Rabu, 14 Juni 2017

Resiko Kehamilan Pada Wanita dengan Berat Badan Berlebih

Akibat yang buruk sehubungan dengan kegemukan dan obesitas pada Ibu antara lain :
  • Bayi lahir cacat, terutama defek tuba neural
  • Infertilitas
  • Komplikasi kelahiran dan persalinan
  • Komplikasi pada Ibu ( hipertensi, diabetes gestasional, preeklampsia)
  • Melahirkan bayi besar umur kehamilan
Penelitian menemukan bahwa dibandingkan dengan wanita berat badan normal, 50% dari wanita obes dapat mengalami perdarahan post-partum dan dua kali beresiko melahirkan premature. Mereka juga cenderung membutuhkan seksio sesarea emergensi dan induksi persalinan.

Wanita dengan berat badan lebih beresiko tinggi mengalami preeklampsia.  berat pada umur kehamilan lanjut. Gangguan kerja ginjal, peningkatan albumin dalam urine dan edema. Suplai nutrisi melalui plasenta ke bayi terganggu. Asupan oksigen ke janin berkurang. Pada beberapa kasus janin dapat lahir dengan berat badan sangat kecil. Bayi-bayi ini dapat menderita penyakit yang berhubungan dengan defek pada otak : penyakit-penyakit neurologik dan sindrom kejang.

Obesitas dalam kehamilan juga merupakan masalah yang serius bagi kesehatan bayi termasuk abortus berulang, kelahiran prematur,  dan makrosomia (berat badan bayi lebih dari 4000 gram atau 8 pon, 13 ons). Bayi makrosomi beresiko lebih besar terhadap trauma lahir yaitu distosia bahu,, kondisi dimana bahu tersangkut saat proses persalinan.
cara memutihkan selangkangan

Yang perlu diperhatikan pada fetus adalah paparan hiperglikemi saat Ibu menderita diabetes gestasional. Penelitian menyebutkan bahwa bayi dengan Ibu diabetes akan menghadapi resistensi insulin, diabetes dan obesitas selama masa kanak-kanaknya.

Laporan terbaru mengatakan bahwa bayi dari Ibu yang obes kemungkinan besar akan mengalami malformasi kongenital, khususnya defek tuba neural. Sementara resiko defek tuba neural dapat dikurangi dengan konsumsi asam folat pada umur kehamilan muda, tapi studi terbaru menduga efek proteksi ini tidak berguna pada wanita dengan kelebihan berat badan.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!