaan waktu kelahiran.

Tidak sedikit ibu yang harus menjalani persalinan prematur karena terjadinya kelainan tersebut.Karena kemungkinan tersebut, anda sebaiknya berhati-hati dan mengenali tanda-tanda menjelang persalinan, termasuk gerakan janin sehingga jika ada sesuatu, anda bisa mendapatkan penanganan medis dengan segera.

Kematangan janin untuk siap dilahirkan dimulai pada usia kehamilan 36 minggu. Pada usia ini, biasanya ukuran janin sudah cukup dan terbentuknya organ sudah mencapai tingkat sempurna. Bahkan, organ-organ ini sudah siap untuk bekerja, termasuk hati yang sudah menghasilkan kotoran pada usia tersebut. Kehamilan dalam usia ini adalah kehamilan yang sudah mendekati persalinan dan persiapan sebaiknya sudah dimulai.

Dalam mempersiapkan diri menjelang persalinan, janin akan bergerak. Salah satu tujuan pergerakan janin adalah melatih paru-paru sehingga saat bayi dilahirkan, paru-parunya akan siap untuk melakukan pernafasan. Gerakan bayi juga dilakukan untuk mempersiapkan posisi kelahiran normal yang akan dihadapi.

Pada usia kehamilan ke 37 minggu, janin akan bergerak turun ke daerah panggul dengan posisi kepala mulai menghadap jalan lahir sehingga siap untuk kelahiran secara normal. Dalam usia ini pula, lapisan bulu halus mulai rontok dan ditelan oleh janin. Lapisan vernix caseosa yang menjadi pelindung janin dalam rahim juga dimakan oleh janin. Kemudian, janin akan mengalami buang air besar. Kotoran pertama janin ini berwarna kehitaman.

Kontraksi akan mulai dirasakan oleh ibu menjelang minggu ke 38 kehamilan. Semakin meningkat usia kehamilan, janin semakin banyak bergerak dan berkembang. Perkembangan janin yang cukup penting adalah penambahan simpanan lemak pada janin.

Dengan lemak yang lebih banyak, bayi akan lebih mudah mempertahankan suhu tubuh setelah kelahiran. Minggu selanjutnya, gerakan janin akan semakin mendekatkan diri ke jalan lahir. Sebagai persiapan kelahiran, cairan amnion mulai berubah dari warna jernih menjadi lebih keruh.

Di minggu ke 40 menjelang kelahiran, rahim akan semakin menyempit. Saat waktu kelahiran sudah semakin dekat, kelenjar adrenal pada janin akan menghasilkan hormon kortison. Hormon ini diproduksi untuk menyempurnakan paru-paru janin.Dengan begitu, saat bayi lahir, paru-parunya sudah siap menerima udara.

Jika janin adalah laki-laki, testisnya mulai memperlihatkan perubahan dengan posisi yang lebih turun.Namun, janin perempuan berbeda karena organ reproduksinya, yaitu ovarium masih di pinggir panggul dan mulai berubah setelah dilahirkan.

Tanda-tanda persalinan mulai dekat yang dirasakan oleh ibu ada beragam.Nyeri pada selangkangan adalah salah satunya.Hal ini terjadi karena posisi kepala janin yang sudah bergerak mendekati jalan lahir. Pergeseran dan pergerakan janin yang sudah mulai turun akan mengakibatkan sakit pada daerah tulang belakang dan panggul.

Ibu juga akan mulai mengalami kontraksi, tetapi harus diperhatikan ciri-ciri kontraksi asli yang menandakan persalinan semakin dekat yaitu kontraksi yang kuat. Tanda lain yang benar-benar menandakan persalinan sudah dekat adalah air ketuban yang pecah. Setelah membran pecah, kepala bayi akan menekan cervix dan merangsang lepasnya prostaglandin. Kontraksi semakin kuat dan pembukaan sudah dimulai.

Ibu yang sudah memasuki trimester ketiga kehamilan harus benar-benar memperhatikan gerakan janin dan tanda-tanda kelahiran yang sudah dekat.Persiapkan persalinan anda baik-baik untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dan agar persalinan berjalan dengan lancar tanpa hambatan berarti.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!