Selasa, 26 September 2017

Mengapa Ukuran Perut Ibu Kecil Meski Usia Kandungan Sudah Tua?

Sesuatu yang tidak terlihat normal saat mengandung tentunya membawa kekhawatiran jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada janin. Begitu pula dengan ukuran perut yang terlihat kecil saat usia kandungan sudah tua bahkan sudah memasuki trimester ketiga. Memang pada dasarnya ibu hamil memiliki ukuran perut yang berbeda-beda walaupun usia kehamilan ibu sama.

Tetapi, kandungan yang secara kasat mata terlihat lebih kecil dibandingkan kehamilan normal pada trimester ketiga memang sesuatu yang harus mendapatkan perhatian lebih. Kondisi seperti ini biasa disebut dengan “small for dates”.

Beberapa kasus memang tidak menghawatirkan, terlebih lagi pada ibu yang mengandung diluar usia ideal mengandung yaitu ibu terlalu muda atau terlalu tua. Kehamilan pada usia tersebut memang memiliki resiko tinggi ukuran perut yang kecil. Namun, kondisi kandungan kecil harus mendapat perhatian, terlebih jika gerakan janin melambat. Ditakutkan keadaan ini disebabkan oleh gangguan perkembangan janin.

Agar ibu lebih paham dan dapat berjaga-jaga, berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya keadaan perut kecil pada kehamilan tua dan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk keselamatan:

1. Usia ibu yang tidak ideal untuk mengandung


Saat ibu mengandung pada usia muda dibawah 18 tahun atau pada usia tua diatas 35 tahun, resiko kandungan kecil sangatlah tinggi yaitu dua kali lebih tinggi dari ibu yang mengandung pada usia ideal. Hal ini bisa saja merupakan kondisi normal yang tidak perlu dikhawatirkan, tetapi ibu tetap harus berhati-hati dan melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan jika kandungan terlihat begitu kecil saat memasuki usia kandungan 31 minggu. Ibu harus berhati-hati karena ada kemungkinan terjadi masalah peredaran darah pada kandungan pada ibu.

2. Gangguan plasenta

Saat mengandung, gangguan plasenta bisa terjadi pada ibu.Plasenta yang menjadi penghubung antara ibu dengan janin bisa mengalami masalah yang berkaitan dengan kesehatan ibu.Tekanan darah yang tidak normal dan adanya penyakit pada hati menjadi beberapa contohnya.Gejala yang terjadi adalah ibu merasakan rasa sakit yang begitu hebat sehingga tidak kuat menahannya.

3. Gangguan genetik

Faktor genetik atau keturunan adalah hal yang sangat mempengaruhi perkembangan kandungan dan janin. Perut yang terlihat kecil saat mengandung bisa disebabkan oleh perkembangan janin yang terganggu sampai usia kandungan yang cukup tua. Selain faktor genetik turunan yang tidak bisa diubah, masalah genetik bisa juga terjadi akibat terjadinya infeksi pada tubuh ibu sehingga harus dilakukan pemeriksaan yang lebih lanjut oleh dokter kandungan.

4. Kebiasaan buruk saat mengandung

Gaya hidup ibu yang tidak sehat selama mengandung bisa mengganggu perkembangan kehamilan. Dalam hal ukuran perut yang tetap kecil sampai kehamilan mencapai usia tua, kebiasaan buruk yang menyebabkannya adalah merokok dan minum minuman beralkohol.

Beberapa gangguan kehamilan mungkin tidak bisa dicegah tetapi ada beberapa cara untuk menurunkan resiko kecilnya perut pada usia kandungan tua. Cara tersebut adalah menjaga kehamilan dan melakukan gaya hidup sehat.

Pastikan asupan nutrisi mencukupi, beristirahat yang cukup, dan melakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur.Selanjutnya, hindari makanan dan minuman yang tidak sehat seperti makanan cepat saji, minuman beralkohol, dan minuman bersoda.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!