Jumat, 23 Juni 2017

Bahayakah Peningkatan Detak Jantung Saat Hamil?

Pada saat seorang wanita mengalami kehamilan yang semakin tua berbagai keluhan bahkan gangguan kesehatan akan terjadi. Tidak sedikit ibu hamil yang mengalami keluhan dengan was – was di usia kehamilan trimester kedua. Terjadinya keluhan ini dikhawatirkan jika akan berpengaruh terhadap kesehatan janin maupun si ibu.

Keluhan yang terjadi pada ibu hamil antara normal dan abnormal di usia kandungan trimester kedua dan ketiga. Sehingga jika terjadi keluhan harus dikenali secara tepat demi kesehatan bayi dan ibunya. Jika terjadi keluhan abnormal itu menandakan bahwa terjadi masalah pada kehamilan tersebut.

Dengan demikian jika terjadi keluhan harus diperiksakan secara medis ke dokter kandungan. Benarkah jika ibu hamil mengalami peningkatan detak jantung diwaktu hamil menjadi salah satu pertanda bahaya bagi kesehatan bayi maupun si ibu?. Peningkatan detak jantung ini sering menjadi pertanyaan oleh beberapa ibu hamil.

Peningkatan detak jantung diwaktu kehamilan ternyata harus diwaspadai, walaupun setiap kondisi setiap ibu hamil itu berbeda. Namun, tidak sedikit juga ibu hamil yang mengalami peningkatan detak jantung disertai dengan gangguan kesehatan lainnya seperti kembung, sakit kepala bahkan sembelit.

Pada kondisi yang normal jantung seorang ibu hamil akan berfungsi dan bekerja lebih berat karena terjadi perubahan selama kehamilan. Jantung yang berdebar – debar artinya terjadi peningkatan detak jantung pada ibu hamil disebabkan oleh bertambahnya jumlah darah sampai 40% serta dipengaruhi oleh meningkatnya jumlah hormon estrogen.

Gangguan kesehatan seperti sembelit, kembung dan sakit kepala itu terjadi karena jumlah hormon estrogen dan progesteron didalam tubuh yang tidak seimbang. Ketika memasuki usia kehamilan trimester akhir jantung akan bekerja lebih cepat dan semakin berat dalam memompa darah untuk diedarkan keseluruh tubuh.

Sehingga hal ini sering dialami ibu hamil yaitu merasakan nafas terengah – engah dan sering merasa kelelahan menjelang proses persalinan. Beberapa ibu hamil memang mengeluh ketika terjadi peningkatan detak jantung diwaktu hamil khususnya setelah makan. Meskipun peningkatan detak jantung dianggap mengkhawatirkan oleh ibu hamil, namun harus mengetahui bahwa peningkatan jumlah darah pada ibu hamil mengalami peningkatan karena memenuhi kebutuhan ibu juga janin.

Dengan demikian dalam mengkompensasi peningkatan jumlah darah ini akan meningkatkan detak jantung dalam mengedarkan jumlah darah sesuai dengan kebutuhan. Meskipun demikian ketika terjadi peningkatan detak jantung harus diperiksakan secara medis.

Peningkatan detak jantung pada ibu hamil juga bisa disebabkan ketika ibu hamil mengonsumsi makanan yang berhubungan dengan peningkatan detak jantung. Salah satu makanan yang menyebabkan meningkatnya detak jantung selama hamil adalah kandungan MSG (monosodium glutamat. Untuk lebih jelasnya ibu hamil harus mengetahui penyebab meningkatnya detak jantung.
  1. Kekurangan Konsumsi Magnesium: Kekurangan asupan magnesium diwaktu hamil memicu terjadinya peningkatan detak jantung. Dengan demikian selama hamil harus memberikan magnesium kedalam tubuh secara cukup.
  2. Kekurangan Zat Besi: Asupan zat besi yang berkurang didalam tubuh menyebabkan anemia sehingga detak jantung semakin meningkat. Selain menyebabkan anemia kekurangan zat besi membuat si ibu lemah dan lesu.
  3. Kelebihan Asupan Kafein: Ketahuilah bahwa jumlah kafein yang berlebih akan mempengaruhi peningkatan detak jantung. Sehingga jika seorang ibu hamil yang memiliki kesukaan untuk megonsumsi kopi sudah seharusnya mengurangi secara perlahan.
Dengan demikian ibu hamil yang mengalami peningkatan detak jantung harus diperiksakan dan perlu pengawasan secara intensif oleh dokter. Selama peningkatan detak jantung yang dialami tidak disertai dengan sesak nafas, atau nyeri dada bahkan pingsan artinya peningkatan itu normal. Jika peningkatan detak jantung disertai dengan beberapa gejala diatas artinya terjadi keluhan abnormal.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!