Rabu, 15 Maret 2017

Amalan Untuk Wajah Bersih

Amalan Untuk Wajah Bersih
Amalan Untuk Wajah Bersih
Wajah yang nampak sehat, cerah, berseri serta bersih dari jerawat tentunya akan menambah rasa percaya diri. Namun sayangnya mendapatkan wajah yang bersih berseri dan bebas dari jerawat dan noda hitam ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Banyak orang rela mengeluarkan uang jutaan rupiah hanya untuk mendapatkannya, meski demikian tidak jarang pula mereka tidak mendapatkan hasil yang diinginkan. Ada banyak faktor yang mengakibatkan kulit wajah kusam dan berjerawat. Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut maka kita akan dengan mudah mengetahui amalan apa saja yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kesehatan kulit wajah kita.

Penyebab Kulit Kusam dan Berjerawat

Ada banyak sekali faktor yang mengakibatkan kulit kusam, berjerawat dan tidak sehat, yaitu;
  1. Jenis kulit. Jenis kulit berminyak biasanya mudah terserang jerawat karena pori-pori menghasilkan banyak minyak yang mudah menumpuk jika tidak segera dibersihkan. Sedangkan untuk kulit wajah kering, biasanya memang jarang berjerawat, tetapi seringkali terlihat kasar dan kusam karena kulit kurang menadapatkan kelembaban.
  2. Malas membersihkan wajah. Hal ini yang sering menjadi penyebab kulit berjerawat dan kusam. Saat wajah tidak pernah dibersihkan, maka kotoran yang menumpuk bukan hanya yang berasal dari kelenjar minyak saja tetapi sudah bercampur dengan polusi, debu serta kotoran lain. Hal in menyebabkan bakteri masuk dan akan menyebabkan jerawat yang sulit untuk dihilangkan.
  3. Kurang konsumsi buah dan sayur. Menurut penelitian, buah dan sayur sangat penting bagi kesehatan kulit kita karena mengandung beragam nutrisi yang sangat dibutuhkan. Kekurangan nutrisi tersebut berakibat pada kurang terjaganya kelembaban dan sel kulit yang mati tidak dapat diregenerasi dengan baik.
  4. Kurang olahraga. Meski melakukan perawatan mahal, namun jika tubuh kurang olahraga maka sel kulit mati tidak dapat terangkat secara alami. Hal ini menyebabkan penumpukan yang justru akanmerusak kesehatan kulit. Aat berolah raga, kulit mengeluarkan keringat yang membantu terjaganya sirkulasi cairan di bawah kulit.
  5. Mengidap penyakit tertentu. saat seseorang mengidap suatu penyakit, biasanya kulit akan terlihat kusam dan pucat, bahkan pada beberapa kasus terjadi kulit yang berubah warna hingga kebiruan dikarenakan darah sudah terkontaminasi oleh bakteri penyebab penyakit tersebut.
  6. Penggunaan produk kecantikan yang tidak sesuai dengan jenis kulit.

Tips Agar Kulit Wajah Bersih Berseri

Untuk mendapatkan kulit wajah berseri, cerah dan bebas jerawat, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan di rumah, yaitu:
  • Membersihkan wajah secara teratur dengan sabun yang sesuai dengan kulit wajah. Membersihkan wajah akan mengankat kotoran dan minyak sehingga tidak terjadi penumpukan yang akan menyebabkan jerawat dan kusam.
  • Menggunakan masker dari buah-buahan. Bengkoang, jeruk nipis, wortel, mentimun, pepaya dan beberapa jenis buah lain diketahui dapat mengembalikan keremajaan kulit dan membersihkan kulit wajah dari kotoran.
  • Menggunakan masker madu dan putih telur yang juga diketahui ampuh untuk mengatasi berbagai gangguan kulit wajah.
  • Melakukan peeling atau scrub setidaknya 2 kali sebulan agar sel kulit mati erangkay dan kulit semakin halus. Peeling juga diketahui dapat mengembalikan warna alami kulit.
  • Untuk jenis kulit kering, sangat dianjurkan untuk selalu menggunakan pelembab wajah agar kelembaban kulit senantiasa terjaga.
  • Memperbanyak minum air putih sehingga pencernaan lancar dan tidak terjadi penumpukan racun di dalam darah.
  • Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran segar yang mengandung banyak nutrisi untuk kulit.
  • Menggunakan produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)