Kamis, 22 Juni 2017

Selamat Tinggal Jerawat!

Wajah bersih dan mulus adalah dambaan setiap orang. apalagi buat kaum perempuan. pasti semua perempuan ingin donk dipuji cantik. namun, kadang harapan itu sulit terwujud karena berbagai macam masalah kulit yang menimpa wajah. Salah satu contoh masalh kulit wajah yang dialami hampir semua perempuan adalah masalah jerawat.

Anda mengalaminya? Tenang, seperti yang sudah dijelaskan tadi, masalah jerawat ini hampir dialami oleh semua orang. jadi Anda tak sendiri. Jadi, jerawat ini adalah salah satu musuh bersama yang perlu ‘dibasmi’. Untuk melakukannya, kadangkala satu cara saja seperti rajin membersihkan muka saja tak cukup. Anda butuh serangkaian perawatan wajah lengkap untuk bisa dengan gembira mengatakan selamat tinggal pada jerawat di wajah yang sangat mengganggu Anda.

Jangan dulu berpikir bahwa menghindari jerawat selalu identik dengan serangkaian perawatan mahal di klinik kecantikan, salon-salon atau bahkan dokter kulit. Perawatan itu adalah perawatan sehari-hari yang sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah. Biayanya pun dijamin tidak akan menyedot dana besar dari kantong Anda. jadi, tak ad lagi alasan untuk tidak melakukan perawatan diri di bawah ini jika Anda ingin wajah Anda terbebas dari si bintik merah yang menyebalkan. Jika sudah demikian, maka Anda pun akan dengan mudah mengatakan, “Selamat tinggal, jerawat!”

1. Kebersihan Muka WAJIB dijaga

Salah satu hal wajib dilakukan jika Anda ingin menghindarkan diri dari jerawat adalah dengan menjaga kebersihan muka. Muka yang kotor memang tidak bisa secara langsung menyebabkan jerawat karena jerawat disebabkan oleh penyumbatan pori. Namun kotoran yang bercampur dengan minyak di wajah yang tidak dibersihkan jelas dapat mempercepat tumbuhnya jerawat. Selain itu, salah satu konsep cantik yang sesungguhnya adalah ketika wajah Anda bersih dari segala jenis kotoran bahkan juga minyak di wajah.

Membersihkan wajah tidak selalu berarti ketika Anda sehabis berkotor-kotor dari luar rumah lho. membersihkan wajah umumnya dilakukan pagi hari dan menjelang tidur malam. Sehabis melakukan kegiatan di luar rumah Anda bisa membersihkan wajah dengan sbun cuci muka. Pilihlah kosmetik pembersih dan sabun cuci muka yang benar-benar aman untuk wajah Anda. selain mengangkat kotoran dan menghilangkan minyak menumpuk di wajah, membersihkan muka juga bisa membantu Anda mengangkat atau melepaskan sel kulit mati. Sel kulit mati yang menumpuk juga bisa menyebabkan penyumbatan pori sehingga mengakibatkan jerawat. Jadi, jangan malas membersihkan muka jika ANda ingin kulit wajah And terbebas dari jerawat.

2. Pelembab

Biasanya, obat jerawat memiliki sifat mengeringkan kulit. jika Anda menggunakan obat jerawat untuk menghilangkan jerawat Anda, sebaiknya Nada menggunakan pelembab juga agar kulit Anda tidak terlampau kering. Jika kulit And berminyak, pelembab tetap di butuhkan tapi kemudian pilihlah pelembab yang bebas minya (oil free) agar kulit tidak tambah berminyak.

3. Gunakan obat jerawat

Bila jerawat sudah muncul, jangan dibiarkan karena makin lama bisa jadi jerawat Anda akan makin parah. Anda harus melakukan pengobatan. Tak harus selalu ke dokter kulit atau klinik kecantikan kok. Anda bisa memilih membeli obat jerawat ya ng dijual di pasaran yang bisa Anda dapatkan di toko obat ataupun toko serba ada. sekarang ini ada banyak sekali obat jerawat dengan berbagai merek. Biasanya obat tersebut memiliki sifat mengeringkan kulit karena umumnya jerawat muncul subur di kulit muka yang cenderung berminyak. Kandungan lainnya adalah obat untuk membunuh bakteri yang menyebabkan peradangan jerawat semakin parah. Pilihlah obat jerawat yang sesuai dengan kulit Anda Karena pada umumnya obat jerawat cocok-cocokkan. Jika terjadi iritasi atau jerawat tidak kunjung sembuh hentikan pemakaian dn sebaiknya Anda melakukan konsultasi ke dokter kulit.

4. Pakai Make up seperlunya

Make up memang bukanlah penyebab jerawat. Namun bisa menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat. Make up yang terlalu tebal atau tidak dibersihkan bisa menyumbat pori sehingga keringat dan minyak kulit tidak bisa keluar. Hal inilah yang kemudian menimbulkan jerawat. Jadi jika memang tidak benar-benar dibutuhkan sebaiknya penggunaan make up ini dibatasi. Yang penting juga, pilihlah make up yang formula lembut dan ringan di kulit Anda. pilih juga yang tidak memiliki kandungan minyak di dalamnya. Jangan hanya termakan bujuk rayu iklan ya.

5. Perhatikan kebersihan dan kosmetik rambut

Selain kebersihan wajah dan kulit bagian lain, salah satu hal yang perlu dijaga kebersihannya juga adalah bagian rambut. Bagian in sangat penting karena keberadaan rambut sangat dekat dengan wajah. Jadi sebaiknya jagalah kebersihan rambut Anda. jangan sampai terlalu berminyak atau kotor karena minyak dan kotoran rambut bisa berpindah ke muka dan menjadi penyebab pori-pori kulit wajah tersumbat.

Perhatikan juga penggunaan kosmetik tu produk perawatan rambut. Pilihlah yang formulanya lembut dan aman serta tidak mengandung minyak. Aplikasikan produk tersebut dengan benar sehingga sebisa mungkin tidak mengenai muka.

6. Hindari menyentuh wajah

Kebiasaan menyentuh wajah bisa jadi tidak disadari. Bahayanya adalah ketika tangan kita tidak dalam keadaan bersih dan penuh kuman bakteri. Kuman dan bakteri yang berpindah dari tangan ke wajah bisa menyebabkan jerawat atau bahkan bisa menyebabkan jerawat yang sudah ada semakin terinfeksi dan parah. Jadi sebaiknya sebisa mungkin hindarkan tangan Anda dari wajah. Satu hal lagi yang perlu diingat, jangan pernah memencet atau mengeluarkan jerawat Anda karena akan menimbulkan luka yang bisa membuat noda bekas jerawat susah dihilangkan.

7. Kurangi paparan matahari langsung

Yang umumnya kita semua tahu adalah bahwa paparan matahari langsung atau sinar ultraviolet dapat membuat kulit kita terbakar. Namun lebih dari itu, ternyata paparan matahari langsung bisa membuat kulit kita yang berjerawat semakin parah akibat peradangan. Jadi, sebaiknya, paparan sinar matahari ke kulit secara langsung juga harus dihindari. Jika harus berkegiatan di bawah sinar matahari, sebaiknya gunakan tabir surya.

8. Perhatikan dan cukupi kebutuhan nutrisi kulit

Memang, belum ada penelitian yang dapat menemukan makanan-makanan pasti penyebab jerawat. Namun, secara logika, makanan berlemak akan membuat minyak di tubuh Anda bertambah, jadi sebaiknya hindari makanan yang terlalu berlemak. Perhatikan juga kebutuhan kulit akan nutrisi seperti vitamin, zinc dan zat-zat lainnya. untuk mendapatkan nutrisi tersebut, Anda bisa memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Sayur dan buah mengandung banyak nutrisi penting yang membuat kulit lebih sehat, bersih, putih dan bercahaya.

9. Hindarilah stres

Salah satu penyebab jerawat adalah faktor stres. Seperti yang kita ketahui, stress merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat karena kemampuannya melepas hormon kortisol yang dapat meningkatkan produksi minyak di tubuh.

10. Berolahragalah secara rutin dan teratur

Olah raga adalah salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Termasuk untuk kulit manusia. Berolahraga dapat melancarkan proses metabolisme tubuh sehingga kulit mendapat cukup nutrisi untuk memperbaiki sel-sel rusak dan mengganti sel-sel kulit mati. Selain itu, olah raga juga bisa menjadi ajang atau sarana rekreasi. Dengan begitu Anda bisa terhindar atau mengurangi stres yang Anda alami.

Mudah bukan menerapkan cara-cara menghindari jerawat di atas? Semoga kedua artikel Good bye Jerawat bisa membantu mengatasi masalah jerawat di kulit Anda. Selamat mencoba dan dapatkan kulit cantik yang bebas dari jerawat.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!