Selasa, 30 Mei 2017

Cara Diet Sehat Dengan Dana Terbatas

Usaha menurunkan berat badan seringkali membutuhkan usaha yang besar dan juga biaya yang mahal. lihat saja, berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan latihan yang terpantau oleh ahli di pusat-pusat kebugaran. Belum lagi Anda harus membeli suplemen, makanan atau minuman untuk mendukung usaha penurunan berat badan tersebut.

Sah-sah saja melakukan semua itu, namun bila ada cara yang lebih murah, mengapa tidak dilakukan? Anda bisa mensiasati pola makan Anda dengan menu-menu makanan yang bisa Anda dapatkan dengan dana yang relatif murah dan sehat berikut ini agar latihan Anda membuahkan hasil maksimal.
  • Belilah makanan yang kaya serat
Bahan makanan yang kaya akan serat akan membuat perut kita terasa kenyang lebih lama karena proses pencernaannya juga membutuhkan waktu yang lama jika dibandingkan dengan proses pencernaan karbohidrat. Karena hal itulah, harapannya jumlah makanan yang akan kita makan akan menjadi jauh lebih sedikit sehingga jumlah kalori yang masuk tubuh pun menjadi berkurang.

Berkurangnya jumlah makanan akan menghemat dana memasak. Selain itu bahan makanan tinggi serat seperti ketela harganya juga relatif murah. Pilihan makanan berserat lainnya adalah kentang rebus tanpa dikupas kulitnya atau sup yang terbuat dari bahan-bahan seperti kedelai, kacang merah dan tomat. Disamping kaya serat makanan-makanan itu juga tinggi antioksidan yang memiliki mafaat melawan dan menolak kanker.
  • Belilah bahan makanan yang sedang banyak dijual (musimnya)
Makanan berserat tinggi terkandung dalam buah dan sayuran. Ketika hendak membeli buah dan sayuran, cobalah untuk membeli buah dn sayur yang sedang musim yang artinya sedang banyak dijual. Alasannya, biasanya harganya akan jauh lebih murah ketimbang buah atau sayur yang sedang tidak musim.

Dengan mengonsumsi banyak buah dan sayur, tubuh akan jadi lebih sehat karena kedua bahan makanan tersebut kaya kandungan gii lain seperti mineral dan vitamin. Untuk proses diet, konsumsi buah dan sayur secara otomatis akan membuat kita mengurangi konsumsi bahan makanan yang mungkin tinggi karbohidrat dan lemak.
  • Bawa bekal makan siang buatan sendiri
Membawa bekal makan siang akan membuat Anda bisa mengontrol jumlah kalori yang masuk dalam tubuh Anda. Selain itu, makanan juga jauh lebih higienis, lebih sehat dan tentunya jauh lebih murah. Makan di tempat umum, Anda harus menghitung biaya transportasi, pajak dan membayar biaya pelayanan.

Tak perlu membuat menu-menu yang rumit, Anda bisa membawa roti gandum, yogurt dan beberapa potong buah. Bisa juga untuk sumber protein Anda membawa telur rebus atau sepotong dada ayam. Cara ini akan mengurangi konsumsi garam, gula, minyak atau bahan makanan lain yang mengandung kalori tinggi.
  • Minum air putih yang banyak
Rasa kenyang yang sering kita rasakan setelah makan sebenarnya diproduksi sinyalnya oleh otak kita di bagian yang bernama hipotalamus. Menariknya, hipotalamus itu tidak bisa membedakan rasa lapar dengan rasa haus. Jadi salah satu resep terbaik untuk membuat tubuh terasa kenyang adalah dengan banyak-banyak konsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari. Air putih sangat sehat dan dibutuhkan tubuh. Lebih menyenangkan lagi, air putih ini termasuk barang yang nilai ekonomisnya bisa dibilang murah.
  • Kurangi jajan, makanlah di rumah
Seperti pada poin membawa bekal makan siang buatan sendiri, sebisa mungkin makanlah di rumah untuk sarapan ataupun makan malam. Makan makanan di luar sesungguhnya 100 persen lebih mahal jika dibandingakan dengan memasak sendiri. Dan pastinya, makanan rumah buatan sendiri akan jauh lebih bersahabat untuk tubuh dan kesehatan Anda. ANda pun bebas menentukan dan menggunakan bahan-bahan rendah kalori sebagi bahan untuk makanan Anda.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!