Jumat, 10 Maret 2017

Mengatur Menu Diet Untuk Menurunkan Berat Badan

Mengatur Menu Diet Untuk Menurunkan Berat Badan
Mengatur Menu Diet Untuk Menurunkan Berat Badan
Berat badan dan postur tubuh ideal bukanlah impian semata. Anda bisa mendapatkannya kok. Syaratnya cukup mudah, Anda harus rajin belohraga dan mampu mengatur pola makan Anda.

Dengan menjalani olahraga dan pola makan yang seimbang dan sehat, berat badan Anda dijamin akan turun dan tubuh pun akan lebih sehat. Namun, kebanyakan orang merasa kesulitan mengatur pola makannya. Kebanytana panduan atau bantuan ahli akan sulit bagi sesorang untuk mengatur pola makan yang tak hanya sehat tapi juga seimbang dari sisi gizi dan kalorinya.

Berikut adalah panduan untuk berdiet sehat dan seimbang yang bisa Anda terapkan sendiri. Dengan mengikuti panduan ini dan menerapkannya dengan disiplin, nisacaya tubuh sehat dan langsing akan segera Anda miliki.

Belajar menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh setiap hari

Agar diet Anda berjalan lancar, Anda perlu pengetahuan kebutuhan kalori tubuh Anda sendiri. Dengan begitu Anda bisa menyesuaikan jumlah kalori yang masuk disesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Kebutuhan kalori setiap manusia pasti berbeda-beda. Kebutuhan kalori setiap orang sangta bergantung pada berbagai faktor seperti usia, berat badan, tinggi badan, jenis kelamin, dan jenis aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

Semakin banyak dan berat aktivitas yang Anda jalankan, maka kebutuhan kalori harian akan semakin besar. Kebutuhan kalori anak-anak, orang dengan usia produktif dan lansia pun juga akan berbeda. Jadi, Anda harus benar-benar mengetahui kebutuhan kalori harian tubuh Anda sendiri. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gizi atau mencari informasinya di internet.

Aturlah dengan benar komposisi makanan Anda sehari-hari
Jika Anda sudah mengenali dan mengetahui kebutuhan kalori Anda, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengatur sedemikian rupa agar jumlah kalori yang masuk tubuh tidak berlebih. Kalori berlebih dalam tubuh akan ditimbun sebagai lemak. Itulah yang membuat tubuh menjadi gemuk dan berat badan menjadi berlebih.

Aturlah porsi akan Anda. Misalnya, jika kebutuhan kalori Anda dalam sehari sekitar 1500 kkal dengan total tiga kali makan, maka setiap kali makan jumlah kalorinya harus disesuaikan agar total akumulasinya sesuai dengan kebutuhan tersebut. Yang dianjurkan, saat sarapan sebaiknya, kebutuhan kalori terpenuhi sekitar 20 persen. Dengan contoh kebutuhan total 1500 kkal, maka saat sarapan asupan makanan kita sebaiknya sebesar 300 kkal. Pilihan menu sarapan dengan jumlah kalori senilai 300 kkal contohnya adalah roti gandum yang diolah menjadi sandwich isi daging, sosis atau telur dadar (salah satu saja), ditambah dengan setenggah lembar keju dan sayuran segar.

Untuk makan siang, sebaiknya komposisi kebutuhan kalori terpenuhi lagi sekitar 30 persen. Dengan contoh kasus yang masih sama, maka banyaknya kalori saat makan siang adalah sekitar 450 kkal. Untuk memenuhi kebutuhan kalori sebesar itu, Anda bisa memilih menu makan siang gado-gado komplit termasuk lontong dan setengah telur rebus.

Untuk makan malam komposisi kalorinya adalah 20 persen yakni sekitar 300 kkal. Tak ada pantangan saat makan malam termasuk menyantap nasi. Yang wajib diingat adalah jumlah kalori tak boleh melebihi komposisi yang disarankan.

Dari ketiga makan besar tersebut, 70 persen kebutuhan kalori harian sudah terpenuhi. 30 persen sisanya dipenuhi saat snack time tiba dengan berbagai camilan sehat. jumlah kalori camilan tidak boleh lebih dari 450 kkal atau 30 persen dari total kebutuhan kalori. Pembagiannya tergantung snack time yang Anda miliki. Jika ANda punya 3 kali waktu snack time, berarti setiap kali mengemil Anda hanya dapat mengemil makanan yang berkalori sekitar 150 kkal. Contoh camilan sehat dengan jumlah kalori sebesar itu adalah buah segar.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)