Jumat, 02 Juni 2017

Mengatasi Suasana Hati (Mood) Pada Masa Kehamilan

Saat orang lain bertanya tentang keadaan, biasanya ibu hamil akan menjelaskan kesehatan janin dalam kandungan tanpa mempedulikan suasan hatinya. Masa kehamilan adalah harapan yang sangat membahagiakan untuk mendapatkan buah hati.

Namun di sisi lain, beberapa kondisi juga sering terjadi karena adanya perubahan hormon selama kehamilan. Ibu hamil dapat mengalami perubahan suasana hati dan emosi yang begitu cepat. Selain itu juga rasa cemas dan mudah tersinggung seringkali menghampiri. Untuk itu, anda perlu tips untuk membantu mengelola suasana hati anda selama kehamilan.

Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi suasana hati pada masa kehamilan:

1. Membuat perencanaan

Salah satu masalah yang akan dialami oleh ibu hamil adalah dalam mempersiapkan kelahiran sang jabang bayi. Suasana hati anda menjadi tidak menentu, cemas, tegang, dan tak tahu harus berbuat apa membuat anda merasa bingung. Perasaan gelisah dalam menunggu persalinan dapat mempengaruhi suasana hati anda. Anda dapat menenangkan saraf dengan membicarakan persiapan persalinan dengan suami dan keluarga, misalnya membicarakan tentang perencanaan keuangan persalinan.

Selain itu, sebisa mungkin sempatkan untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan yang dapat membantu bayi berkembang dengan baik dan sehat, misalnya mengikuti latihan yoga yang dapat menjaga kesehatan anda dan janin dalam kandungan. Mempersiapkan persalinan memang bisa menjadi hal yang sangat merepotkan sekaligus menegangkan, sehingga anda sebaiknya menghindari melakukan pekerjaan yang berat dan menyita waktu.

Dengan demikian anda dapat fokus pada persalinan anda. Selain itu, anda juga harus menghindari stress karena persalinan membutuhkan suasana yang menenangkan.

2. Ambil kontrol dari suatu masalah yang ada

Jika anda sering mengalami kecemasan dan gangguan mood, anda dapat meminta bantuan psikiater yang khusus menangani kesehatan mental untuk mendapatkan perawatan prenatal yang aman untuk anda dan sang bayi.

Jika sebelumnya anda belum pernah mengalami depresi atau masalah yang sama, anda harus mewaspadai gejala dan mencari pengobatan jika anda mengalami gangguan emosi yang cukup kuat yang mengganggu rutinitas anda. Kehamilan dapat membangkitkan emosi yang memerlukan bantuan ahli psikolog untuk mengatasinya dengan baik.

3. Membuat suasana hati tetap bahagia

Stress yang berlebihan akan dapat mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Anda dapat menghindari stress dengan latihan yang sehat selama kehamilan, seperti yoga, meditasi, maupun latihan untuk membantu mengusir stress. Selain itu, anda juga harus mengatur waktu istirahat anda, seperti tambahan jam tidur, latihan pernafasan, atau jalan-jalan untuk membantu anda bersantai.

Anda akan mendapatkan ketenangan selama kehamilan dengan merawat diri sendiri. Anda dapat membuat suasana hati anda menjadi bahagia, misalnya dengan mendengarkan musik tertentu seperti Mozart yang dapat memberikan pengaruh positif pada janin. Anda pun bisa menggunakan minyak aroma therapy untuk merangsang otak anda dan memberikan ketenangan yang membuat anda rileks.

4. Meminta bantuan teman

Menghabiskan waktu yang lama seorang diri akan dapat menumbuhkan pikiran negatif dan bisa menjadi lebih buruk jika anda tak memiliki seseorang untuk diajak berbicara. Anda dapat meminta bantuan teman-teman, keluarga, atau wanita lain yang memiliki pengalaman yang sama sehingga anda dapat berbagi perasaan dan saling mendukung untuk menjaga kesehatan kehamilan anda.

Itulah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengendalikan suasana hati anda selama kehamilan sehingga kesehatan anda dan janin tetap terjaga.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!