Kamis, 13 April 2017

Tips Mengatasi Stres dan Kejenuhan Selama Masa Kehamilan

Setiap ibu hamil pastinya ingin menikmati masa 9 bulan kehamilan dengan senang hati, sehat, dan bahagia. Namun, pada umumnya, ibu hamil tidak hanya mengalami perubahan fisik saja saat hamil, melainkan juga perubahan mood dan mental. Karena kehamilan melibatkan perubahan hormon dalam tubuh, mau tidak mau dan terkadang tanpa sebab yang pasti, ibu hamil akan gampang stres, jenuh, letih dan lesu selama masa kehamilan, dan itu wajar. Apakah Anda mengalaminya? Sebaiknya Anda mengetahui apa saja tips mengatasi stres dan kejenuhan selama masa kehamilan.

Hamil adalah sebuah kebahagiaan dalam hidup setiap wanita tentunya, sehingga kehamilan tidak seharusnya dianggap sebagai beban, meski terkadang Anda mengalami saat-saat sulit selama mengandung si jabang bayi. Semua akan terasa berbeda saat Anda hamil, mulai dari perubahan fisik, mood, pola makan, hingga hal-hal yang disukai dan dibenci pun seakan bertukar posisi. Anda pasti akan merasa sangat jenuh, payah, hingga stres, karena perubahan hormon berpengaruh dalam perubahan emosi dalam diri Anda. Dalam keadaan seperti ini, Anda tidak boleh menyerah begitu saja. Ceriakan hidup Anda dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang menyenangkan.

Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stres dan kejenuhan selama masa kehamilan:

1. Melakukan sesi pemotretan.

Mengambil foto kehamilan Anda benar-benar dapat membantu melewati masa sulit. Siapkan album tersendiri untuk memajang foto-foto perkembangan kehamilan Anda dari awal hingga trimester terakhir. Anda dapat mengambil foto ketika Anda berkumpul dengan pasangan atau teman-teman. Isi waktu luang Anda dengan menulis komentar pada foto-foto yang telah Anda. Dengan kegiatan ini, Anda dapat mengubah kehamilan Anda menjadi momen yang paling berkesan dalam hidup Anda.

2. Shopping.

Belanja adalah pelepas stress dan selalu menjadi aktivitas favorit bagi tiap perempuan, terutama saat hamil. Mood swing atau perubahan mood seketika sering menyertai kehamilan Anda, tetapi dapat dihapuskan dengan berbelanja. Belanja bukan berarti Anda membeli sesuatu, Anda dapat melakukan window shopping dan membekali diri dengan informasi produk fashion terbaru.

3. Cobalah Resep Baru.

Anda dapat mengembangkan hobi baru selama kehamilan, memasak dan mencoba resep baru. Anda harus mencoba resep sehat yang dapat membawa Anda merasa lebih baik tentunya dengan nutrisi sehat bagi bayi Anda.

4. Mengubah penampilan.

Jika Anda merasa tidak percaya diri karena kehamilan fisik Anda, Anda perlu mengubah penampilan Anda. Selalu up-to-date dan pergi ke spa kecantikan atau melakukan beberapa perawatan kecantikan diri adalah cara mengatasi stres dan kejenuhan selama masa kehamilan. Facial atau creambath di rumah adalah pilihan yang baik. Jika perlu, Anda dapat mengubah gaya rambut Anda untuk membantu Anda menjadi lebih percaya diri. Pilih pakaian dengan hati-hati untuk memberikan tampilan percaya diri.

5. Aturlah piknik atau perjalanan kecil.

Dalam trimester kedua, Anda dapat mengatur piknik atau perjalanan kecil ke tempat rekreasi terdekat. Namun, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum bepergian.

6. Baca Buku.

Anda dapat menikmati waktu dengan membaca buku-buku menarik, novel atau artikel. Anda dapat membaca buku-buku tentang perawatan bayi atau diet sehat selama kehamilan.

7. Lakukan Latihan, Yoga atau Meditasi.

Anda dapat melakukan latihan yang aman seperti berjalan. Melakukan latihan akan membuat Anda bugar. Berjalan adalah latihan yang paling aman dan terbaik selama kehamilan. Anda juga harus bergabung dengan kelas yoga atau kelas meditasi. Anda dapat membeli video panduan dan melakukannya di rumah.

9. Istirahat yang cukup.

Saat hamil adalah waktu yang tepat untuk Anda dapat beristirahat dan tidur yang cukup. Setelah melahirkan, Anda tidak akan bisa tidur nyenyak. Oleh karena itu, tidur sebanyak mungkin, namun tidak berlebihan.

10. Siapkan daftar Nama Bayi.

Anda dapat mulai mencari nama-nama bayi yang bagus untuk bayi laki-laki atau bayi perempuan. Cobalah untuk menemukan nama pendek yang menarik dengan makna yang baik. Anda dapat menemukan nama-nama bayi dari internet.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)