Jumat, 10 Maret 2017

Kenali Jenis Jerawat Anda

Kenali Jenis Jerawat Anda
Kenali Jenis Jerawat Anda
Masalah jerawat di kulit muka rasanya hampir dialami oleh sebagian besar orang. masalahnya adalah jerawat di wajah kehadirannya bisa disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari hormon, kelebihan minyak, bakteri dan kotoran yang tersumbat di pori-pori kulit, hingga sel kulit mati yang tidak terlepas dengan sempurna.

Karena hal itu, akhirnya muncullah peradangan atau iritasi di area kulit yang bermasalah tersebut. Kebanyakan, jerawat akan muncul pertama kali di saat seseorang memasuki usia pubertas. Di usia itu, hormon dalam tubuh seseorang mulai berubah dan mulai terjadi perubahan fisik, termasuk pada kulit wajah. Biasanya jerawat kemudian akan bertambah banyak atau bertambah parah pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak. Pola makan dan gaya hidup tak sehat, juga akan membuat jerawat sering singgah di wajah dan meninggalkan bekas yang membandel.

Karena faktor penyebabnya berbeda-beda, jenis jerawat yang muncul di setiap orang pun bisa jadi berbeda-beda. Sebuah jurnal dermatologi menyebut ada beberapa jenis jerawat yang bisa muncul di wajah orang. Pembagian jenis jerawat ini sekaligus memberi pencerahan bahwa setiap jenis jerawat memerlukan perlakuan dan proses penyembuhan yang berbeda pula.

Namun, apapun jenis jerawat yang singgah di wajah Anda, para ahli dermatologi dengan tegas menyatakan bahwa jerawat tidak boleh dipencet. Dan perlakuan yang paling dibutuhkan kulit yang berjerawat, apapun jenisnya, adalah konsistensi untuk membersihkan kulit setiap hari setiap pagi dan malam hari. Jika kulit tidak rajin dibersihkan, perawatan atau obat jerawat semahal apapun akan terbuang percuma. Kegiatan membersihkan wajah ini sekaligus akan menjauhkan kulit Anda dari jerawat untuk orang yang tidak berjerawat.

Berikut ini adalah jenis-jenis jerawat yang sering muncul di kulit orang pada umumnya:
  • Komedo
Komedo adalah jenis jerawat yang sering kita temui. Ada 2 jenis komedo yang bisa muncul di wajah yakni komedo putih dan komedo hitam. Komedo putih terjadi karena pori-pro kulit tersumbat oleh bakteri, minyak atau sel kulit mati sehingga memunculkan titik putih pada permukaan kulit. dibandingkan dengan komedo hitam, siklus komedo putih ini biasanya lebih pendek.

Penyebab komedo hitam pada dasarnya hampir sama dengan penyebab munculnya komedo putih, perbedaannya adalah pori-pori kulit hanya sebagian yang tertutup bakteri, minyak atau sel kulit mati. Warna hitam pada komedo bukan karena kotoran, lho. warna hitam itu muncul dari pigmen kulit yang teroksidasi yang disebut melanin.
  • Papula
Jerawat jenis ini seringkali menyerang bagian pipi dan dahi. Biasanya jerawat ini teksturnya lunak, berwarna agak merah dan tanpa mata atau titik di dalamnya. Jerawat jenis ini tidak boleh dipencet karena akan memperparah luka dan bekasnya.
  • Pustula
Pustula adalah salah satu jerawat yang berbentuk kecil dengan warna merah akibat peradangan. Biasanya bagian tengah terdapat mata berwarna putih atau kuning yang berisi cairan nanah. Jerawat ini lebih banyak disebabkan oleh zat kimia yang terpapar di kulit.
  • Nodul
Jika Anda memiliki jerawat yang besar, parah dan terasa nyeri, mungkin jerawat Anda tersebut adalah jerawat jenis ini. Umumnya, jerawat ini sulit disembuhkan dan menetap cukup lama di kulit. jika dipencet, keadaan jerawat biasanya akan makin parah dan makin merusak kulit. sebaiknya, Anda berkonsultasi dengan dokter kulit tersekat untuk mengatasi masalah jerawat ini.
  • Jerawat batu
Jerawat ini gejalanya hampir mirip dengan jerawat jenis nodul. Hanya saja jerawat batu area infeksinya lebih dalam dan lebih parah sehingga menimbulkan nyeri yang lebih ketimbang nodul. Untuk mengatasi masalah jerawat ini, sebaiknya And juga berkonsultasi dengan dokter kulit.

Jadi, jenis jerawat mana yang merusak penampilan Anda dan ‘menghiasi’ kulit wajah Anda? dengan mengenali jenis jerawat Andapun bisa melakukan penanganan dan pengobatan tepat agar jerawat Anda bisa sembuh dan hilang tanpa bekas.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)