Kamis, 15 Juni 2017

Perkembangan Janin Usia 2 Bulan

Setelah membaca artikel kami sebelumnya tentang perkembangan janin usia 1 bulan, maka sekarang kita akan membahas tentang perkembangan janin usia 2 bulan. Usia kehamilan yang telah menginjak 2 bulan merupakan usia kehamilan merupakan saat dimana sang ibu baru menyadari bahwa ia sedang mengandung si janin. Hal ini karena tanda – tanda kehamilan yang tidak begitu jelas untuk dibedakan oleh sang ibu, dan karena kehamilan yang belum terdeteksi pada bulan pertama. Pada minggu ke 4 kehamilan. calon embrio yang baru mulai berkembang di dalam rahim baru saja menemukan tempat yang tepat di dalam rahim dimana ia akan menempel dan berkembang lebih besar. Di masa ini pula biasanya sang ibu mulai menyadari kehamilan karena terlambat datang bulan.

Pada beberapa wanita, proses menempelnya embrio ke dinding rahim dapat menimbulkan sedikit pendarahan atau flek berwarna coklat. Alasan inilah yang kemudian mematahkan dugaan kehamilan karena mereka mengira hal ini adalah tanda awal menstruasi yang biasa mereka alami. Setelah embrio menemukan tempat yang tepat pada dinding rahim, tubuh akan mulai memproduksi hormon hCG yang juga dapat dideteksi lewat air seni dengan menggunakan test pack. Memasuki minggu ke lima dan seterusnya, janin akan terus berkembang di dalam rahim.

Tumbuh Kembang Janin Pada Minggu Pertama Bulan Ke 2 (Minggu ke 5)


Pada saat usia kehamilan memasuki minggu ke 5, calon janin sudah disebut embrio. Ukuran embriosudah menjadi sebesar biji apel dan sudah memiliki jantung yang mulai berdetak. System syaraf dan tanda – tanda tumbuhnya vesikel otak sudah mulai berkembang. Tali pusat dan plasenta pada rahim ibu pun sudah mulai berfungsi sebagai penghantar oksigen dan nutrisi kepada calon janin. Selain itu, bakal tangan embrio juga sudah mulai terlihat dengan terlihatnya benjolan – benjolan pada embrio. Beberapa sel pada bakal tangan tersebut akan mengalami kematian sehingga terbentuklah jari – jari pada calon janin.

Tanda – tanda akan terbentuknya telinga pada calon janin ibu sudah mulai terlihat. Hal ini ditandai dengan terbentuknya duktus endolimfatikus yang nantinya akan menjadi saluran selaput labirin pada bagian telinga dalam yang berfungsi mengalirkan cairan. Proses pembentukan organ – organ bagian dalam tubuh juga mulai terjadi, termasuk hati, ginjal, dan system pencernaan berupa usus besar dan usus buntu. Di usia ke 5 minggu ini, wajah embrio pun sudah mulai terlihat cukup jelas.

Tumbuh Kembang Janin Pada Minggu Kedua Bulan Ke 2 (Minggu ke 6).

Ukuran embrio di dalam rahim ibu sudah mencapai 1/17 inci pada usia 6 minggu ini. Bentuknya hampir sama dengan berudu katak; dengan bagian kepala, badan, tangan dan ekor. Sedangkan anggota tubuh embrio lainnya masih berupa tunas yang terlihat seperti benjolan. Organ – organ dalam tubuh yang baru saja mulai terbentuk pada minggu ke 6 ini adalah hati, paru – paru. pankreas, jantung dan kelenjar tiroid. Calon ruas tulang belakang embrio juga sudah mulai tergambar meski belum jelas. Di bagian wajah, sudah terlihat tanda – tanda akan terbentuknya rongga mulut, dua bakal mata yang letaknya masing jauh satu sama lain, serta sebuah tonjolan yang merupakan tunas hidung.Pada bagian kepala, masing – masing pembuluh nadi yang sudah ada mulai terlihat bekerja sesuai fungsinya.

Tumbuh Kembang Janin Pada Minggu Ketiga Bulan Ke 2 (Minggu ke 7)

Perkembangan embrio di dalam rahim ibu pada minggu ke 7 ini sudah terlihat cukup pesat dengan ukurannya yang mencapai 11 – 17 milimeter. Calon janin ini sudah mulai sering bergerak refleks karena system syaraf dan ototnya yang sudah mulai bekerja sama. Ia juga sudah mulai sering bergerak spontan, namun Ibu belum bisa merasakan gerakan – gerakan ini karena masih kecilnya ukuran embrio. Kelengkapan bagian jantung sudah mulai terlihat dan hampir sempurna. demikian juga dengan otaknya yang akan terbentuk lengkap pada akhir minggu ke 7 ini.

Perkembangan anggota – anggota tubuh embrio juga sudah mulai terlihat jelas. Siku pada kedua bakal tangannya sudah mulai terlihat dengan jari – jari tangan yang sudah memisah. Sedangkan pada bagian kaki, masih terlihat rata dan jari – jemarinya belum memisah. Lebih cepatnya perkembangan tangandalam kandungan merupakan alasan mengapa bayi lebih dulu bisa memfungsikan tangannya daripada memfungsikan kakinya untuk berjalan. Sementara pada bagian wajah, kedua bakal mata sudah terlihat semakin jelas namun belum berkelopak. Bagian – bagian mulut dengan bibir, gigi dan lidah, serta bagian hidung juga sudah mulai terbentuk.

Tumbuh Kembang Janin Pada Minggu Keempat Bulan Ke 2 (Minggu ke 8)

Ukuran embrio sudah mencapai 25-30 milimeter pada minggu ke 8 ini. Bentuk kepalanya sudah lebih bulat dengan bentuk wajah anak – anak yang mulai terlihat. Bagian – bagian tubuh calon janin Ibu juga sudah mulai lengkap dengan tangan, jari – jari, bahu, dan lengan, serta kaki dan paha. Kartilago dan tulang, serta system reproduksi sudah mulai terbentuk. Matanya mulai membentuk pigmen, kelopak dan bulu mata serta bentuk telinga luarnya sudah terlihat sempurna. Ia akan mulai mendengar pada akhir minggu ke 8 ini.

Pada bagian otak, perkembangan juga lebih sempurna dengan terhubungnya jaringan syaraf dengan lobi penciuman. Jantungnya pun sudah mulai sempurna dengan irama detak teratur dan pompaan yang lebih kuat dengan frekwensi 120 kali per menit.Seluruh organ dalam tubuh calon janin Ibu sudah terbentuk. Rongga dada dan perutnya pun sudah mulai memisah. Si jabang bayi sudah mulai aktif bergerak sebanyak 60 kali dalam satu jam. Ibu belum bisa merasakannya tapi akan terlihat melalui USG.

Setelah Ibu menyadari kehamilan ini, segera penuhi gizi harian dan asupan vitamin dan mineral agar janin dapat tumbuh sempurna. Makanlah dengan porsi kecil tapi sering untuk memperlancar pencernaan dan menghindari mual muntah. Minumlah sari buah segar dan tablet penambah darah agar kebutuhan vitamin dan mineral terpenuhi.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!