Selasa, 14 Maret 2017

Jenis-Jenis Makanan ANTI JERAWAT

Jenis-Jenis Makanan ANTI JERAWAT
Jenis-Jenis Makanan ANTI JERAWAT
Tak dapat dipungkiri bahwa kita semua mendambakan kulit muka yang mulus. Namun kadangkala akan sulit sekali buat kita untuk menghindari munculnya jerawat di wajah. Itu artinya impian wajah yang bersih dan mulus akan sangat susah terwujud.

Jerawatpun akhirnya menjadi musuh bersama yang kita perangi. Banyak orang yang akan panik sekali saat jerawat datang. Kemudian ia akan berusaha menghilangkannya dengan berbagai macam obat anti jerawat atau membawa masalahnya ke dokter kulit untuk diobati. Munculnya jerawat memang sangat mengganggu penampilan dan dapat berimbas pada berkurangnya rasa percaya diri.

Jerawat di wajah banyak sekali jenisnya dan penyebabnya. namun, hal yang paling umum menjadi penyebab jerawat adalah masalah hormon, gaya hidup yang menyebabkan stres, hingga kebersihan kulit. beberapa jenis makanan seperti kacang-kacangan atau makanan berlemak lainnya juga dipercaya dapat memicu timbulnya jerawat. Namun, tak banyak yang tahu bahwa ada beberapa makanan yang justru dapat menjadi obat tolak jerawat dan sekaligus menjadi sahabat kulit dalam menjaga kecantikan dan kemulusannya.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat menjadikan kulit Anda semakin cantik dan mulus serta terbebas dari jerawat:

1. Ikan, daging unggas dan tiram

Bahan-bahan makanan di atas dinilai dapat membantu kulit mempertahankan keindahannya dan menurunkan risiko jerawat karena kandungan zinc di dalamnya. Zinc dipercaya dapat mengendalikan beberapa hormon di dalam tubuh yang dapat memicu jerawat di wajah. Dengan begitu kemunculan jerawat pun dapat ‘direm’. Selain itu, zinc juga membantu tubuh memaksimalkan penyerapan vitamin A. vitamin A ini adalah vitamin yang kaya antioksidan yang sangat sangat dibutuhkan kulit.

2. Salmon, tuna, sarden, dan biji kenari

Salmon adalah ikan yang terkenal kaya akan omega 3. Tak hanya bagus di konsumsi oleh ibu hamil, salmon ini juga bagus dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki masalah dengan jerawat di wajahnya. Omega 3 dalam salmon dapat menekan dan mengurangi peradangan kulit yang dapat memunculkan jerawat. Selain salmon, ikan lain yang kaya omega 3 adalah ikan tuna, dan sarden. Untuk jenis bahan makanan nabati, Anda bisa memilih kacang kenari.

3. Paprika, wortel, kentang, melon

Buah dan sayuran berwarna oranye atau kuning juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit termasuk melindungi kulit dari masalah jerawat berkat kandungan beta karoten di dalamnya. Beta karoten ini juga memiliki sifat membantu penyerapan vitamin A dalam tubuh. Tak hanya itu, beta karoten juga meningkatkan kadar selenium dalam tubuh kita juga. Selenium ini juga merupakan senyawa yang dapat menutrisi kulit dan membuat kulit semakin sehat.

4. Tomat, jeruk, dan kiwi

Buah-buahan di atas sangat kaya vitamin C oleh sebab itulah buah-buahan tersebut dapat mempercantik kulit Anda jika dikonsumsi. Vitamin C memang tidak dapat mencegah jerawat muncul di wajah secara langsung. Namun, vitamin C akan bekerja untuk kulit dengan memperkuat dinding sel dan membantu kulit meregenerasi sel sehingga terhindar dari jaringan parut yang bisa membuat jerawat meninggalkan noda membandel di kulit wajah. Selain kandungan-kandungan tersebut, jeruk juga memiliki kandungan bioflavonoid yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka termasuk penyembuhan dan peradangan jerawat.

5. Telur, almond, dan sayuran berdaun hijau

Vitamin E dalam makanan-makanan diatas juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit yakni antioksidan yang bisa membantu kulit terhindar jaringan parut atau kerusakan sel dan jaringan akibat jerawat.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)