Rabu, 22 Maret 2017

Persiapan Persalinan

Persiapan Persalinan
Persiapan Persalinan
Apa Saja Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Persalinan?

Sebagai seorang ibu, anda perlu menjaga kesehatan anda dan janin dalam kandungan anda secara seksama selama masa kehamilan. Ada berbagai hal yang perlu anda perhatikan untuk menjaga kesehatan anda dan janin anda selama masa kehamilan seperti makanan yang anda konsumsi, waktu istirahat, serta hal-hal yang sebaiknya tidak anda lakukan selama masa kehamilan. Setelah menjalani masa kehamilan, anda juga perlu mempersiapkan proses persalinan. Persiapan matang sebelum persalinan sangat diperlukan sehingga anda dapat melahirkan dengan selamat. Keselamatan janin pada proses persalinan juga sangat ditentukan oleh persiapan yang anda lakukan sebelum proses persalinan terjadi.

Hal pertama yang perlu anda persiapkan dan perhatikan sebelum proses persalinan adalah tempat melahirkan. Pada umumnya, ibu hamil akan memutuskan untuk menjalani proses persalinan di rumah sakit. Pada saat memilih rumah sakit sebagai tempat melahirkan, salah satu hal penting yang perlu anda pertimbangkan adalah jarak tempuh dari kediaman anda sampai ke rumah sakit tersebut. Mempertimbangkan jarak serta waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke rumah sakit sangat penting untuk diperhatikan sebagai persiapan menjelang proses persalinan. Selain itu, anda juga perlu mempertimbangkan kepadatan lalu lintas menuju rumah sakit, prosedur masuk, biaya persalinan, fasilitas yang disediakan, lokasi ruang bersalin, serta berbagai perlengkapan yang perlu anda bawa ke rumah sakit.

Selain tempat melahirkan, hal lain yang perlu anda perhatikan dari persiapan persalinan adalah kebersihan diri serta aktivitas yang bisa anda lakukan menjelang proses persalinan. Menjaga kebersihan diri anda menjelang proses persalinan sangat dianjurkan. Adapun manfaat menjaga kebersihan tubuh anda sebelum proses persalinan antara lain adalah menurunkan resiko infeksi yang disebabkan oleh kuman yang menyebar pada saat proses persalinan dan memberikan rasa nyaman selama proses persalinan. Selain mandi sebelum proses persalinan, hal lain yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan tubuh sebelum proses persalinan adalah membersihkan bulu kemaluan di sekitar area anus. Adapun aktivitas yang bisa anda lakukan sambil menunggu waktu persalinan antara lain adalah berjalan-jalan serta mengkonsumsi makanan ringan dan minuman. Mengkonsumsi makanan dengan aroma menyengat seperti jengkol atau petai sebaiknya dihindari oleh ibu menjelang proses persalinan.

Bagi ibu, mempersiapkan kondisi fisik dan mental sebelum proses persalinan adalah sangat penting artinya. Hindari perasaan panik dan ketakutan yang berlebihan. Usahakan untuk menyimpan tenaga sebanyak mungkin karena proses persalinan membutuhkan banyak tenaga dari ibu. Proses persalinan akan berjalan lebih lancar apabila ibu bersikap tenang dan tidak gelisah. Untuk mempersiapkan kondisi mental ibu yang akan menjalani proses persalinan, dukungan dari suami sangat diperlukan agar ibu menjadi lebih semangat dan dapat menjalani proses persalinan dengan lebih tenang.

Peralatan yang harus dibawa pada saat persalinan juga merupakan hal penting yang perlu anda perhatikan sebelum terjadinya proses persalinan. Anda bisa meminta bantuan suami anda untuk ikut mempersiapkan perlengkapan yang harus dibawa ke rumah sakit pada saat proses persalinan. Adapun perlengkapan yang diperlukan oleh ibu selama masa persalinan antara lain adalah alas tahan air untuk melapisi tempat duduk di mobil pada perjalanan menuju ke rumah sakit, minyak pijit atau minyak pengurang rasa sakit, perlengkapan mandi, baju ganti, bantal, dan pemutar CD. Sementara itu, perlengkapan yang dibutuhkan oleh suami selama proses persalinan antara lain adalah jam tangan, kartu tanda pengenal dan kartu kunjungan rumah sakit, peralatan mandi, baju ganti, makanan kecil, dan bahan bacaan. Perlengkapan yang dibutuhkan ibu setelah proses persalinan selesai antara lain adalah kosmetik, bra, baju dengan posisi kancing di depan, makanan ringan, serta perlengkapan untuk bayi seperti kain flannel, pakaian bayi, bedak, minyak angin, dan selimut bayi.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)