Sabtu, 03 Juni 2017

Lancarkan Persalinan Dengan Jalan Kaki Pagi

Saat memasuki trimester akhir kehamilan, banyak ibu yang khawatir pada proses persalinan yang akan dijalaninya, terlebih jika ini merupakan pengalaman yang pertama kalinya. Untuk itu, anda memerlukan informasi yang tepat yang dapat membantu anda dalam mengatasi kecemasan menanti saat persalinan.

Akan lebih baik jika informasi yang anda dapatkan berasal dari suami anda sebagai pendamping yang akan menemani anda saat proses persalinan. Selain mengetahui informasi menjelang persalinan, anda pun juga perlu mencari informasi mengenai cara mempersiapkan persalinan.

Tak hanya bagi calon ibu baru saja, tapi setiap ibu hamil akan mengalami kecemasan dalam menyambut kehadiran sang buah hati lahir ke dunia. Salah satu yang harus anda persiapkan adalah ketenangan. Selain itu, menghindari stress dan mengurangi ketakutan menghadapi persalinan juga sangat diperlukan.

Anda dapat melakukan beberapa kegiatan kecil yang bermanfaat, seperti jalan kaki setiap pagi yang dapat membantu melancarkan proses persalinan. Hampir semua wanita pasti menginginkan persalinan normal, dan jalan kaki adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk membantu anda mendapatkan persalinan normal.

Jalan kaki setiap pagi hari akan memberikan ketenangan dan kesegaran udara pagi bisa bermanfaat untuk kesehatan kehamilan anda. Jalan kaki setiap pagi merupakan gerakan yang sehat, aman sekaligus paling mudah untuk dilakukan oleh ibu hamil.

Berikut ini beberapa manfaat jalan kaki setiap pagi bagi ibu hamil, diantaranya:
  1. Membuat tubuh ibu hamil lebih bugar

    Jalan kaki setiap pagi secara teratur dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan dan mengurangi keluhan yang sering terjadi selama kehamilan. Sebuah penelitian di California menyebutkan, ibu hamil yang memiliki tubuh bugar akan lebih mudah melakukan proses mengejan saat persalinan. Bahkan ibu hamil yang sering mengikuti latihan yoga atau senam hamil akan lebih mungkin menjalani proses persalinan yang lebih cepat daripada ibu hamil yang tidak pernah melakukan olahraga saat hamil.
     
  2. Mengurangi stress fisik dan mental

    Ibu hamil yang melakukan latihan fisik secara teratur dapat memicu hormon endorfin yang akan memberikan efek psikologis yaitu ketenangan mental. Gerakan sehat yang teratur selain dapat melepaskan ketegangan mental, juga dapat membantu anda dalam mengurangi stress fisik, karena jalan kaki setiap pagi tidak membuat tubuh ibu hamil kelelahan berlebihan.
     
  3. Memperkuat otot menjelang persalinan

    Jalan kaki setiap pagi terlebih pada trimester akhir kehamilan dapat membantu anda dalam mempersiapkan persalinan. Otot-otot yang dibutuhkan dalam proses persalinan akan lebih kuat. Menurut sebuah penelitian, gerakan ringan yang dilakukan oleh ibu hamil dapat membantu menguatkan otot, salah satunya otot panggul yang berfungsi untuk memudahkan proses persalinan.
     
  4. Meningkatkan kualitas tidur selama kehamilan

    Salah satu keluhan yang seringkali dialami oleh ibu hamil adalah gangguan sulit tidur malam. Dengan melakukan olahraga jalan kaki setiap pagi, maka akan dapat membantu anda dalam mengurangi masalah sulit tidur.
     
  5. Mengurangi risiko kehamilan bermasalah

    Kegiatan jalan kaki setiap pagi sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko kehamilan bermasalah, seperti risiko preeklamsia dan diabetes.
     
  6. Menjaga kenaikan berat badan yang wajar

    Membiasakan jalan kaki setiap pagi akan dapat membantu anda menjaga kenaikan berat badan yang wajar selama kehamilan. Hal ini dikarenakan jalan kaki merupakan latihan fisik yang tidak membebani persendian dan lutut sehingga dapat menjaga pembuluh jantung ibu, sehingga berat badan anda akan terjaga selama kehamilan.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!