Rabu, 12 April 2017

Cara Mudah dan Sehat Mengikis Lemak Perut

Aduh, angka timbangan sudah naik nih. Jika sudah begitu, yang paling mudah dilihat, lemak akan bertambah di sekitar area perut. Menyebalkannya, lemak di perut ini akan sangat kelihatan oleh orang lain jika kita memakai pakaian yang pas dengan badan. Apalagi jika kita dalam posisi duduk. Lemak di perut akan sangat kentara. Hal tersbut tentunya akan mengurangi rasa percaya diri kita.

Berbicara tentang lemak, pada dasarnya tubuh kita akan menyimpan kelebihan lemak dari asupan makanan dengan dua cara. Yang pertama adalah dengan menyimpan kelebihan lemak di bawah kulit kita. Yang paling sering adalah bagian paha, pinggul, bokong dan juga perut. Hal ini kemudian disebut dengan nama lemak subkutan (termasuk lemak di perut).

Lemak jens berikutnya atau yang kedua adalah lemak yang biasa disebut dengan lemak visceral. Lemak ini adalah lemak yang sangat berbahaya karena berada di sekitar organ-organ vita seperti saluran cerna, paru, jantung dan liver. lemak vicera ini terbentuk ketika seseorang berat badannya mulai bertambah. Saat lemak dalam tubuh berlebih, tubuh akan ‘mencari’ lokasi untuk tempat menyimpan lemak. Biasanya, tubuh akan memilih sekitar organ vital entah itu paru, jantung ataupun liver.

Lemak visceral yang berbahya ini lebih sering dijumpai pada orang yang suka minum alkohol. Namun seiring dengan meningkatnya penderita obesitas, jumlah orang yang mengalami perlemakan di bagian organ vital seperti liver pun akan semakin mudah dijumpai di kehidupan kita sehari-hari. Masalahnya adalah, saat jaringan lemak di bawah kulit sudah terisi, maka tubuh akan mengarahkan lemak menempati area-area di sekitar organ vital. Jadi, sebaiknya segera usir jaringan lemak di tubuh Anda terutama yang berada di area perut.

Kembali ke topi lemak di perut, banyak orang yang merakan bahwa lemak di bagian perut sangat menjengkelkan. Selain merusak penampilan, lemak perut juga dirasa sulit dihilangkan. Dan lagi, tak hanya orang yang mengalami kelebihan berat badan saja yang punya masalah dengan lemak di perut. Orang yang berat bdannya normal pun juga sering ‘dihantui’ lemak di bagian perut ini.

Salah satu cara untuk tahu apakah kita kelebihan lemak di perut adalah dengan melakukan pengukuran perut. Cobalah mengukur lingkar pinggang Anda. Batas normal lingkar pinggang adalah maksimal 80 untuk seorang perempuan dan 90 cm untuk kaum pria. Jika lebih dari batas tersebut, brarti Anda kelebihan lemak di perut dan butuh tip untuk mengikis lemak tersebut. 

Ada beberapa cara sehat yang bisa Anda coba untuk mengurangi lemak di perut, antara lain:
  • Olahraga rutin
Olahraga rutin yang disarankan adalah melakukan sit up setiap hari. Sit up ini selain menghilangkan lemak perut juga akan membantu melatih otot perut sehingga bentuk perut akan lebih bagus. Olahraga lain yang bisa Anda coba adalah aerobik dengan durasi 30 menit setiap hari atau minimal empat kali dalam seminggu.
Olahraga rutin yang dilakukan secara teratur tak hanya mengikis lemak, menurunkan berat badan dan membentuk bagian perut saja. Olahraga tersebut juga dapat membantu kita memperlambat proses pembentukan atau terjadinya lemak visceral yang sangat berbahaya bagi kesehatan.
  • Atur pola makan
Selain olahraga, syarat wajib untuk menurunkan berat badan dengan sehat adalah dengan pengaturan pola makan atau yang kerap kita sebut dengan diet. Jika berhasil melakukan diet, hasil yang paling pertama bisa dilihat adalah penyusutan lemak di perut. Pilih diet yang aman bagi Anda dan tambahlah konsumsi makanan yang mengandung banyak serat.
  • Kendalikan stres
Hal ini juga sangat penting. Mengapa? Secara psikologis, banyak orang yang tidak bisa mengontrol pola dan nafsu makannya karena tingkat stres yang cukup tinggi.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)