Sabtu, 03 Juni 2017

Program Penurunan Berat Badan Fakultas Olahraga

Program yang dibuat oleh praktisi pendidikan dianggap sebagai program yang dapat memberikan hasil yang maksimal, efek negatif yang minimal, dan dapat dipertanggungjawabkan. Hal tersebut disebabkan karena sebagai praktisi pendidikan, mereka dituntut untuk melakukan penelitian mendalam sebelum membuat suatu program sehingga program tersebut didukung dengan ilmu dan data yang cukup kuat. Oleh karena itu, program penurunan berat badan fakultas olahraga dianggap sebagai program penurunan berat badan yang sesuai bagi para atlet untuk hasil yang maksimal dengan tidak menurunkan performa para atlet tersebut. Salah satu program yang tersebut adalah penurunan berat badan yang dilakukan atlet sebelum mengikuti suatu acara olahraga.

Program penurunan berat badan sebelum mengikuti acara olahraga biasanya sangat dibutuhkan oleh para atlet yang harus memiliki berat badan tertentu untuk dapat berkompetisi dalam suatu kelas berat badan tertentu. Sebagai contoh adalah pada cabang olahraga tinju, gulat, dan seni bela diri. Pada cabang olahraga tersebut, para atlet harus melawan atlet lain yang memiliki berat badan dalam kisaran yang sama, sehingga jika mereka memiliki berat badan lebih dari aturan yang ditetapkan, mereka harus menurunkan berat badan. Tentunya program yang dilakukan haruslah program yang tetap menjaga kesehatan sehingga para atlet tetap dapat berkompetisi dengan kondisi prima.

Program penurunan berat badan ini diawali dengan menentukan berat badan yang harus diturunkan tanpa memberikan efek negatif bagi kesehatan. Batasan maksimal penurunan berat badan yang aman adalah sebanyak satu kilogram dalam waktu satu minggu. Untuk itu, para atlet dapat menghitung berapa banyak waktu yang diperlukan untuk melakukan program penurunan berat badan tersebut. Menandai tanggal kompetisi pada kalender dapat membantu para atlet. Sebelum memulai program, para atlet harus menimbang berat badan dahulu dan menulisnya sebagai titik awal program penurunan berat badan. Menimbang berat badan secara teratur setiap harinya dan menuliskannya di kalender akan sangat membantu untuk membuat para atlet mudah memantau keberhasilan programnya dan juga sebagai motivasi.

Olahraga agresif dan berintensitas tinggi diperlukan untuk dapat mengurangi berat badan dengan cepat begitu pula dengan pola makan.

Latihan cardio selama enam puluh menit setiap harinya dapat memberikan hasil yang optimal termasuk juga menjaga kesehatan jantung. Dalam hal asupan makanan dan minuman, jumlah kalori yang masuk dalam tubuh harus dikurangi namun bukan berarti sama sekali tidak ada asupan kalori karena kalori diperlukan untuk kinerja tubuh. Selain itu, diperlukan asupan nutrisi yang diperlukan untuk mempertahankan performa atlet sesuai dengan cabang olahraga yang digeluti. Karbohidrat kompleks dari sayur-sayuran dan buah-buahan merupakan pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan kalori dan nutrisi tubuh. Selain itu, konsumsi air putih juga dianjurkan untuk menghindari dehidrasi yang dapat menurunkan performa tubuh.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!