Jumat, 03 Maret 2017

Faktor Resiko Penyebab Kanker Serviks

Faktor Resiko Penyebab Kanker Serviks
Faktor Resiko Penyebab Kanker Serviks
Untuk sejumlah besar orang, biaya yang harus dikeluarkan untuk pengobatan kanker telah sangat besar. Itulah sebabnya pencegahan primer dengan menghindari faktor risiko yang paling mungkin dapat dilakukan.

Di antara jenis kanker, kanker serviks merupakan kanker yang paling umum dan menyebabkan banyak kematian. Jika demikian, apa faktor risiko untuk kanker serviks? Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan kanker serviks. Berikut ini adalah deskripsi dari faktor-faktor risiko untuk kanker serviks.

Faktor dan Reproduksi Seksual


Faktor seksual dan reproduksi untuk kanker serviks termasuk penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus, terutama tipe 16 dan 18, dan Virus Herpes Simpleks (VHS), Human Immunodeficiency Virus (HIV), usia pada saat hubungan seksual pertama (di bawah 18 tahun), usia saat kehamilan pertama (di bawah 20 tahun), jumlah kehamilan (jumlah kehamilan yang tinggi-lebih dari 5-terbukti meningkatkan faktor risiko untuk kanker serviks), berhubungan dengan pria berisiko tinggi.

Etnis Minoritas

Di Amerika Serikat, ras negro, Hispanik, dan wanita Asia memiliki insiden kanker serviks lebih tinggi dibandingkan perempuan dari ras kulit putih. Perbedaan ini mungkin mencerminkan pengaruh dari pembangunan sosial-ekonomi.

Paparan Tembakau (Perokok)

Ada data untuk mendukung merokok sebagai penyebab kanker serviks dan hubungannya dengan kanker sel skuamosa serviks. Mekanisme bisa langsung melalui kegiatan lendir serviks bermutasi (cairan pada permukaan mulut rahim) pada perokok atau melalui efek imunosupresif (mengurangi sistem kekebalan tubuh) yang timbul dari merokok.

Tembakau dalam rokok juga mengandung bahan-bahan karsinogenik (penyebab kanker) baik merokok seperti rokok atau cerutu yang dikunyah. Asap rokok saja menghasilkan polisiklik hidrokarbon aromatik amina heterosiklik yang sangat karsinogenik (menyebabkan kanker) dan mutagenik (menyebabkan mutasi).

Bahan yang berasal dari tembakau yang dihirup terkandung dalam lendir serviks perokok dan perempuan dapat kokarsinogen infeksi virus. Bahan ini juga terbukti menyebabkan kerusakan DNA yang dapat menyebabkan neoplasia serviks serviks epitel.

Rendah Diet Karotenoid dan Defisiensi asam folat

Banyak sayuran dan buah-buahan yang mengandung antioksidan dan bahan-bahan berkhasiat untuk mencegah kanker. Dari beberapa penelitian ternyata defisiensi asam folat, vitamin C, E, beta karoten / retinol berhubungan dengan peningkatan risiko kanker serviks.

Selain faktor-faktor risiko di atas, faktor-faktor lain seperti usia menarche dan menopause terbukti tidak menjadi faktor risiko untuk kanker serviks. Terbukti meningkatkan risiko, kehamilan di usia muda (kurang dari usia 20 tahun), jumlah kehamilan yang tinggi (lebih dari 5), dan manajemen tenaga kerja yang tidak tepat (kurang memperhatikan sterilitas alat dan tempat).
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)