Minggu, 24 September 2017

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil yang Menderita Asma

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil yang Menderita Asma
Menjaga Kesehatan Ibu Hamil yang Menderita Asma
Bagi ibu yang menderita asma harus memperhatikan kondisi kesehatannya. Asma yang terjadi selama kehamilan bisa menimbulkan resiko kesehatan untuk bayi maupun si ibu. Seorang ibu hamil hamil yang menderita asma harus mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatannya dan kesehatan bayinya.

Salah satu hal yang harus diketahui adalah untuk meminimalisir kemungkinan asma kambuh dimasa kehamilan. Dalam mengatasi asma ketika kambuh ibu hamil harus memilih obat yang aman terutama tidak berbahaya untuk kesehatan bayi didalam kandungannya.

Asma merupakan gangguan kesehatan dimana seseorang mengalami kesulitan dalam bernafas karena terjadi gangguan pada paru – paru. Ketika seorang ibu hamil mengalami asma akan berdampak buruk terhadap kesehatan bayi didalam kandungannya.

Beberapa gangguan asam yang kemungkinan terjadi kemudian tidak mendapatkan perlakuan secara tepat dan serius akan terjadi gangguan berikut ini, oksigen untuk bayi , pendarahan melalui vagina, morning sickness, tekanan darah tinggi kesulitan dalam proses persalinan, menghambat perkembangan bayi didalam kandungan, bahkan bisa mengalami kelahiran prematur yang nantinya juga mempengaruhi berat badan sang bayi setelah lahir.

Apabila seorang ibu hamil melakukan pengobatan secara efektif selama kehamilan kemungkinan besar mampu mengurangi resiko komplikasi gangguan kesehatan akibat penyakit asma yang diderita sang ibu. Dalam melakukan pengobatan ibu hamil selalu mengonsumsi obat – obatan.

Dengan demikian pilihlah obat yang aman sehingga tidak mempengaruhi kesehatan pada masa pertumbuhan bayi didalam kandungan. Karena obat – obatan yang tidak aman sangat dikhawatirkan. Kekhawatiran itu disebabkan adanya glukokortikoid sistimik didalam obat akan berdampak buruk terhadap bayi.

Perlu diketahui jika glukokortikoid sistimik ini menyebabkan masalah kesehatan pada bayi yaitu kelenjar adrenal bayi tidak mampu menghasilkan hormon tertentu secara cukup setelah lahir. Sehingga sangat dianjurkan untuk ibu hamil yang menderita asma supaya mengonsumsi obat secara aman sesuai dengan resep dokter.

Penanganan penyakit asma secara tepat sangat dibutuhkan karena untuk mengurangi resiko janin yang didalam kandungan kekurangan pasokan oksigen. Bagi ibu hamil yang menderita asma harus menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat meliputi pola makan dan penerapan lingkungan bersih. Hindari asap rokok serta polusi yang nantinya bisa membuat asma kambuh.

Selain itu tidak perlu melakukan suatu pekerjaan yang berat sehingga menguras tenaga dan akhirnya asma bisa kambuh. Kemudian hindari juga konsumsi makanan dalam bentuk instant karena juga bisa menyebabkan asma kambuh.

Menerapkan pola hidup sehat sangat disarankan untuk ibu hamil yang menderita asma. Beberapa pola hidup sehat yang bisa diterapkan adalah sebagai berikut:

1. Hindari Asap Rokok

Asap rokok memang menjadi faktor utama untuk dalam menyebabkan gangguan asma selama hamil. Selain asap rokok hindari juga paparan debu, serbuk sari, dan bulu binatang.

2. Konsultasi Ke Dokter Spesialis.

Dengan melakukan kunjungan ke dokter spesialis asma yang diderita oleh ibu hamil akan ditangani secara tepat ketika kambuh sewaktu – waktu.

3. Konsumsi Obat Aman.

Mengonsumsi obat secara aman sesuai dengan anjuran dokter baik aturan maupun jenis obatnya. Hal ini untuk menghindari terjadinya gangguan kesehatan pada janin yang sedang berkembang didalam kandungan.

4. Konsumsi Buah Apel.

Membiasakan untuk mengonsumsi buah apel mampu meringankan penyakit asma diwaktu hamil. Kandungan flavonoid didalam buah apel mampu menjaga kesehatan paru–paru sehingga mencegah terjadinya kambuh lagi.

Dengan menerapkan pola hidup yang sehat diwaktu hamil mampu membantu penderita asma pada proses persalinannya. Selain itu dengan pola hidup sehat tersebut gangguan pada janin tidak mudah terjadi sehingga bayi bisa lahir dengan normal.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!