Selasa, 21 Maret 2017

Gejala dan Tanda-Tanda Menderita TBC

Gejala dan Tanda-Tanda Menderita TBC
Gejala dan Tanda-Tanda Menderita TBC
TBC  atau yang sering disebut dengan tuberculosis adalah suatu penyakit menular yang bersifat menahun dan adanya infeksi pada paru yang disebabkan oleh Mycrobacterium Tuberculosis dan dimana Gejala dan tanda-tanda menderita TBC tidak terlihat.

Adapun Gejala dan tanda-tanda menderita TBC diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Pada umumnya, penderita TBC tidak mengalami gejala apapun. Dalam arti tidak terlihat sama sekali. Sekalipun ada maka gejalanya adalah batuk dan demam ringan sekali. Demam dan batuk itu pun hanya berlangsung sebentar.
  2. Menurut beberapa literatur, tanda pertama yang dialami oleh pasien TBC adalah pasien tersebut yang biasanya lincah maka akan terlihat lesu dan tidak bergairah. Gejalan lanjutan dari penderita TBC biasanya berat badan menurun drastis dan tentu saja nafsu makan menurun. Parahnya, jika menyerang paru-par, maka paru-paru tersebut akan berlubang dan pasien akan membatukkan darah.
  3. Batuk yang dialami oleh penderita TBC memang pada awalnya hanya batuk ringan, meski demikian jika pasien tidak memeriksakan dirinya ke dokter, maka batuk tersebut bisa berlanjut sangat berat. Biasanya batuk ini juga diikuti dengan selesma.
  4. Daya tahan tubuh penderita sangat menentukan keadaan penderita sesudah serangan pertama. Biasanya pasien yang memiliki kecukupan gizi yang baik, daya tahan tubuh yang lebih kuat. Karena itulah biasanya pasien yang memiliki kecukupan gizi yang baik, akan dapat sembuh dengan sendirinyawalaupun tidak diobati.Sebaliknya, jika pasien kekurangan gizi, maka kuman TBC akan menyebar sangat cepat ke beberapa bagian tubuh, seperti ginjal,hati dan tulang.
TBC juga dapat ditularkan melalui udara. Para penderita TBC seringkali batuk. Dari batuk inilah, kuman TBC terhirup sampai paru-paru oleh anak-anak yang sehat. Sehingga kuman TBC ini akan masuk melalui paru-paru.

TBC juga dapat ditularkan melalui susu. Cara penyebarannya melalui susu yang tidak steril (biasanya hanya dipanaskan sampai 60 derajat celcius). Susu ini kemudian dikonsumsi oleh orang yang sehat.

Kuman TBC juga bisa masuk melalui kulit terbuka. Kuman TBC yang masuk akan masuk menjadi sel infeksi,pada perjalanan selanjutnya, pada saat tubuh lemah, kuman akan menginfeksi kekebalan tubuh manusia.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)