Selasa, 06 Juni 2017

Tips Supaya Mudah Melahirkan

Proses persalinan adalah proses yang banyak ditakuti oleh kaum wanita. Sejatinya adalah proses persalinan itu adalah sebuah hal kodrati yang akan dilalui oleh setiap wanita yang sedang hamil. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh seorang wanita hamil dalam mempersiapkan proses persalinan yang akan dihadapi nanti dengan tenang dan nyaman.

Memperkaya pengetahuan mengenai proses persalinan adalah salah satu cara yang bisa ditempuh oleh para wanita hamil jauh sebelum waktu melahirkan tiba. Mengetahui hal-hal apa saja yang akan dihadapi pada proses persalinan nantinya akan membuat sang ibu jauh lebih siap dan tentu saja lebih nyaman. Selain itu, dengan mencari tahu mengenai proses persalinan itu sendiri akan bisa membantu dalam mengurangi rasa khawatir yang tidak beralasan.

Menunggu saat melahirkan untuk tiba yaitu pada waktu menunggu hingga pembukaan jalan lahir lengkap bisa sangat menyiksa bagi sebagian ibu hamil. Dalam kondisi ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan berendam air hangat. Merendam bagian bawah tubuh saat kontraksi mulai terjadi bisa membantu dalam mengurangi rasa nyeri dan rasa tidak nyaman yang dialami oleh sang ibu. Bila tidak memungkinkan, maka hal ini bisa diganti dengan mengompres bagian perut dan punggung dengan kompres panas.

Mencari posisi paling nyaman selama kontraksi berlangsung. Pada waktu-waktu awal terjadi kontraksi atau pada masa pembukaan awal, sang ibu bisa mencari posisi paling nyaman yang membuat rasa nyeri sedikit berkurang. Posisi ini bisa berbeda untuk setiap orangnya. Berbagai posisi yang bisa dicoba berupa berjalan santai, tidur menyamping, setengah duduk dengan bersandar di bantal atau dengan posisi lainnya. Posisi apapun bebas untuk dilakukan selama posisi tersebut memberi rasa nyaman. Tidak lupa pula agar sang ibu perlu berganti posisi setiap beberapa waktu untuk mencegah kelelahan atau kurang lancarnya peredaran darah.

Pijatan lembut juga bisa diberikan baik oleh sang ibu atau oleh sang ayah. Pada umumnya, menjelang proses persalinan daerah punggung bagian bawah akan terasa nyeri dan pegal-pegal. Sang suami bisa membantu untuk memberikan pijatan lembut pada daerah ini untuk membantu mengurangi rasai pegal tersebut. Sekali lagi perlu ditekankan bahwa pijatan yang diberikan hanyalah berupa pijatan lembut atau bisa juga hanya berupa usapan. Pijatan yang terlalu keras dan tidak tepat justru bisa membahayakan sang janin.

Mengalihkan perhatian pada sesuatu yang disenangi oleh sang ibu. Agar sang ibu merasa lebih nyaman menjelang dan saat proses persalinan, sang ibu bisa membawa sesuatu yang mereka sukai untuk mengalihkan perhatian dari rasa nyeri saat terjadi kontraksi. Hal-hal ini bisa berupa musik, buku favorit atau hal-hal lain yang bisa membantu pikiran sang ibu untuk lebih tenang.

Selama tahap-tahap persalinan berlangsung, sang ibu akan cepat merasa lelah karena harus mengejan. Ada kalanya proses mengejan ini bisa berlangsung lebih dari satu jam dan hal ini akan menguras tenaga sang ibu. Oleh karena itu, ada baiknya disiapkan beberapa hal yang bisa membantu menyegarkan dan mengembalikan tenaga pada sang ibu baik berupa air putih, coklat ataupun kurma yang manis untuk menambah energi.

Dalam menghadapi proses persalinan, berbagai persiapan bisa dilakukan jauh sebelumnya. Pastikan agar sang ibu sudah menyiapkan hal-hal yang akan dibawa selama di rumah sakit sekitar dua minggu sebelum waktu perkiraan kelahiran tiba, sehingga tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan dan agar sang ibu bisa melalui proses kelahiran dengan nyaman.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!