Jumat, 24 Maret 2017

10 Penyebab Umum Perempuan Sulit Hamil

10 Penyebab Umum Perempuan Sulit Hamil
10 Penyebab Umum Perempuan Sulit Hamil
Memiliki keturunan adalah dambaan setiap pasangan. Namun tidak semua pasangan bisa dengan mudah mendapatkan anak. Kesulitan dalam mendapatkan momongan ini memiliki kaitan erat dengan kesuburan suami atau istri.

Pada dasarnya kesuburan seseorang bisa ditentukan oleh faktor genetic hingga faktor kebiasaan dan gaya hidup yang tidak sehat sehingga mempengaruhi organ – organ reproduksi.

Bahkan sebuah penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa masalah kesuburan pada pasangan modern tidak selamanya soal genetic namun sekitar 10 hingga 15% faktor pola hidup yang tidak sehat ikut ambil bagian.

Pada wanita sendiri ketidaksuburan biasanya dipengaruhi oleh masalah ovulasi. Berikut ini adalah beberapa penyebab utama kenapa seorang wanita sulit sekali hamil:
  1. Semakin tua usia seorang wanita, maka dia akan semakin sulit untuk mendapatkan keturunan. Wanita yang berusia diatas 40 tahun jumlah sel telur yang dihasilkan akan lebih rendah dan jika bisa hamil, resiko keguguran juga akan lebih tinggi.
  2. Pola hidup yang tidak sehat mempengaruhi kesuburan wanita. Wanita yang memiliki kebiasaan merokok, konsumsi obat – obatan tertentu, dan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi cenderung lebih sulit untuk mendapatkan keturunan.
  3. Wanita yang sedang mengidap kanker dan menjalani serangkaian proses pengobatan untuk menyembuhkannya memiliki kecenderungan tidak subur. Pengobatan kanker seperti kemoterapi akan mempengaruhi organ reproduksi wanita atau pria dan menjadikannya tidak subur seperti semula.
  4. Wanita yang memiliki masalah tiroid biasanya juga akan mengalami masalah pada kesuburannya.
  5. Beberapa operasi di masa lalu yang pernah dilakukan terutama operasi usus buntu dan operasi panggul dapat meningkatkan resiko ketidaksuburan. Operasi – operasi tersebut akan mengganggu kelancaran tuba sehingga perjalanan sel telur menjadi terhambat dan akibatnya wanita akan menjadi sulit hamil.
  6. Ovarium yang mengalami kerusakan juga bisa mengakibatkan wanita menjadi sulit hamil. Ovarium bisa rusak dikarenakan operasi pembedahan yang dilakukan di masa lampau sebagai akibat dari munculnya kista. Operasi pembedahan untuk membuang kista pada ovarium ini dapat menggangu proses ovulasi yang membuat wanita menjadi sulit untuk bisa mendapatkan keturunan.
  7. Masalah kesehatan lain yang dapat mengganggu wanita untuk bisa memperoleh keturunan adalah endometriosis. Endometriosis adalah gangguan kesehatan pada rahim dimana terdapat jaringan rahim yang tumbuh dan berkembang diluar rahim itu sendiri. Gangguan kesehatan ini akan mempengaruhi kinerja organ reproduksi wanita dan mengganggu saluran telur, indung telur, rahim, dan bahkan dapat menggangu fungsi sperma yang masuk.
  8. Gangguan produksi hormon androgen yang tidak normal atau yang disebut juga dengan Sindrom Ovarium Polikstik (PCOS) dapat menyebabkan gangguan kesuburan pada wanita. Masalah kesehatan ini akan mengganggu proses ovulasi dan mengganggu siklus menstruasi tiap bulan sehingga menyebabkan wanita menjadi kurang subur.
  9. Kerusakan pada saluran telur atau yang disebut juga dengan tuba dapat menyebabkan seorang wanita menjadi kesulitan mendapatkan keturunan. Gangguan pada tuba ini bisa disebabkan oleh beberapa hal dan diantaranya adalah karena penyakit radang punggung, masalah kesehatan pasca operasi ektopik, atau dikarenakan penyakit seksual klamidia yang menular.
  10. Radiasi dan masalah pada gen dapat memicu menopause dini pada wanita. seperti yang telah kita ketahui, masa menopause ini terjadi pada wanita di usia sekitar 50 tahun. Pada masa menopause ini kondisi organ reproduksi wanita sudah berhenti berfungsi dan berhenti memproduksi sel telur. Berhentinya produksi sel telur pada usia yang masih muda ini akan menyebabkan seorang wanita menjadi sulit untuk mendapatkan keturunan.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)