Rabu, 15 Maret 2017

Tahap-Tahap Perkembangan Janin

Tahap-Tahap Perkembangan Janin
Tahap-Tahap Perkembangan Janin
Bagi calon ibu yang sedang mengandung atau mereka yang berencana memiliki momongan. Pengetahuan mengenai fase- fase perkembangan janin sangatlah penting. Pengetahuan mengenai fase – fase kehamilan ini akan sangat membantu anda dalam menjalani kehamilan serta bisa membantu mengatasi berbagai keluhan yang sering dialami oleh wanita ketika sedang mengandung. 

Fase pertama dalam kehamilan adalah ketika sel telur wanita berhasil dibuahi oleh sel sperma pria. Sel telur yang telah dibuahi akan membesar dan membentuk bola kecil sebesar satu butir beras. Pada fase awal ini sistem syaraf serta sistem organ penting seperti jantung sudah mulai terbentuk. Pada fase ini biasanya perubahan fisik ibu hamil tidak terlalu terlihat dan belum begitu mengganggu.

Fase selanjutnya adalah masa kehamilan bulan kedua. Lebih lengkapnya Anda bisa lihat di artikel sebelumnya berjudul perkembangan janin usia 2 bulan. Pada fase ini sel telur yang telah dibuahi mulai terbentuk organ – organ dalam, otak, serta kaki dan tangan. Hingga masa kehamilan 10 minggu, struktur tubuh janin mulai terbentuk serta jantung mulai berfungsi. Masa fase ini sebaiknya anda sudah mulai mempersiapkan diri dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang gizinya serta sarat akan nutrisi berguna bagi janin. Zat – zat yang akan sangat diperlukan pada perkembangan janin fase kedua ini adalah zat besi, vitamin, mineral, serta protein. Pada fase ini ibu hamil akan mulai merasakan perubahan yang signifikan pada dirinya seperti mulai merasa mudah mual serta nafsu makan yang mulai bertambah.

Fase selanjutnya adalah ketika usia kandungan anda sudah memasuki bulan ke tiga. Anda bisa membaca detailnya di artikel perkembangan janin usia 3 bulan. Pada fase ini janin sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Ukuran janin normal biasanya sudah mencapai ukuran 5 cm dengan berat sekitar 14 gram. Pada fase ini, wajah serta bentuk tubuh janin akan mulai terbentuk. Organ kelamin hingga kuku serta jari – jari pada kaki dan tangan sudah mulai terbentuk sehingga pada pemeriksaan USG oleh dokter kandungan biasanya sudah dapat diprediksi apakan janin yang dikandung oleh ibu hamil tersebut laki – laki atau perempuan.

Pada fase ketiga ini ibu hamil biasanya sudah mulai merasakan perubahan fisik yang kadang mengganggu. Biasanya akan muncul berbagai keluhan seperti lemas, rasa mual yang berlebihan di pagi hari, pusing – pusing, lemas, serta rasa meriang di pagi hari. Keluhan – keluhan tersebut merupakan tanda – tanda normal karena dalam tubuh ibu hamil sedang terjadi perubahan hormonal yang berujung pada perubahan beberapa sistem tubuh. Fase ketiga ini sering disebut sebagai fase triwulan pertama. Fase ini adalah masa dimana pembentukan organ janin serta otak mulai berkembang pesat.

Oleh karena itu, pada usia kehamilan 3 bulan, ibu hamil diwajibkan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seimbang untuk mendukung pertumbuhan janin yang dikandungnya. Makanan yang diperlukan oleh ibu hamil pada fase ketiga ini adalah makanan yang banyak mengandung zat pembangun seperti protein, vitamin, mineral, zat besi, kolin, DHA, AA, Omega 3, Omega 6, dan lain sebagainya. Pada fase ini ibu hamil dianjurkan untuk mendapatkan suntikan imunisasi.

Pada fase perkembangan janin usia 4 bulan, perkembangan si janin akan mulai menanjak cepat. Di fase keempat ini rambut – rambut halus di seluruh tubuh akan mulai terbentuk serta kaki dan tangan akan mulai memanjang. Pada fase selanjutnya atau fase bulan ke lima, janin umumnya akan memiliki panjang sekitar 13 cm. Selaput halus yang melindungi seluruh tubuhnya akan mulai terbentuk serta wajah juga sudah mulai kelihatan bentuknya karena pada fase ini alis, bibir, kelopak mata, serta rambut akan terbentuk dengan cepat.

Pada fase bulan kelima, janin sudah bisa merasakan dan menangkap adanya cahaya. Detailnya bisa Anda baca di artikel perkembangan bayi usia 5 bulan.

Pada usia kehamilan 6 bulan, janin akan semakin tumbuh dengan pesat dan besar. Pada usia kehamilan 6 bulan sistem pencernaan serta sistem imunitas si jabang bayi akan mulai terbentuk. Salah satu tanda – tanda sudah mulai berfungsinya sistem pencernaan adalah si janin sudah mulai bisa mengeluarkan air seni atau urine. Salah satu hal yang paling menarik dari perkembangan janin usia 6 bulan adalah si jabang bayi sudah mulai bisa bergerak serta mengontrol gerakan sehingga pada fase ini anda sudah bisa merasakan gerakan serta tendangan si calon bayi. Gerakan yang dilakukan oleh janin biasanya akan meningkat ketika si ibu sedang beristirahat. Gerakan juga bisa dipicu oleh rangsangan suara.

Memasuki perkembangan janin usia 7 bulan, otak janin akan tumbuh dengan sangat pesat. Si janin pada umumnya sudah memiliki panjangs ekitar 30 hingga 38 mm dengan berat sekitar 1200 hingga 1500 gram. Pada fase ini janin sudah bisa menggerakkan kelopak matanya dan sekitar 96% janin yang berada di kandungan biasanya sudah mengganti posisi mereka dengan posisi kepala di bawah sehingga memudahkan proses kelahiran. Masalah yang sering timbul pada fase ini adalah kelahiran prematur. Bayi yang lahir pada fase bulan ke tujuh membutuhkan perawatan yang intensif dari tim dokter sehingga mampu bertahan hidup. Fase ini juga merupakan masa yang tepat untuk memeriksakan kandungan anda.

Di perkembangan janin usia 8 bulan sudah mulai bisa merasakan rasa asam dan manis, mulai memiliki koordinasi gerakan, serta bisa membuka dan menutup mata dengan sempurna. Pada fase terakhir, atau kehamilan bulan ke Sembilan, bayi dengan fungsi tubuh serta organ lengkap biasanya sudah siap untuk dilahirkan ditandai dengan lapisan lemak yang mulai terbentuk serta berat yang bertambah sekitar 200 gram setiap minggu. Cek kandungan anda secara teratur untuk memprediksi kapan waktu kelahiran bayi sehingga anda bisa mempersiapkannya.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)