Minggu, 04 Juni 2017

Kenapa Berat Badan Susah Turun Kembali

Menurunkan berat badan adalah usaha yang lumayan sulit, dan Anda mungkin sudah berhasil menurunkan berat badan sebanyak beberapa kilo. Namun kadang ada hal-hal tertentu yang mengakibatkan timbunan lemak kembali menumpuk seperti pasca melahirkan, pasca hari raya, dan lain sebagainya. Anda mungkin akan berusaha keras untuk menurunkan berat badan Anda kembali, namun menemui kegagalan. Lalu kenapa berat badan susah turun kembali? Berikut ini adalah kebiasaan makan yang harus Anda ubah karena menghalangi Anda untuk menurunkan berat badan:

Selama ini orang-orang hanya beranggapan bahwa makan-makanan berlemak, berkadar gula tinggi, dan berkarbohidrat tinggilah yang menyebabkan timbunan lemak. Namun mereka melupakan bahwa makanan yang asin juga bisa menyumbangkan timbunan lemak di tubuh kita. Makanan yang mengandung garam cenderung menahan proses penurunan berat badan karena kandungan garam dalam tubuh yang terlalu banyak dapat menahan cairan yang sangat berguna bagi proses metabolisme. Metabolisme yang terganggu tentu saja akan membuat Anda sulit menurunkan berat badan.
  • Karena stress berat badan naik secara drastis, Anda menjadi stress dan berusaha sekuat tenaga untuk menurunkannya. Terlalu ngotot atau stress dalam proses penurunan berat badan sangat tidak sehat karena stress membuat tubuh mengeluarkan hormone kortisol yang akan menghambat metabolisme dan meningkatkan nafsu makan. Maka Anda jangan terlalu panik atau depresi ketika berat badan mulai beranjak naik, lakukan olahraga teratur dan diet sehat, serta selingi dengan kegiatan menyenangkan seperti yoga, meditasi, rekreasi, dan lain sebagainya.
     
  • Kebiasaan begadang juga disinyalir akan membuat Anda sulit untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menyebutkan bahwa orang yang hanya tidur 4 jam dalam sehari memiliki peluang untuk terkena obesitas sebanyak 75 persen jika dibandingkan dengan orang yang tidur normal. Ini terjadi karena selama kita begadang, tubuh akan meningkatkan hormone lapar dan menurunkan hormon yang membuat perut kenyang.
     
  • Usahakan untuk menikmati setiap makanan yang Anda makan. Perut membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk member sinyal ke otak bahwa makanan yang Anda makan barusan itu cukup. Maka usahakan untuk menikmati setiap sendok makanan yang Anda kunyah. Jika belum kenyang, tunggu selama 20 menit, maka Anda biasanya akan kehilangan selera makan karena merasa sudah kenyang.
     
  • Diet biasanya akan sia-sia belaka jika Anda masih memelihara kebiasaan buruk minum minuman beralkohol. Alkohol sebenarnya hanya akan memperlambat proses metabolisme dalam tubuh dan menggangu pusat syaraf Anda. Alkohol juga bisa meningkatkan hormone stress yang akan menyebabkan penumpukan lemak di bagian perut.
Mengharapkan hasil diet yang signifikan dalam waktu singkat adalah pikiran salah yang harus dihindari. Pada dasarnya diet adalah proses mengganti pola hidup Anda secara bertahap dengan mengatur pola makan dan olahraga. Maka jangan khawatir atau stress jika dalam waktu yang singkat diet Anda belum membuahkan hasil.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!