Jumat, 22 September 2017

Perbedaan Kehamilan Pertama dengan Kehamilan Kedua?

Perbedaan Kehamilan Pertama dengan Kehamilan Kedua?
Perbedaan Kehamilan Pertama dengan Kehamilan Kedua?
Apakah Anda sedang menantikan atau merencanakan kehamilan yang kedua? Setelah memiliki anak pertama, memang banyak wanita yang ingin segera mendapatkan momongan lagi. Alasannya pun beragam. Salah satunya adalah agar jarak antara si kakak dan adik nanti tidak terlalu jauh.

Meskipun terbilang wajar, jarak kehamilan memang harus diatur, minimal 2 tahun. Hal ini untuk menghindari kemungkinan belum siapnya rahim untuk diisi janin baru. Begitupun dengan kesiapan mental si ibu sendiri. Kehamilan pertama yang dijadikan acuan dan membuat seorang ibu berpikir bahwa kehamilan keduanya nanti akan terasa lebih mengasyikkan atau mungkin sebaliknya.

Kehamilan pertama dan kedua bisa dirasakan berbeda oleh seorang ibu hamil. Untuk kehamilan kedua tersebut, tentu terasa lebih mengasyikkan karena ia sudah mendapatkan pengalaman dari kehamilan sebelumnya.

Walaupun begitu, masih ada ibu-ibu yang merasa khawatir seperti tentang kemungkinan berat badan yang semakin meningkat, usia yang semakin bertambah dan juga kondisi-kondisi kesehatan lainnya yang mulai terganggu atau perubahan hormon yang berbeda. 

Berikut adalah beberapa perbedaan yang biasa dirasakan ibu hamil saat mengandung anak kedua:
  1. Fisik terasa lebih cepat mengalami perubahan. Ada banyak faktor yang menentukan kondisi kehamilan kedua dan seterusnya. Salah satunya adalah usia. Itulah mengapa banyak ibu hamil yang mengeluhkan kondisi tubuhnya saat mengandung anak kedua. Selain itu, resiko varises juga semakin tinggi dan kenaikan berat badan menjadi lebih besar. Kemudian, ibu hamil juga lebih sering mengalami sakit pinggang.
  2. Masa kehamilan terasa lebih singkat. Lamanya mengandung anak kedua bisa dirasakan lebih cepat oleh si ibu. Biasanya ini dikarenakan waktu dan perhatiannya yang juga harus dicurahkan kepada anak pertama, sehingga keluhan-keluhan yang muncul di kehamilan kedua tidak terlalu dirasakan.

    Itulah mengapa menjaga jarak kehamilan yang ideal sangat disarankan dengan mengikuti program kehamilan. Selain itu, diperlukan kerjasama yang baik dengan orang-orang di sekitar terutama suami, untuk saling membagi tugas agar ibu juga bisa tetap memperhatikan anak kedua yang mash di dalam kandungan.
     
  3. Aktivitas janin di dalam kandungan juga muncul lebih awal. Biasanya pada kehamilan pertama, janin mulai memberikan reaksi seperti tendangan sejak usia kehamilan memasuki lima bulan. Pada kehamilan kedua, pergerakan tersebut biasanya muncul lebih awal yaitu di usia kandungan empat bulan.

    Penyebabnya berhubungan dengan pengalaman si ibu yang sebelumnya berkaitan dengan perasaan sensitif saat mengalami tendangan.
     
  4. Mental lebih siap menghadapi proses persalinan. Pengalaman adalah guru terbaik. Itulah mengapa menjadikan kehamilan pertama sebagai acuan dapat membantu si ibu mempersiapkan diri untuk persalinan berikutnya.
Pengalaman yang berharga dapat dijadikan pedoman, sedangkan pengalaman yang kurang menyenangkan bisa menjadi peringatan, sehingga ibu hamil bisa melakukan upaya untuk menghindari situasi yang bisa menimbulkan trauma atau masalah lain di kehamilannya yang kedua.

Tidak hanya kehamilan pertama dan kedua saja yang bisa berbeda. Kondisi kehamilan antara satu ibu dengan ibu yang lainnyapun bisa tidak sama. Penyebabnya bisa karena faktor genetik, kesehatan ibu, kesehatan janin atau bahkan gaya hidup. Kehamilan kedua bukan tidak mungkin sama beratnya dengan yang pertama.

Apabila Anda merencanakan untuk mengandung lagi, pastikan untuk lebih memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan terkait dan juga belajar dari pengalaman yang diperoleh dari kehamilan anak pertama. Dengan berbekal pengetahuan dan pengalaman, Anda akan lebih siap baik secara fisik maupun mental.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!