Senin, 27 Maret 2017

Tips Bersepeda Dengan Aman Saat Hamil

Tips Bersepeda Dengan Aman Saat Hamil
Tips Bersepeda Dengan Aman Saat Hamil
Apakah anda memiliki hobi bersepeda? Ya, bersepeda adalah sebuah aktivitas yang sangat menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama keluarga tercinta. Namun demikian, apakah ibu hamil boleh melakukan kegiatan bersepeda? Beberapa ahli mengatakan, ibu yang tengah hamil masih diperbolehkan untuk bersepeda, asalkan kesehatan ibu dan janin mendukung olahraga ini, serta tidak memiliki risiko tinggi.

Disamping itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar dapat menjaga keselamatan ibu serta janin dalam kandungan.

Dibawah ini beberapa tips aman bagi ibu hamil yang ingin bersepeda:
  1. Lakukan pemanasan dan peregangan terlebih dahulu sebelum bersepeda. Anda dapat melakukan pemanasan dengan menggerakkan kepala, bahu, tangan dan kaki dengan perlahan selama kurang lebih 5 menit.
  2. Periksa kondisi sepeda anda sebelum memulai bersepeda. Pastikan semuanya dalam kondisi aman, sehingga dapat memperkecil risiko terhadap kecelakaan. Pastikan rem sepeda anda berfungsi dengan baik, ban luar sepeda tidak gundul dan ban tidak bocor.
  3. Agar bokong anda tidak sakit selama bersepeda, gunakan sadel sepeda yang berukuran lebar. Sadel sepeda yang lebar juga dapat membuat aliran darah anda tidak tersumbat akibat tekanan tubuh yang berat.
  4. Yang perlu anda perhatikan selama bersepeda adalah minum air putih lebih dari biasanya. Konsumsi air putih yang lebih dari biasanya dapat mempercepat proses mengeluarkan panas dalam tubuh yang diakibatkan oleh meningkatnya kegiatan otot dalam tubuh.

    Apabila panas dalam tubuh tidak segera dikeluarkan, maka dapat menimbulkan gangguan pada tulang belakang, terlebih jika usia kehamilan anda baru memasuki trimester pertama.
     
  5. Sebaiknya kegiatan bersepeda dilakukan pada pagi hari ketika matahari belum terlalu panas. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya dehidrasi yang disebabkan karena kepanasan. Disamping itu, matahari pagi juga sangat baik untuk kesehatan tulang.
     
  6. Setelah kegiatan bersepeda selesai dilakukan, sebaiknya anda menambah porsi makan anda. Olahraga bersepeda dapat menghabiskan sekitar 150-200 kalori. Sementara itu, ibu yang sedang hamil diharuskan untuk terus menambah berat badan, untuk itu anda diharuskan untuk mengganti setiap kalori yang hilang saat anda melakukan kegiatan bersepeda.
Selain tips yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa hal yang harus dihindari oleh ibu hamil yang ingin melakukan kegiatan bersepeda, antara lain:
  1. Usahakan saat bersepeda badan tidak terlalu membungkuk, karena dapat mengakibatkan rasa nyeri pada tulang bagian bawah sehingga tubuh akan kehilangan keseimbangan dikarenakan gravitasi pada tubuh terlalu condong ke depan.
     
  2. Hindari melakukan kegiatan bersepeda pada sore hari, karena pada sore hari tentunya anda telah melakukan beragam aktivitas sehingga kaki anda bisa membengkak akibat terlalu banyak beraktivitas.
     
  3. Sebaiknya anda menghindari jalan menanjak. Hal ini dapat menyebabkan anda cepat merasa lelah, nafas menjadi berat, serta tekanan darah akan naik dengan cepat.
     
  4. Hindari jalan berlubang. Melewati jalan berlubang dapat memicu timbulnya kontraksi serta dapat meningkatkan risiko anda terjatuh.
     
  5. Saat bersepeda hindari mendengarkan musik dengan menggunakan headset, karena hal ini dapat membuat anda menjadi kurang waspada saat bersepeda.
     
  6. Sediakan makanan saat bersepeda, meskipun hanya berupa cemilan.
Jika saat bersepeda anda mengalami keluhan seperti nafas terasa pendek, pusing, dan jantung berdebar, sebaiknya anda segera berhenti bersepeda.

Jika anda sudah berhenti bersepeda selama 30 menit namun masih terjadi kontraksi, sebaiknya segera menemui dokter kandungan untuk dilakukan penanganan.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)