Rabu, 12 Juli 2017

Lingkungan Pemicu Jerawat Timbul

Harus diakui bahwa kesempurnaan penampilan sangatlah berpengaruh terhadap rasa percaya diri seseorang. Jerawat merupakan salah satu pengganggu penampilan yang sangat sering kita temukan meski telah melakukan perawatan wajah secara rutin. Jerawat bisa datang kapan pun. Bahkan dalam beberapa kasus, jerawat bisa menjadi sangat parah, meski telah dilakukan beragam usaha untuk mengobatinya. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab timbulnya jerawat namun yang paling banyak adalah faktor hormonal dan lingkungan. Faktor hormonal berasal dari dalam tubuh sehingga biasanya jerawat akan dengan sendirinya hilang ketika hormone yang menjadi penyebab kembali seimbang.

Sedangkan faktor lingkungan penyebab jerawat bisa beragam. Hal ini tidak lepas dari buruknya kualitas udara, terutama di kota-kota besar. Kebersihan udara terkait erat dengan kebersihan kulit. Tingkat polusi yang tinggi di kota-kota besar membuat jerawat mudah timbul, apalagi mereka yang sering menghabiskan waktu di luar ruangan. Selain itu, paparan sinar matahari langsung juga bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat, bahkan bisa menghitamkan kulit. 

Berikut ada beberapa faktor eksternal yang sering manjadi biang keladi timbulnya jerawat: 
  • Penggunaan kosmetik. Perlu diketahui bahwa kosmetik tidak selalu baik untuk kulit wajah. Penggunaan kosmetik bisa mengganggu sel-sel kulit untuk mendapatkan oksigen yang cukup. Selain itu, kosmetik juag menyumbat pori-pori sehingga di kemudian hari bisa menjadi jerawat.
  • Pencemaran udara. Tingkat pencemaran di kota-kota besar kini sangat mengkhawatirkan. Udara yang kotor akan masuk ke pori-pori dan mengendap jika tidak segera dibersihkan. Endapan tersebut menjadi pangkal jerawat.
  • Kelembaban udara yang tinggi. Udara lembab memaksa kulit wajah untuk terus menerus menghasilkan minyak agar tidak kering. Minyak tersebut kemudian menjadi residu di dalam pori sehingga menjadi bibit jerawat.
  • Paparan sinar matahari secara terus menerus juga dapat menjadi penyebab jerawat.
Untuk mengobati jerawat yang terjadi karena faktor lingkungan atau eksternal, ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan, seperti:
  • Rajin membersihkan wajah dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulit. Seminggu sekali gunakan scrub agar sel-sel kulit yang mati dan tumpukan kotoran serta minyak dapat terangkat.
  • Gunakan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit dan sebisa mungkin tidak mengandung minyak.
  • Selalu lindungi kulit wajah dengan tabir surya saat hendak beraktivitas di luar ruangan agar bisa terhindar dari paparan sinar matahari langsung.
  • Banyak meminum air putih setiap hari. Air putih akan membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kelembaban kulit secara alami.
  • Gunakan masker madu, telur atau jeruk lemon. Ketiganya diketahui memiliki senyawa yang dapat mengangkat sel kulit mati yang menjadi penyebab jerawat. Kemudian lap dengan air hangat.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!