Selasa, 21 Maret 2017

8 Fakta Menarik Tentang JERAWAT

8 Fakta Menarik Tentang JERAWAT
8 Fakta Menarik Tentang JERAWAT
Selain hubungan asmara, hal apa yang bisa membuat seorang perempuan galau setengah mati? Jawabnya mudah: Jerawat. Mungkin kelihatannya sepele dan kecil, namun jerawat punya kekuatan menghancurkan rasa percaya diri seorang perempuan lho.

Buat sebagian besar perempuan, apalagi para remaja, penampilan adalah segala-galanya. Mereka akan melakukan apa saja demi mendapatkan penampilan paling maksimal. lihat saja banyak perempuan yang rela menghabiskan waktu dan uangnya untuk merawat diri di salon-salon kecantikan, berbelanja baju-baju lucu di pusat-pusat perbelanjaan, atau berdandan berjam-jam sebelum pergi makan siang.

Namun semua usaha tampil cantik itu seolah-olah sia-sia begitu ada satu jerawat muncul di wajah. Mimpi tentang tampil sempurna pun sirna sudah. Bahkan, jika bisa rasanya ingin sembunyi dan tak mau bertemu dengan siapapun selama jerawat belum hilang. Rasanya jadi minder dan tak punya percaya diri lagi. Berlebihan? Tidak. Sedahsyat itu memang efek yang bisa ditimbulkan oleh sebuah jerawat.

Itulah mengapa jerawat seringkali dianggap musuh bebuyutan oleh kaum perempuan. Bagaimanapun caranya, bila jerawat datang sebisa mungkin harus segera dienyahkan. Mulai dari ke dokter, membeli obat anti jerawat, hingga melakukan perawatan. Banyak juga yang memilih percaya pada mitos-mitos tentang jerawat dan melakukan penanganan sesuai apa kata mitos tersebut.

Sah-sah saja sebenarnya melakukan usaha berdasarkan mitos. Karena tak semua mitos itu selalu salah. Tapi sebaiknya, Anda lebih realistis dengan mitos-mitos tersebut. Jangan sampai hal itu justru akan memperparah masalah jerawat Anda. Agar hal tersebut tidak terjadi, mari kita bahas 8 mitos soal jerawat dan faktanya.

Mitos: Jerawat muncul karena muka kotor

Fakta: Salah. Jerawat timbul bukan akibat muka kita yang kotor atau jarang dibersihkan. Jerawat muncul akibat penyumbatan pori-pori yang kemudian meradang. Terlalu sering membersihkan muka dengan sabun pencuci muka justru akan memperparah kondisi kulit. sebaiknya cuci muka seperlunya dan gunakan sabun yang formulanya lembut di kulit.

Mitos: Makanan berlemak menjadi salah satu penyebab jerawat

Fakta: Salah. Cokelat, kacang, kentang goreng, susu dan bahan makanan berlemak lainnya sering dituding sebagai salah satu penyebab jerawat. Beberapa ahli dermatologi menyanggah hal tersebut. Mereka mengatakan, hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah dan otentik mengenai makanan berlemak dan kemunculan jerawat.

Mitos: Riasan wajah menyebabkan jerawat

Fakta: Benar. Memang ada beberapa kosmetik yang efeknya memang menyumbat pori-pori dan akhirnya memicu kemunculan jerawat. Namun tidak semua kosmetik seperti itu. Untuk menghindari jerawat karena kosmetik, Anda memang harus mencoba menemukan mana yang paling cocok dengan jenis kulit Anda dan memastikan bahwa kosmetik tersebut aman bila digunakan.

Mitos: obat jerawat dosisi tinggi lebih efektif hilangkan jerawat

Fakta: Salah. Obat jerawat telah dibuat sesuai dengan aturan dosis. Menambah dosis tanpa berkonsultasi ke dokter justru akan memperparah kondisi kulit Anda. Jika memang keadaan jerawat Anda setelah diobati tidak kunjung membaik atau malah memburuk, Anda sebaiknya meminta bantuan dokter untuk menangani masalah tersebut.

Mitos: Aktivitas seksual picu munculnya jerawat

Fakta: Salah. Sampai saat ini belum ditemukan keterkaitan aktivitas seksual dengan produksi kelenjar minyak pada kulit.

Mitos: Dampak jerawat hanya sebatas pada penampilan seseorang

Fakta: Salah. Jerawat bisa memberikan dampak lebih dari itu yakni memberi efek buruk pada psikologi seseorang. Munculnya jerawat bisa mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Mitos: Jerawat akan sembuh bila dipencet

Fakta: Salah. Mitos ini sangat salah dan berbahaya bila dilakukan. Pasalnya memencet justru akan membuat luka jerawat terbuka sehingga lebih mudah terinfeksi oleh bakteri. Keadaan ini justru akan memperparah jerawat dan kondisi kulit Anda.

Mitos: Jerawat hanya dialami oleh kaum remaja saja

Fakta: Salah. Jerawat bisa dialami bahkan oleh orang yang berusia 30 hingga 40 tahun. Beberapa orang malah memiliki masalah jerawat sepanjang hidup.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)