Minggu, 09 April 2017

Bebas Jerawat Berkat Nutrisi Tinggi

Masalah jerawat sepertinya akan menjadi masalah yang tak akan pernah ada habisnya. Pasalnya jerawat ini dialami oleh hampir semua orang dengan jenis masalah yang berbeda-beda. Ya, ada berbagai macam jerawat yang bisa kita alami mulai dari jerawat komedo, nodul, hingga jerawat batu.

Selain karena kondisi kulit yang berbeda-beda, perbedaan jenis jerawat yang kita alami juga disebabkan oleh penyebabnya yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh banyak faktor. Berbagai penyebab tersebut antara lain adalah perubahan hormon, stres, sel-sel kulit mati dan bakteri. Namun, ada juga beberapa pakar dermatologi yang mengklaim bahwa makanan atau apa yang kita makan sangat mempengaruhi munculnya jerawat di kulit.

Meskipun bukti ilmiah makanan apa saja yang bisa memicu timbulnya jerawat belum bisa disajikan dengan jelas, namun beberapa penelitian telah menyatakan bahwa makan bergizi dengan nutrisi yang dibutuhkan kulit dapat membantu tubuh menolak jerawat. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Loginya cukup sederhana. Jerawat yang kita alami timbul akibat penyumbatan pori salah satunya oleh sel-sel kulit yang rusak dan mati yang disebut keratin. Sel tersebut menyumbat pori bersama minyak alami kulit yang diproduksi oleh kelenjar minyak menjadi protein, protein inilah yang menjadi makanan bakteri penyebab jerawat, P. acnes.

Salah satu cara untuk mencegah jerawat muncul adalah dengan memutus atau mengupayakan siklus tersebut terjadi secara berulang. Dan cara untuk melakukan hal tersebut adalah dengan mengonsumsi bahan makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan kulit. Makanan dengan gizi tepat akan memberi sumbangan untuk perawatan kulit sekitar 25 persen. Sisanya kita tetap butuh perawatan kulit, mengendalikan stres, cukup istirahat dan menjaga kulit dari polusi dan matahari.

Disebutkan dalam penelitian tentang hubungan diet dan kesehatan kulit bahwa buah0-buahan dan sayuran adalah bahan makanan yang sangat dibutuhkan kulit, buah dan sayur berguna untuk mengurang komedo dan inflamasi. Berikut ini adalah kandungan dalam buah dan sayur yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit kita.

Vitamin A

Kandungan vitamin A dalam buah dan sayur dibutuhkan untuk mengatur proses regenerasi kulit. Dengan begitu tak ada lagi minyak dan protein yang akan menjadi penyebab pori-pori kulit tersumbat. Sumber makanan vitamin A yang bisa Anda konsumsi antara lain adalah wortel, brokoli, bayam, ikan salmon dan minyak ikan.

Zinc

Beberapa penelitian berhasil melihat fenomena bahwa sebagian besar orang yang berjerawat biasanya memiliki kadar zinc atau seng yang cukup rendah dalam tubuhnya. Zinc ini sebenarnya sangat tidak disukai bakteri penyebab jerawat. selain membuat bakteri tak nyaman, seng juga membantu kulit menyembuhkan iritasi. Kandungan inc dapat ditemukan dalam bahan makanan seperti daging, almond, dan kacang-kacangan lainnya.

Vitamin C dan E

Makanan dengan kandungan vitamin C dan E sangat dibutuhkan kulit untuk memberikan efek sejuk pada kulit. makanan yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi nutrisi ini antara lain adalah jeruk, kiwi pepaya dan tomat untuk kandungan vit. C-nya dan Brokoli, minyak zaitun, brokoli dan sayuran hijau lainnya untuk mendapatkan kandungan vit. E.

Selenium

Selenium adalah antioksidan yang akan melindungi kulit dari serangan radikal bebas. Selain itu selenium juga dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan kulit yang meradang akibat jerawat. bahan makan dengan kandungan selenium adalah beras merah, almond, tuna, telur dan kacang.

Omega 3

Omega 3 merupakan asam lemak yang melindungi kulit dari gangguan inflamasi. Anda dapat mengonsumsi kacang-kacangan dan berbagai macam ikan laut untuk mendapatkan nutrisi omega 3 ini.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)