Kamis, 13 April 2017

Menurunkan Berat Badan Di Usia 40 Tahun Ke Atas

Usia 40 tahun tentunya merupakan usia yang tidak lagi muda. Ketika seseorang sudah menginjak usia berkepala empat, tanda – tanda penuaan mulai jelas terlihat; kerutan di kulit dan tubuh yang tidak lagi kencang. Perut yang dulu ramping terlihat lebih membuncit dan tak sedikit yang rambutnya mulai ditumbuhi banyak uban. Hal ini karena melambatnya proses pemudaan sel – sel di seluruh bagian tubuh. Oleh karena itu, asupan nutrisi yang seimbang serta olah raga teratur sangat diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh dan membantu sel – sel tubuh tidak lagi bisa beregenerasi dengan optimal.

Menginjak usia ke 40 tahun, kemampuan tubuh manusia terutama wanita untuk membakar kalori dalam tubuh akan semakin menurun. Hal ini karena perubahan emosional dan hormonal di masa – masa mendekati menopause. Alhasil, lemak yang tertimbun tidak mudah terbakar dan semakin menumpuk dalam tubuh. Karena tubuh yang mulai tak lagi muda, untuk olah raga pun terkadang tidak mudah bagi mereka karena energi yang tidak lagi optimal. Untuk itu, beberapa trik untuk mengurangi dan menjaga berat badan ideal sangat diperlukan agar tubuh menjadi lebih sehat.

Mengurangi Jumlah Kalori yang Dikonsumsi dalam Sehari

Di usia berkepala empat, kebanyakan orang sudah merasa tak lagi seenergik dulu. Jika saat muda mereka sangat bersemangat melakukan segala aktifitas pekerjaan, aktif olah raga, dan melakukan aktifitas fisik lainnya, maka energi mereka tak sebesar itu saat menginjak usia ke 40. Artinya akan sulit bagi mereka untuk menurunkan berat badan di usia 40 tahun ke atas. Jika anda merasakan hal yang sama, maka hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah mengurangi jumlah kalori dari makanan yang anda konsumsi setiap hari.

Saat muda, anda mempunyai segudang aktifitas yang membutuhkan banyak energi, maka asupan kalori dapat terbakar seiring dengan berjalannya aktifitas. Ketika kegiatan anda berkurang, artinya tubuh anda tidak memerlukan kalori yang sama sehingga anda harus mengurangi jumlah kalori dari makanan harian.

Mengatur Pola Makan

Diet ketat bukan solusi terbaik untuk menurunkan berat badan di usia 40 tahun ke atas. Yang harus dilakukan adalah dengan mengetahui jumlah energi yang diperlukan agar tubuh tetap energik dan tidak terus menimbun lemak. Agar tubuh tidak mengkonsumsi terlalu banyak kalori, perbanyak makan sayur dan buah segar. Anda bisa mengganti camilan berkalori tinggi dengan buah segar serta makan lebih sering dengan porsi kecil. Dengan begitu, tubuh akan tetap berenergi tapi tidak menimbun lemak. Membiasakan untuk sarapan sehat; berprotein dan berserat tinggi serta rendah lemak, juga dapat membantu mengurangi berat badan dan memperlancar metabolisme.

Istirahat yang Cukup

Ketika tubuh kurang istirahat, berat badan justru tidak akan menurun melainkan sebaliknya. Kurang tidur dapat meningkatkan hormone ghrelin dan menurunkan hormone leptin dalam tubuh. Hal ini akan menyebabkan tubuh terus merasa lapar dan selalu ingin terus makan makanan berkadar gula dan garam yang tinggi sehingga asupan kalori menjadi tidak terkontrol. Jadi, cukup tidur juga solusi terbaik untuk menurunkan berat badan di usia 40 tahun ke atas.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)