Rabu, 21 Juni 2017

Penyebab Menghitamnya Bibir Akibat Merokok

Jika Anda perhatikan bibir para perokok, anda akan menyadari bahwa bibir mereka biasanya berwarna lebih pekat atau bahkan berwarna hitam. Jika Anda seorang perokok, Anda dapat melihat bibir anda dalam cermin dan Anda akan melihat bibir Anda lebih hitam daripada warna bibir Anda sebelum merokok. Bibir yang menghitam tentunya tidak sedap untuk dipandang dan saat ini sudah banyak sekali produk yang menjanjikan solusi untuk membuat bibir menjadi merah kembali. Namun, tahukah Anda apa penyebab menghitamnya bibir akibat merokok? Berikut ini adalah sedikit penjabaran tentang hal tersebut.

Penyebab paling utama dari menghitamnya bibir akibat merokok adalah nikotin yang terkandung dalam rokok tersebut. Nikotin merupakan bahan yang dapat merusak kulit dan mengotori bibir sehingga warna alami bibir menghilang. Nikotin juga berpengaruh pada sirkuliasi darah karena saat nikotin menyentuh sistem syaraf sentral, hal tersebut akan menyebabkan tubuh bereaksi dan melepaskan lemak yang tersimpan ke aliran darah dan menempel pada dinding pembuluh, sehingga pembuluh tersebut lama-lama akan mengeras. Semakin lama, pembuluh akan semakin menyempit dan dapat terjadi penyumbatan yang mengganggu aliran darah dan berkurangnya kadar oksigen. Akibatnya, kulit akan mengering dan pucat, termasuk kulit bibir yang mengering dan menghitam. Nikotin juga menyebabkan berkurangnya penyerapan zat besi yang mengganggu proses pembentukan hemoglobin darah yang menyebabkan bibir menjadi menghitam.

Aktivitas merokok juga akan menyebabkan tubuh kekurangan vitamin D karena penyerapan tubuh terhadap vitamin menjadi berkurang. Kekurangan vitamin membuat pertahanan tubuh terhadap sinar ultraviolet dari matahari menjadi lemah. Saat matahari menyinari bibir, sinar ultravioletnya dapat dengan mudah merusak bibir sehingga warnanya menghitam. Kemudian, merokok juga menyebabkan dehidrasi yang membuat kulit menjadi kering. Dehidrasi tingkat lanjut akan membuat bibir menjadi membiru dan lama-lama akan berubah menjadi hitam. Panasnya rokok saat menyentuh bibir juga akan menyebabkan bibir kering dan rusaknya sel-sel bibir. Karena kulit bibir sangat tipis, hal ini menyebabkan kulit bibir sensitif sehingga mudah rusak oleh pengaruh dari luar.

Proses menghitamnya bibir akibat merokok tidak terjadi secara langsung tetapi melalui proses yang bertahap, sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, bagi yang baru saja merokok, mereka tidak akan mendapati perubahan yang berarti pada bibir mereka sehingga banyak yang menganggap remeh hal tersebut. Setelah sekian lama dan bibir yang menghitam mulai terlihat jelas, baru para perokok tersebut menyesal. Oleh karena itu, jika Anda baru mulai merokok sebaiknya Anda melakukan tindakan pencegahan seperti minum banyak air putih untuk mencegah dehidrasi dan menghindari sinar matahari langsung pada bibir Anda. Meminum supplement vitamin, terutama vitamin D juga dapat membantu. Jika bibir Anda sudah terlanjur hitam, dapat dilakukan perawatan alami seperti mengoleskan madu pada bibir.

Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!