Kamis, 30 Maret 2017

Beredarnya Kosmetik Pemutih Berbahaya

Beredarnya Kosmetik Pemutih Berbahaya
Beredarnya Kosmetik Pemutih Berbahaya
Tampil cantik adalah impian setiap wanita, terlebih jika didukung dengan kulit putih. Wanita Indonesia yang sejatinya berkulit sawo matang atau kuning langsat seakan terobsesi akan keindahan wanita-wanita dari negara-negara Eropa dan Asia Timur yang berkulit putih dan mulus. Oleh karenanya, muncul stigma bahwa kulit putih adalah yang paling sempurna. untuk merealisasikan mimpi tersebut, banyak wanita rela menghabiskan hingga ratusan juta rupiah. Mereka rela mengambil langkah-langkah yang terbilang ekstrim, seperti operasi dan bermacam perawatan. Mimpi itu pula yang dimanfaatkan oleh produsen kosmetik untuk menciptakan krim pemutih. Permintaan akan krim pemutih yang tinggi dimanfaatkan pula oleh oknum ataupun produsen kosmetik yang tidak bertanggung jawab untuk menciptakan krim pemutih yang dapat memberikan hasil secara instan meski berbahaya.

Bahaya Krim Pemutih Berbahaya

Produsen krim pemutih berbahaya bahkan menggunakan zat-zat yang sejatinya dilarang dalam kosmetik, salah satunya adalah merkuri. Senyawa yang biasa digunakan untuk memisahkan emas tersebut sangatlah berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit kanker hingga kematian. 

Menurut ahli kesehatan dan kecantikan, efek samping yang dapat timbul akibat penggunaan krim pemutih berbahaya di antaranya:
  • Iritasi kulit
  • Kerusakan kulit permanent
  • Kerusakan system syaraf
  • Kerusakan otak
  • Gagal ginjal
  • Kanker
Namun, jangan pernah berpikir bahwa krim-krim pemutih berbahaya adalah produk-produk yang gagal lulus uji kualitas dari BPOM karena ternyata banyak ditemukan juga produk pemutih yang berasal dari perusahaan kosmetik ternama mengandung merkuri dan hydroquinone. Produk-produk yang sudah punya nama tersebut sejatinya adalah produk palsu, karena yang asli tentu saja sudah lulus uji. Produk-produk ataupun krim pemutih berbahaya umumnya diimpor dari negara lain, terutama Cina. Produk-produk tersebut merambah pasar Indonesia secara bebas akibat adanya perdagangan bebas.

Para ahli menyarankan konsumen yang ingin membeli krim pemutih agar lebih selektif dalam memilih. Jangan hanya terpaku kepada merek dan harga, namun titik beratkan pertimbangan lebih kepada kualitas.

Ciri-Ciri Krim Pemutih Berbahaya


Berikut ada beberapa ciri krim pemutih berbahaya menurut para ahli, yakni:
  1. Warna krim biasanya mencolok karena seringkali menggunakan pewarna sintetis berbahaya. Maka sebaiknya hindari krim yang berwarna putih mutiara atau kuning mengkilap.
  2. Krim palsu cenderung lengket dan terasa kasar apabila dipakai. Bahkan beberapa produk memiliki kepadatan yang berbeda.
  3. Curigai bila krim pemutih berbau menyengat. Aroma tajam biasanya digunakan untuk menyamarkan bau logam.
  4. Terasa panas saat dipakai. Krim pemutih berbahaya umumnya akan memberi rasa panas, perih dan gatal sesaat setelah dioleskan ke kulit. Hal tersebut menunjukkan adanya bahan yang tidak direkomendasikan untuk kulit. Maka coba dulu di area selain wajah sebelum membeli.
  5. Saat kena matahari, wajah yang telah diolesi krim pemutih akan memerah yang menunjukkan adanya bagian kulit yang telah rusak.
  6. Hasil instan. Curigai bila penjual menjanjikan hasil instan karena mungkin mengandung zat berbahaya yang dilarang.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)